Tutorial Screenshot di PC Secara Lengkap dan Mudah

Tutorial Screenshot di PC Secara Lengkap dan Mudah. Pernahkah Anda terlihat merasa kebingungan bagaimana cara screenshot di PC? Apakah hanya dengan menekan tombol Print Screen sudah cukup dan screenshoot berhasil?Padahal ada kombinasi lainnya yang lebih praktis dan mungkin Anda belum tahu sebelumnya. Makanya untuk kali ini Anda akan  mengetahui secara lengkap dan cara mudah screenshot melalui PC.

tutorial screenshoot di PC

tutorial screenshoot di PC

Sistem operasi Windows sendiri sebenarnya memiliki beberapa pilihan untuk bisa mengambil gambar layar pada PC. Selain itu ada juga menggunakan kombinasi tombol Print Screen. Disini ada beberapa metode lain atau tutorial screenshoot di PC yang tidak kalah baik juga hasil akhirnya. Untuk mengetahui informasi terkini dan terlengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum. Maka Anda akan mudah mengetahui informasi apaupun.

Menggunakan Tombol Print Screen

Tutorial screenshoot di PC yang pertama yaitu menggunakan tombol Print Screen atau PrtSc SysRc akan menghasilkan screenshot yang menampilkan seluruh tampilan dan elemen yang ada pada layar. Langkah-langkahnya sebagai berikut. Bukalah halaman pada PC yang hendak Anda ambil gambarnya. Kemudian tekan tombol Print Screen/PrtSc SysRc yang terdapat di sisi kanan keyboard PC Anda. Maka hasil screenshot akan tersimpan pada clipboard dan Anda tinggal mem-paste-nya. Kemudian buka aplikasi lainnya, misalnya Paint untuk menempelkan screenshot (Ctrl +V). Untuk menyimpannya Anda tinggal klik File kemudian Save As.

Kombinasi Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Kalau Anda menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen, Anda hanya akan mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif. Beberapa langkah tutorial screenshot di PC berikut ini. Tampilkan layar yang hendak Anda ambil gambarnya. Kemudian tekan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk menyimpan gambar pada clipboard. Selanjutnya bukalah kembali aplikasi Paint dan paste (Ctrl + V) hasil screenshot. Maka disana hanya terlihat jendela NoxPlayer yang akan diambil gambarnya, tidak termasuk Chrome dan taskbar.

Kombinasi Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Anda bisa langsung menyimpan screenshot secara otomatis dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Berikut tutorial screenshoot di PC menggunakan kombinasi tersebut. Bukalah jendela atau halaman web yang hendak Anda ambil screenshot-nya. Kemudian tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen dan perhatikanlah layar yang berkedip saat mengambil screenshot. Untuk mendapatkan hasil screenshot yang sudah disimpan, maka Anda tinggal buka direktori.

Menggunakan Snipping Tool

Tutorial screenshoot di PC berikutnya menggunakan snipping tools. Sistem operasi Windows pun memberikan tools yang cukup praktis bernama Snipping Tool, untuk mengambil screenshot dengan berbagai kustomisasi yang bisa Anda lakukan. Bukalah sedikit lama atau jendela yang hendak di-screenshot, kemudian tekan tombol Windows dan ketikkan Snipping Tool dan pilih tools tersebut. Maka jendela Snipping Tool akan ditampilkan atau terlihat di layar. Setelah itu pilihlah New untuk mengambil screenshot layar PC.

Kemudian pilih area yang hendak Anda ambil yang ditandai dengan border tipis berwarna merah. Disini preview screenshot akan ditampilkan dan Anda bisa mengedit selanjutnya. Untuk menyimpan, Anda tinggal tekan File kemudian Save As dan pilihlah direktori yang Anda inginkan.

Menggunakan Aplikasi Screenshot Lainnya

Tutorial screenshoot di PC lainnya bisa menggunakan aplikasi yang tersedia. Disebabkan Snipping Tool hanya tersedia mulai Windows Vista, bagi Anda para pengguna Windows 7 ke bawah bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satunya yaitu Lightshot yang punya fitur hampir mirip dengan snipping tools. Aplikasi ini pada umumnya tidak disediakan oleh perangkat komputer. Untuk dapat menggunakan cara ini, Anda dianjurkan untuk menginstal aplikasi Lightshot terlebih dulu.

Lightshot merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang telah disediakan oleh pengembangnya secara gratis dan berfungsi untuk melakukan screenshot pada komputer Anda. Nantinya Anda juga dapat langsung mengedit screenshot tersebut seperti menambahkan tulisan, coretan, dan lain-lain. Cara menggunakan screenshot dengan Lightshot yaitu terlebih dahulu tentukan area mana yang ingin Anda potret. Kemudian tekan Prnt Scrn pada keyboard di PC Anda. Selanjutnya Anda juga harus menentukan bagian mana tepatnya yang ingin dipotret dengan cara menyeret bagian tersebut dengan menggunakan kursor. Anda juga dapat melakukan editing pada saat pengambilan gambar tersebut dilakukan, seperti menambahkan garis petunjuk, menambahkan tulisan, menambah warna, dan lain sebagainya. Apabila semuanya telah selesai maka klik tombol Simpan.

 Baca juga : https://www.panjangbanget.com/cara-menghilangkan-jerawat-bahan-alami/

Inilah beberapa tutorial screenshot di PC lengkap dan mudah yang tentunya akan semakin mempermudah Anda dalam menggunakannya. Anda juga semakin tahu kalau tombol Print Screen ternyata punya banyak kombinasi unik. Selamat mencoba!

shares