Tren Strategi Internet Marketing yang Wajib Dikuasai Marketer

Tren Strategi Internet Marketing yang Wajib Dikuasai Marketer! Dunia marketing atau pemasaran sekarang tidak hanya berkembang secara offline saja. Di zaman yang sudah canggih ini, dunia marketing sudah merambah ke ranah online di mana segala sesuatu dilakukan cukup dari layar computer dengan sambungan internet. Inilah yang kemudia disebut sebagai internet atau digital marketing.

Strategi Internet Marketing

Strategi Internet Marketing

Bedanya dengan traditional marketing ada pada beberapa aspek. Dalam hal target pemasaran, kita bisa melihat sasaran traditional marketing adalah siapa saja, tidak bisa dikelompokkan. Sementara dalam internet marketing, sasaran dapat ditentukan dengan sangat spesifik dan terarah. Sampai pada strateginya, jelas ada beda antara strategi pemasaran secara tradisional dan strategi internet marketing yang tengah menjadi trend saat ini. Untuk Informasi terbaru lainnya dan untuk mengetahui pengetahuan umum Anda bisa simak di internet.

Strategi dalam pemasaran online yang memanfaatkan internet paling umum menggunakan website atau toko online. Yang paling berharga dalam strategi internet marketing ini adalah database. Database atau kumpulan calon prospek yang potensial adalah harta yang akan menentukan berhasil atau tidaknya strategi pemasaran online. Di samping juga kualitas produk dan jasa yang ditawarkan.

Semua itu wajib dipelajari bagi para pebisnis masa kini jika tidak mau ketinggalan jauh dari pesaingnya. Karena di era modern seperti sekarang ini, semua menjadi serba digital dan cepat mengalami perubahan. Maka trend strategi internet marketing juga akan selalu berbeda dari masa ke masa mengikuti perkembangan zaman. Inilah trend pemasaran online yang harus diketahui para marketer.

  1. Target Pemasaran yang Lebih Spesifik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa yang membedakan strategi internet marketing dengan strategi marketing secara tradisional salah satunya terletak pada target pemasaran. Di dunia digital, menjangkau target pemasaran sudah tidak perlu lagi dilakukan secara manual, mendatangi langsung tempat di mana mereka berkumpul. Meski cara itu juga masih tetap banyak digunakan sekarang ini.

Untuk menjangkau target pemasaran, strategi internet marketing yang saat ini banyak dilakukan adalah melalui media sosial. Pengguna media sosial harus memasukkan datanya sebelum menggunakan akun media sosial tersebut. Seperti halnya memasukkan data gender, usia, tempat tinggal, bahkan minat dan hobi beserta hal-hal yang disukai. Inilah yang akan dimanfaatkan para internet marketer untuk memasang iklan produk mereka.

Dengan data pengguna media sosial yang sudah terkategori, internet marketer hanya perlu memasang iklan dengan membidik sasaran yang tepat sesuai produk mereka. Semua tinggal dipilih, ingin membidik sasaran yang seperti apa. Umumnya ini adalah iklan berbayar yang tersedia di platform media sosial. Tak heran jika kita membuka media sosial seperti Facebook atau Instagram, kita akan bisa melihat banyak iklan.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/cara-meningkatkan-traffic-blog/

Cara membidik target pemasaran yang seperti inilah yang menjadi khas atau trend dari strategi internet marketing saat ini. Untuk bisa mengaplikasikannya ada ilmu dan cara yang harus dikuasai. Di sinilah pentingnya belajar ilmu pemasaran online yang sekarang sudah banyak ditawarkan.

  1. Menciptakan Konten Menarik Bahkan Berpotensi Viral

Untuk bisa menarik perhatian dari target pemasaran yang telah dibidik, maka harus ada konten atau materi iklan yang bagus. Tidak hanya untuk menarik perhatian, konten yang bagus juga berpotensi menggiring target pada transaksi yang berkelanjutan. Strategi internet marketing yang satu ini akan selanjutnya berdampak pada kepopuleran sebuah toko online.

Konten untuk penjualan tidak hanya berupa foto. Sekarang ini banyak yang menggunakan video atau slideshow untuk memperkenalkan sebuah produk baru. Lagi-lagi, konten seperti ini banyak dipasang di media sosial. Yang pada akhirnya, dalam konten tersebut, target pemasaran akan digiring menuju toko online.

Tidak hanya secara visual harus bagus agar menarik minat target. Bahasa iklan saat ini juga tidak melulu menggunakan kalimat penawaran secara langsung seperti yang banyak ditayangkan iklan di televisi. Para internet marketer semakin sadar bahwa semua orang pada dasarnya tidak suka menyimak iklan. Terbukti, iklan di televisi seringkali dilewatkan.

Kesadaran inilah yang akhirnya memaksa internet marketer untuk belajar lebih tentang kalimat iklan. Bahkan sekarang sudah ada materi tentang strategi internet marketing yang membuat kalimat penawaran yang melibatkan emosi bahkan mampu menembus filter kritis pembacanya. Inilah yang belakangan ramai disebut hypnowriting.

Perpaduan antara kalimat iklan yang menarik dan konten yang berkualitas secara visual menjadi bahan penting dalam strategi internet marketing. Sebuah iklan bahkan tidak hanya bisa dibaca atau dilihat saja. Iklan yang mampu menarik perhatian bahkan bisa menjadi viral dan tersebar luas secara massive. Inilah kekuatan konten yang akan berdampak pada tingkat penjualan suatu produk.

  1. Database adalah Harta Karun

Pada ilmu pemasaran tradisional, yang paling umum dilakukan adalah mendatangi keramaian atau bahkan langsung mendatangi target ke tempat di mana mereka tinggal. Selain juga marketing yang dilakukan dengan memasang iklan di berbagai media cetak maupun elektronik. Semua itu menjadi sangat berbeda dengan trend strategi internet marketing saat ini.

Saat ini, semua pemasaran online dibuat untuk tujuan mengumpulkan database. Database adalah kumpulan data pembeli atau pelanggan yang potensial. Mengumpulkan database ini berawal dari kunjungan mereka ke sebuah website atau toko online. Untuk bisa masuk ke webstite tersebut, pengunjung biasanya akan diminta untuk memasukkan data berupa nama, jenis kelamin, dan alamat email maupun nomer kontak yang bisa dihubungi.

Semua data itulah yang akan berguna saat sebuah toko online memiliki penawaran tertentu atau saat peluncuran produk baru. Database yang potensial itu akan secara otomatis selalu menerima info terbaru tentang toko online tersebut. Dari sinilah, potensi penjualan kembali bisa terjadi. Inilah yang menjadi tren startegi internet marketing saat ini.

Tidak heran jika banyak platform e-commerce yang melakukan banyak penawaran menarik. Sangat mudah kita temui sekarang, penawaran belanja online dengan banyak diskon, banyak cashback dan promo gratis ongkos kirim di banyak e-commerce. Semua dilakuakn untuk membangun database yang besar dan tentu saja potensial. Strategi internet marketing ini jika tidak segera disadari dan diikuti memungkinkan sebuah perusahaan akan gulung tikar karena kehilangan banyak pelanggan.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/cara-memperluas-ilmu-pengetahuan-umum/

Trend startegi internet marketing ini akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sebagai pengusaha atau pebisnis yang tumbuh di era milenial sangat penting untuk tahu dan terus mengikuti perkembangan ilmunya. Sekarang sudah banyak kursus, pelatihan atau seminar yang menawarkan ilmu marketing online ini. Mulai dari kelas yang diadakan secara online melalu grup whatsapp atau webinar. Sampai dengan pembelajaran yang bisa diikuti secara offline, datang ke kelas dan bertatap muka secara langsung dengan pemberi materi. Harga yang ditawarkan pun juga beragam. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar mahal. Namun semua itu perlu dilakukan untuk tetap bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat di era modern sekarang ini.

shares