Trik dan Tips Traveling Sendirian yang Aman dan Nyaman

Trik dan Tips Traveling Sendirian yang Aman dan Nyaman! Traveling sendirian memang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Anda tidak perlu mengikuti kemauan banyak orang. Bahkan bebas menentukan destinasi wisata mana yang akan dijelajahi. Solo traveling ini selain menyenangkan juga akan membuat Anda menemukan hal baru serta teman baru di perjalanan. Agar traveling sendirian menjadi lancar maka ada trik khusus yang harus Anda lakukan agar lebih aman dan nyaman. Berikut info selengkapnya.

Trik dan tips

Trik dan tips

Riset Dulu Kebutuhan Traveling Anda

Riset sangat dibutuhkan agar perjalanan yang Anda lakukan menjadi nyaman. Mulai dari harga tiket, tempat tujuan, akomodasi, tarif dan jam operasional transportasi yang akan digunakan, rute wisata, hingga harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut. Trik dan tips ini sangat penting agar Anda tidak mengalami kesulitan saat berada di tempat wisata. Untuk menghindari kesulitan dalam perjalanan Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Trik dan tips melakukan riset bisa dengan berbagai cara. Anda bisa mengajukan pertanyaan ke forum yang relevan misal ke komunitas backpacker atau pencinta alam. Selain itu, jika teman maupun keluarga Anda sudah berpengalaman dan sudah pernah ke tempat tersebut maka Anda bisa bertanya juga. Pilihan terakhir yaitu riset melalui jalur online. Anda bisa membuka blog-blog para traveler dan mendapatkan ilmu di sana.

Membuat Rencana Anggaran Sejak Dini

Rencana anggaran juga menjadi salah satu trik dan tips penting sebelum memulai traveling sendirian. Ingat, Anda sedang sendirian melakukan perjalanan sehingga agar tidak terjadi hal tidak diinginkan maka Anda perlu menghitung dana yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan tersebut.

Pastikan Anda sudah menulis secara rinci rencana perjalanan dari awal bangun hingga kembali lagi ke penginapan. Rencana yang matang akan sangat menentukan traveling yang aman dan nyaman tanpa kendala. Trik dan tips ini harus Anda lakukan agar sudah tahu berapa destinasi wisata yang akan Anda datangi dalam rentang waktu tersebut. Selain itu Anda juga bisa tahu jumlah uang yang harus sisihkan untuk makan dan untuk membeli oleh-oleh jika ingin.

Meski Anda merencanakan tapi juga tidak harus kaku menaati semua yang ada di rencana. Situasi dan kondisi juga harus dipertimbangkan. Jika hal tersebut tidak memungkinkan dilakukan, maka Anda bisa mengambil plan A, B, atau C. Semuanya dibuat fleksibel agar Anda menikmati traveling dengan puas. Tapi pilihan rencana ini akan sangat membantu Anda melangkahkan kaki kemana saat hari itu. Trik dan tips semacam ini yang harus dipahami para traveler pemula agar perjalanannya lancar.

Belajar Cara Packing yang Ringan

Anda juga harus menerapkan trik dan tips sebagai backpacker solo yaitu belajar cara packing yang benar. Tidak mau bukan kalau Anda harus menenteng barang kemana saja melangkah dan menyulitkan Anda saat bergerak? Oleh karenanya, usahakan membawa beban seringan mungkin. Cara packing yang seperti ini memang tidak mudah, sehingga Anda perlu belajarr terlebih dulu.

Barang bawaan yang terlalu banyak hanya akan membuat perjalanan Anda terhambat. Jumlah barang yang dibawa memang bergantung dengan lamanya perjalanan. Namun Anda bisa membuat barang bawaan ringan dengan trik dan tips berikut. Usahakan jangan membawa pakaian yang terlalu banyak. Anda bisa mencucinya kemudian memakainya kembali. Hal ini akan membuat beban semakin ringan. Menghemat barang bawaan juga memiliki manfaat agar tidak diincar para penjahat. Ingat, Anda berada di kota orang.

Mencoba Menemukan Teman Traveler lain

Mumpung Anda melakukan perjalanan sendiri tidak ada salahnya untuk mencoba cara traveling dengan menemukan sesama traveler dari berbagai belahan dunia yang menyediakan rumahnya sebagai tempat singgah untuk traveler lain. Dengan trik dan tips ini Anda bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal sekaligus bisa menginap secara gratis. Justru Anda bisa beruntung jalan-jalan gratis jika tuan rumah sedang tidak sibuk.

Temukan Tempat Menginap dengan Ruang Bersama

Agar traveling Anda lebih bermanfaat dan mendapat banyak pengalaman serta teman, maka Anda harus mencari penginapan yang bisa menampung banyak traveler seperti hostel, homestay atau hotel khusus backpacker. Trik dan tips ini sangat bermanfaat dan bisa memperluas jaringan Anda. Cobalah saling bercerita dan berkenalan. Siapa tahu Anda bisa bertemu lagi di tempat berbeda dan bisa saling membantu satu sama lain.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tempat-hits-paket-wisata-bali/

Usahakan Sampai di Tujuan Saat Siang

Anda harus sampai di tempat atau kota tujuan pada saat hari terang. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan transportasi umum untuk menuju tempat menginap. Selain itu resepsionis penginapan akan ada jika siang hari jadi Anda tidak perlu tidur di stasiun maupun terminal dulu. Namun jika Anda menginap di tempat orang juga bisa lebih sopan datang di hari yang terang. Trik dan tips ini memang simpel tapi akan membuat Anda lebih nyaman dan aman.

tips dan trik

tips dan trik

Tidak hanya itu, trik dan tips lain yakni Anda juga bisa mengistirahatkan tubuh dengan tidur di transportasi saat malam hari. Sehingga stamina tidak akan terkuras habis untuk melakukan perjalanan esok harinya. Kota yang Anda kunjungi juga akan terlihat aman saat siang hari sebagai pengunjung pemula di sana.

Bikin Peta Kecil Berisi Rute ke Penginapan

Jika sudah sampai di kota yang kamu tuju, hindari seperti orang asing celingukan seperti turis di tempat baru. Berperilakulah seperti warga lokal yang sudah mengenal tempat tersebut. Oleh karenanya membuat peta kecil sangat membantu Anda dalam mengenali tempat tersebut. Hindari membawa peta yang sangat besar karena akan membuat Anda dicurigai banyak orang dan semakin terlihat orang asing. Trik dan tips ini akan sangat berguna menghafal rute tempat wisata kembali ke penginapan.

Jika Anda tidak sempat membuat peta sederhana sendiri, Anda bisa menggunakan trik dan tips memanfaatkan smartphone Anda. Saat ini kecanggihan teknologi juga bisa dimanfaatkan. Anda bisa mencari petunjuk arah secara online di ponsel masing-masing. Anda akan sangat terbantu dan tidak akan tersesat.

Pisahkan Uang Tunai dan Kartu ATM Anda

Selama traveling, Anda harus mengamankan semua barang-barang penting seperti uang tunai, kartu debit dan kartu ATM di tempat yang berbeda. Trik dan tips yang bisa dilakukan seperti meletakkannya di sabuk maupun kaos kaki. Anda bisa meninggalkan sejumlah uang tunai dan kartu ATM cadangan di dalam tas. Hal ini untuk berjaga-jaga jika dompet Anda hilang kecopetan, maka Anda tidak terlalu panik karena masih ada cadangannya.

Selain itu, Anda harus memiliki softcopy dan hardcopy dari surat-surat penting seperti KTP, paspor, maupun tanda pengenal penting lainnya. Anda bisa menyimpan sebagian hardcopy tersebut di tempat aman dan mengunggah softcopy ke cloud agar bisa diakses di mana saja setiap saat. Trik dan tips membuat dokumen menjadi ganda yakni juga mengantisipasi jika terjadi kehilangan.

Catat Nomor Telepon Penting

Selain trik dan tips di atas, Anda juga perlu mencatat nomor-nomor telepon penting kota yang Anda datangi, terutama nomor penginapan, polisi maupun rumah sakit. Jangan hanya meletakkannya di dalam ponsel, tapi Anda juga mencatatnya dan simpan di dompet maupun tas. Tulis di kertas agar lebih aman.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tips-liburan-murah-on-budget/

Itulah trik dan tips traveling sendirian yang aman dan nyaman yang bisa Anda terapkan. Tidak semua hal di atas harus ada, tapi ada baiknya jika sebagian besar Anda lakukan agar perjalanan Anda semakin lancar tanpa ada masalah. Sudah siap traveling sendiri, bukan?

shares