Tips Membuat Resep Masakan Nasi Gudeg Yang Lezat

Tips Membuat Resep Masakan Nasi Gudeg Yang Lezat! Yogyakarta dikenal dengan kulinermya yang beragam. Anda tentu mengenal kuliner khas Yogyakarta seperti bakpia, sate klatak, dan gudeg. Anda tentu mengenal kulier khas daerah Yogyakarta yang disebut gudeg. Gudeg merupakan olahan khas Yogyakarta berbahan dasar nangka yang dimasak dengan santan dan lebih lengkap disajikan dengan sambal krecek. Untuk membuat resep masakan gudeg yang menggugah selera diperlukan beberapa tips dalam proses pembuatannya. Rasa gudeg khas Yogjakarta terkenal dengan kelegitannya dan mempunyai rasa yang gurih dan manis. Berbeda dengan gudeg di beberapa kota yang cenderung asin.

resep masakan  nasi gudeg

resep masakan  nasi gudeg

Tips membuat resep masakan  nasi gudeg yang pertama adalah pemilihan nasi. Pilih bahan baku utama nasi putih yaitu beras. Dalam pemilihan beras pilih beras yang  bersih dan pulen. Nasi yang pulen dan harum  akan sangat berpengaruh dalam kenikmatan sebuah sajian nasi gudeg. Untuk mengetahui beberapa resep lainnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Untuk membuat resep masakan nasi gudeg tentu diperlukan nangka sebagai bahan utama gudeg. Buah nangka yang dipilih merupakan  nangka muda jadi tidak boleh terlalu tua. Tidak sembarangan nangka dapat digunakan sebagai bahan dasar gudeg. Jangan pilih nangka yang manis seperti jenis nangkacempedak. Nangka jenis ini lebih cocok jika buahnya langsung untuk dimakan karena rasanya yang manis.

Umumnya jenis nangka yang dipakai untuk resep masakan nasi gudeg adalah  nangka bubur . Tekstur nangka bubur memang lebih cepat hancur. Jenis nangka bubur lebih cocok diguankan untuk sayuran atau tumisan yang dimasak sebentar. Ciri  nangka bubur adalah daging buahnya lebih tipis dan memiliki serat yang banyak.   Namun jenis nangka bubur masih terasa lezat untuk membuat gudeg.  Hanya disarankan untuk gudeg yang agak basah, sedangkan untuk gudeng yang kering walaupun rasanya tetap enak namun hasilnya tampilan gudeg akan hancur. Jika dibandingkan nangka yang lainnya nangka bubur mempunyai aroma yang lebih harum.

Selain nangka bubur, nangka muda yang cocok digunakan untuk resep masakan nasi gudeg adalah jenis nangka salak. Berbeda dengan nangka bubur, nangka salak mempunyai criri berdaging buah tebal dan tidak mempunyai banyak serat disekeliling bijinya.  Jenis nangka salak memiliki tekstur kering. Dengan teksturnya yang kering nangka salak lebih cocok digunakan untuk membuat gudeg kering sekalipun. Kelebihan nangka salak ini adalah teksturnya tidak mudah hancur walau Anda menghangatkan gudeg selama berkali-kali.

Untuk mendapatkan resep masakan nasi gudeg  yang  lezat, Anda disarankan memasak gudeg di gerabah yang terbuat dari tanah liat. Hal ini akan membuat masakan gudeg Anda menjadi  lebih harum. Selain harum dan lezat tampilan akhir warna gudeg Anda akan menjadi merah kehitaman. Hal ini akan membuat citara makanan Anda lebih istimewa.

Diperlukan bumbu-bumbu  agar resep makasan nasi gudeg menjadi  lezat. Bumbu-bumbu itu antara lain adalah daun jati, daun salam, lengkuas, gula merah, kecap manis, garam. Sedangkan bumbu yang harus dihaluskan adalah  bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan merica. Ciri khas aroma gudeg Yogyakarta yang khas adalah adanya daun jati. Daun jati akan membuat wana gudeg menjadi cokelat. Aroma khas gudeg  juga akan keluar dari daun jati. Jadi pastikan Anda menggunakan daun jati untuk membuat gudeg Anda seperti berasal dari tempat aslinya.

Resep masakan nasi gudeg Anda akan lebih terasa komplit dan nikmat jika disajikan dengan menggunakan sambal krecek. Tanpa menggunakan ayam dan telur masih terasa nikmat apabila gudeg disajikan dengan sambal krecek. Ada satu tips agar krecek tidak mudah hancur saat diperas adalah posisikan kerecek pada kedua tangan Anda seperti kedua tangan bergenggaman. Lakukan  langkah tersebut hanya sekali untuk membuang kelebihan air dan udara yang tersimpan dalam krecek.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/terlihat-rumit-resep-masakan-khas-aceh/

Hal utama yang harus dilakuan dalam resep masakan nagi gudeg adalah  dibutuhkannya kesabaran . Memasak gudeg menggunakan teknik slow cooking. Api yang digunakan adalah api kecil. Jika Anda masih menggunakan tungku, hasil dan aroma gudeg akan lebih terasa lezat. Namun tak perlu khawatir Anda tetap dapat merasakan kelezatan gudeg walaupun menggunakan kompor asalkan menggunakan api kecil dan mengerjakan dengan tahapan yang benar. Selamat mencoba

shares