Tips Membuat Resep Masakan Rendang, Salah Satu Masakan Terlezat Dunia!

Tips Membuat Resep Masakan Rendang, Salah Satu Masakan Terlezat Dunia! Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terbentang di antara dua samudra dan dua benua. Letak Indonesia yang strategis menyebabkan keanekaragaman flora dan fauna. Bukan hanya keanekaragaman flora dan fauna, Indonesia memiliki banyak keanekaragaman suku dan budaya.Keanekaragaman suku dan budaya ini menciptakan kuliner khas nusantara yang beragam.

resep masakan rendang

resep masakan rendang

Salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat terkenal adalah rendang. Bukan hanya di Indonesia kelezatan rendang sudah terkenal di dunia.Rendang adalah olahan daging  kuliner khas daerah Padang dari Pulau Sumatra. Berikut adalah tips-tips resep masakan rendang yang tepat untuk mendapatkan rasa yang lezat. Untuk mengetahui informasi lainnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Kuliner khas Sumatra ini terkenal dengan cita rasa yang tinggi, kelezatan rendang sudah terkenal seantero nusantara. Setiap rumah makan padang yang tersebar di nusantara pasti mempunyai menu andalan berupa rendang. Resep masakan rendang berbeda-beda, di Jawa Barat rasa rendang cenderung lebih manis. Rasa rendang asli dari Padang lebih gurih dan berempah,  Bahan utama untuk pembuatan rendang asli  Padang adalah daging sapi, santan yang terbuat dari butir kelapa tua asli, daun serai yang telah dimemarkan, daun kunyit, asam gelugur atau asam kandis, daun jeruk purut dan tentunya rempah dan bumbu untuk pembuatan rendang.

Tips membuat resep masakan rendang adalah  danging sapi. Potongan daging sapi tidak boleh terlalu kecil. Hal ini dilakukan agar rendang tidak cepat remuk. Pilih daging sapi yang segar dan empuk. Anda dapat memilih daging tenderloin yang mempunyai tekstur lebih empuk bila dibandingkan dengan bagian lainnya. Anda juga dapat menggunakan daging sirloin atau bagian perut sapi. Tenderloin lebih empuk dibandingkan bagian sirloin, oleh karena itu harga tenderloin sapi lebih mahal bila dibanding sirloin sapi. Namun pengolahan tenderloin haruslah tepat apabila tidak daging akan mudah hancur. Jangan lupa untuk menghindari daging iga atau daging yang banyak memiliki tulang. Umumnya daging rendang terbuat dari daging yang padat seperti bagian paha sapi.

Untuk membuat resep masakan rendang dengan cita rasa yang lezat adalah santan. Santan mempunyai peranan yang penting dalam membentuk rasa rendang. Santan akan memberikan rasa yang gurih.pada bumbu rendang.Perbandingan santan kelapa dengan daging sapi yang biasa digunakan adalah tiga butir kelapa  dengan satu kilogram daging sapi. Tiga butir kelapa tua menjadi santan yang kental. Bila Anda ingin membuat rendang yang lebih pedas, Anda dapat menambahkan 250 gram cabai merah dengan perbandingan santan kelapa dari empat butir kelapa.

Tips selanjutnya untuk resep masakan rendang yang lezat adalah  bumbunya. Bumbu rempah khas rendang yaitu kemiri, bawang putih, cabe merah besar,cabe merah keriting,jahe yang dibakar, lengkuas, kunyit bakar, ketumbar, garam, pala dan jintan. Bumbu-bumbu tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu.Untuk mendapatkan rasa bumbu yang lezat, sebaiknya bumbu-bumbu masakan tersebut digiling, bukan di blender.Bumbu yang telah dihaluskan kemudian direbus bersama santan.Selanjutnya setelah campuran bumbu tersebut mengental dan mengeluarkan minyak, baru daging di dimasukan dan dimasak hingga daging  benar-benar matang.

Selajutnya untuk mendapatkan resep masakan rendang yang nikmat adalah cara memasaknya.  Gunakan api kompor yang kecil untuk memasak daging sapi selama 5-6 jam untuk mendapatkan hasil rendang yang kering. Apabila ingin mendapatkan hasil rendang yang basah, maka masak daging menggunakan api kompor kecil selama 4 jam. Memasak menggunakan tungku akan mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Aduk daging secara perlahan, jangan sampai terdapat bagian daging yang gosong. Hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah jangan terlalu sering mengaduk karena dikhawatirkan daging akan mudah remuk. Terlebih jika Anda menggunakan daging tenderloin, pengadukan harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/tutorial-makeup-korea-buat-tipe-kulit-indonesia/

Pada umumnya setiap resep mempunyai takaran yang berbeda. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah tahapan pengolahannya. Anda harus memperhatikan langkah-langkah tersebut secara tepat. Membuat rendang yang lezat memang diperlukan kesabaran. Namun apabila Anda telah mengikuti tips-tips tersebut daging sapi Anda akan menjadi olahan rendang yang istimewa  Demikian tips membuat resep masakan rendang Padang.

 

 

shares