20 Tips Jitu Liburan Murah On Budget

20 Tips Jitu Liburan Murah On Budget! Setelah melakukan segudang rutinitas seperti sekolah, kuliah, maupun bekerja terkadang Anda merasa jenuh dan lelah. Biasanya hal ini dimanfaatkan untuk mengistirahatkan pikiran sejenak, caranya dengan melakukan liburan. Suasana liburan bisa melepaskan semua beban pikiran yang menumpuk di otak.

Liburan Murah

Liburan Murah

Liburan juga bisa mengobati stres Anda lebih cepat serta memunculkan banyak ide setelah pulang. Tidak perlu jauh-jauh, Anda juga bisa pergi ke tempat yang dekat untuk melakukan liburan on budget. Anda bisa liburan ke luar kota maupun beda pulau. Baru jika budget Anda cukup, Anda bisa melakukan wisata ke luar negeri. Anda bisa melakukan liburan murah, tanpa menguras dana dan tentunya bisa tetap menyenangkan. Anda perlu mengetahui pengetahuan umum untuk lebih lengkapnya mengetahui informasi terlengkapnya.

Namun, wisata hemat tidak semudah itu. Sebelum liburan banyak hal yang harus Anda persiapkan mulai dari stamina, waktu, dan tentu saja budget yang mempunyai. Tapi, Anda tak perlu risau. Anda tetap bisa melakukan liburan meski budget lagi tidak bersahabat. Nah, bagaimana caranya? Berikut ini tips liburan murah yang bisa Anda coba di liburan kali ini.

  1. Cari Referensi Dulu

Sebelum pergi liburan, Anda harus melakukan semacam riset kecil seperti mencari referensi tempat yang tidak ada tiket masuknya, atau untuk menuju tempat itu harus butuh dana seberapa banyak. Nah, Anda arus mempersiapkan segala hal ini agar bisa liburan murah tanpa menguras budget terlalu banyak. Anda bisa bertanya pada orang yang sudah pernah liburan ke tempat yang akan Anda tuju. Orang tersebut juga bisa Anda gunakan untuk berkonsultasi karena ia lebih berpengalaman dibanding diri Anda sendiri.

  1. Pergi pada Low Season

Jika Anda hobi traveling, jalan-jalan ke berbagai tempat maka sebaiknya jangan pergi pada weekend atau libur bersama. Sudah bukan jadi rahasia lagi kalau tempat wisata akan penuh pada musim liburan. Tidak hanya itu, harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut juga akan mengalami lonjakan yang tidak masuk akal. Biasanya tiket bisa naik tiga hingga empat kali lipat di musim liburan. Hal ini hanya akan menggagalkan liburan murah Anda.

Pergilah saat tempat wisata jarang dikunjungi orang. Selain bisa terasa wisata milik sendiri, Anda akan leluasa jika akan mengambil foto di tempat tersebut. Hal yang paling penting yakni budget yang dikeluarkan juga tidak banyak. Harga tiket masih tetap sama tanpa kenaikan. Alhasil, liburan Anda akan berhasil 100% dan Anda bisa berlibur dengan senang dan nyaman.

  1. Jangan Lupa Buat Rincian Biaya

Hal terpenting dalam liburan murah yakni jangan percaya dengan ego sendiri. Terkadang Anda akan berpikir bahwa akan bisa menekan budget bagaimana pun keadaannya. Ingatlah, Anda hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah. Pengeluaran tidak akan terkontrol jika Anda tidak merincinya dari awal. Tentukan minimal pengeluaran untuk transportasi, akomodasi, maupun biaya makan serta dana darurat jika terjadi sesuatu yang tak diprediksi sebelumnya.

  1. Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Budget Anda biasanya akan terkuras untuk penginapan. Sebisa mungkin jangan menginap di hotel berbintang. Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya. Alternatif liburan murah yaitu dengan menginap di homestay atau jika Anda memiliki saudara di kota tersebut lebih baik menginap di tempat mereka barang satu hingga dua malam. Dengan begitu, Anda bisa melakukan liburan di banyak tempat karena bisa berhemat dalam segi penginapan.

Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda bisa mencari penginapan melalui media online. Saat ini banyak media online hingga aplikasi booking hotel maupun homestay yang menawarkan diskon setiap harinya. Anda bisa mencari tempat yang menawarkan potongan harga di hari tersebut. Liburan Anda akan lebih berhasil dengan cara ini.

Liburan Murah

Liburan Murah

  1. Hindari Belanja di Area Tourist Spot

Liburan murah bukan berarti Anda tidak boleh makan maupun tidak boleh belanja. Anda tetap bisa belanja seperti liburan kebanyakan orang asal bisa mengendalikan diri untuk tidak tergiur barang-barang mahal. Sebaiknya jangan membeli souvenir di tourist area, karena harga yang ditawarkan jelas lebih tinggi bahkan sangat mahal dibandingkan membelinya di tempat lain seperti pasar khusus oleh-oleh maupun tokobesar yang menjajakan oleh-oleh.

  1. Cari Teman Berlibur

Dengan adanya teman-teman saat berlibur, Anda bisa menghemat biaya penginapan maupun transportasi. Anda bisa patungan untuk membayarnya sehingga setiap orang hanya mengemban biaya yang tidak terlalu besar. Biasanya tiap tempat wisata menyediakan harga khusus untuk rombongan, sehingga bisa menekan budget Anda dan bisa liburan murah.

Meski cara ini memang kurang efektif jika Anda ingin liburan ala backpacker. Namun cara ini memiliki banyak manfaat seperti bisa lebih dekat dan melatih sosialisasi Anda. Setiap orang di sekitar Anda akan menyajikan pengalaman masing-masing sehingga Anda juga bisa berbagi pengalaman. Selain Anda bisa liburan murah juga tiap momen jadi lebih seru.

  1. Manfaatkan Tiket Promo atau Diskon Menggiurkan

Sebelum melakukan liburan, Anda harus rajin mengecek tiket secara berkala, baik naik kereta, bus, maupun pesawat. Promo biasanya datang pada saat yang tidak disangka-sangka. Bisa jadi pada dini hari maupun pagi hari. Anda harus memanfaatkan promo, diskon, maupun penawaran lainnya untuk mendapatkan harga lebih murah. Jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan diskon 50% bahkan 70% untuk tiket pesawat.

Hal ini akan lebih menguntungkan jika Anda ingin liburan ke tempat wisata yang jauh. Biasanya promo yang ditawarkan juga semakin banyak. Oleh karena itu, agar liburan murah temukan harga tiket sesuai dengan budget Anda atau lebih rendah dari budget yang disiapkan.

  1. Gunakan Jalur Darat Jika Memungkinkan

Jika jarak tempat wisata dari tempat tinggal tidak begitu jauh, sebaiknya Anda menempuhnya dengan jalur darat. Hal ini jauh lebih murah dibanding Anda harus naik kapal atau pesawat. Apalagi jika Anda memiliki kendaraan pribadi maka jauh lebih hemat karena hanya perlu untuk membeli bahan bakar. Memang perjalanan akan membutuhkan waktu lebih lama, tapi biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah. Anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk istirahat sekaligus mengetahui beberapa daerah yang dilalui.

  1. Bawa Obat-Obatan Pribadi dan Vitamin

Agar liburan murah, Anda harus mengantisipasi kondisi kesehatan Anda dengan membawa P3K kecil di dalam tas. Terlebih jika Anda liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, Anda harus tahu obat apa saja yang harus dibawa. Biasanya obat dasar yang diperlukan yakni obat mual, sakit kepala, dan masuk angin. Pastikan kesehatan Anda prima agar tidak terjadi sakit saat di tengah jalan. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengeluarkan budget lagi untuk ke rumah sakit dan lain sebagainya.

10.Bawa Perlengkapan Secukupnya

Saat liburan jangan membawa barang yang dirasa tidak penting. Jika Anda berlibur dengan balita, maka prioritaskan keperluan balita yang dibawa. Sedangkan keperluan orang dewasa cukup membawa beberapa baju dan toiletries yang bisa Anda gunakan secara bersama kecuali sikat gigi. Membawa barang yang banyak hanya menambah budget Anda, bukan menjadikan liburan murah. Jangan membeli baru barang yang akan dibawa, manfaatkan saja yang tersedia di rumah.

Liburan Murah

Liburan Murah

  1. Bawa Perbekalan dari Rumah

Salah satu cara untuk bisa liburan murah yaitu dengan menghemat biaya makan. Anda bisa membawa bekal dari rumah. Cara ini bukanlah cara buruk tapi akan menjadi kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan keluarga Anda karena mengetahui kehigienisan makanan. Membeli makan di luar jauh lebih mahal terlebih jika Anda membelinya di tempat wisata. Harga yang ditawarkan bisa dua hingga tiga kali lipat dari harga normal.

  1. Menabung Sebelum Wisata

Anda bisa mencicil biaya liburan dengan cara menabung. Sisihkan saja gaji yang Anda miliki untuk ditabung. Tabungan yang Anda lakukan bisa setiap minggu maupun setelah menerima gaji. Program menabung bisa dilakukan beberapa bulan sebelum liburan dilakukan. Cara ini akan membuat liburan murah karena Anda tidak akan terbebani dengan biaya yang akan dibayar karena Anda mengangsur secara berkala.

Menabung ini juga bisa Anda lakukan di berbagai tempat. Anda bisa menabung secara tradisional seperti di celengan. Namun jika Anda sudah mengenal bank sebaiknya Anda menabung di bank karena dirasa lebih aman. Hal ini tidak berlaku jika Anda ingin berwisata dengan menggunakan paket wisata. Jika Anda menggunakan paket wisata, Anda bisa langsung mengangsur biaya liburan ke agen wisata. Lakukan transaksi jauh hari agar mendapatkan harga murah. Anda bisa mengangsur beberapa bulan sebelum liburan.

  1. Gunakan Saja Angkutan Umum

Saat ini transportasi yang paling murah yakni angkutan umum. Jika jarak yang ditempuh tidak begitu jauh, sebaiknya manfaatkan untuk naik angkutan umum agar lebih murah. Sudah biasa backpacker naik angkutan umum agar bisa mendapat liburan murah. Hal ini bisa Anda lakukan.

  1. Makan di Tempat Makan Lokal

Jika Anda memang tidak bisa membawa bekal makanan dari rumah, maka Anda masih bisa kok membuat murah biaya liburan Anda. Jangan makan di restoran mewah. Anda juga sebaiknya jangan makan di tempat wisata tersebut karena jauh lebih mahal. Caranya yaitu makanlah di tempat makan lokal seperti warung yang ada di luar tempat wisata. Agar bisa menyiasatinya, Anda bisa makan di sekitar tempat wisata misal jajanan tradisional atau warung makan yang lebih murah.

  1. Kunjungi Tempat Wisata Baru

Wisata yang baru dibangun bisa menjadi alternatif liburan murah Anda. Biasanya tempat seperti ini belum mewajibkan tiket. Jika sudah ada tiket, maka akan ada banyak promo. Sehingga Anda bisa menekan biaya tiket serta setiap wahana yang ada di tempat wisata tersebut.

Berbeda dengan tempat wisata yang sudah terkenal lama. Tempat ini pasti sudah punya harga tiket paten bahkan harga tiket tersebut bisa mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bisa jadi mereka juga menaikkan harga tiket saat musim liburan tiba.

  1. Manfaatkan Wifi di Tempat Wisata

Saat melakukan perjalanan, Anda akan tetap membutuhkan sarana komunikasi. Anda bisa membeli mobile SIM card setempat jika bepergian ke luar negeri. Namun, tentu saja harganya sangat mahal dan Anda hanya bisa menggunakan selama liburan di sana. Setelah kembali ke rumah, SIM card tersebut tidak berguna lagi. Oleh karena itu agar liburan murah, Anda bisa memanfaatkan wifi yang ada di area tempat wisata tersebut maupun di penginapan yang Anda pesan.

Liburan Murah

Liburan Murah

  1. Sebaiknya Lakukan Perjalanan Malam

Dengan melakukan perjalanan di malam hari, Anda dapat tidur di dalam kendaraan (alat transportasi) sekaligus menghemat biaya untuk menginap di hari pertama. Cara ini sangat efektif jika diterapkan untuk perjalanan jauh yang butuh berjam-jam untuk sampai ke tempat wisata tujuan Anda. Selain Anda tetap bisa beristirahat, liburan murah karena Anda juga hemat uang untuk menginap. Bagaimana, sungguh efektif, bukan?

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/tips-tampil-cantik-sederhana/

  1. Bawa Botol Air Minum

Hal ini terkesan sepele, namun sebenarnya sangat penting untuk orang yang melakukan perjalan wisata. Anda membutuhkan banyak cairan agar tidak dehidrasi dan tidak sakit saat perjalanan. Air minum juga bisa menjadikan liburan murah, lho. Karena di tempat wisata harga air minum bisa meroket. Harga sebotol air mineral bisa beragam, hal ini juga berlaku jika Anda membelinya di tempat wisata maka Anda bisa mendapatkan harga empat kali lipat dari biasanya.

Oleh karena itu agar liburan hemat, sebaiknya Anda membawa botol air minum sendiri. Anda bisa mengisi ulang botol tersebut di warung atau di tempat makan yang Anda singgahi. Penjual akan memberikan harga murah bahkan jika penjual baik Anda akan mendapat harga gratis untuk isi ulang air minum.

  1. Sewa Mobil atau Motor

Jika tempat wisata Anda memiliki harga transportasi yang mahal, Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk berkeliling di kota tersebut. Hal ini untuk menjadikan liburan murah. Cara ini juga berlaku jika antar tempat wisata sulit ditempuh menggunakan transportasi umum. Anda bisa menekan biaya dengan menyewa mobil sehari penuh. Biasanya harganya lebih murah. Apalagi jika Anda sudah bisa menyetir mobil, maka tidak perlu sewa sopir lagi.

Anda bisa membawa mobil tersebut sendiri untuk berkeliling sehari penuh. Pengeluaran yang akan Anda emban yaitu dana untuk bahan bakar saja. Selain lebih murah, cara ini bisa membuat Anda leluasa mengeskplor setiap tempat yang ingin dikunjungi. Sebelum menyewa mobil, Anda bisa melakukan survey terlebih dulu untuk membandingkan harga sewa mobil di beberapa tempat agar liburan murah dan efisien waktu. Biasanya liburan yang menggunakan transportasi umum harus menunggu penumpang hingga penuh, namun tidak berlaku jika Anda melakukan wisata dengan mobil atau motor.

  1. Beli Oleh-Oleh dengan Bijak

Sebenarnya dalam setiap wisata oleh-oleh tidak wajib terlebih jika Anda melakukan liburan murah. Namun jika memang ingin membelikan keluarga tercinta buah tangan, Anda bisa menerapkan cara ini. Anda harus membeli oleh-oleh dengan harga miring. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik seperti hiasan rumah atau gantungan kunci bisa menjadi alternatifnya. Anda juga bisa membeli T-Shirt maupun camilan tradisional lainnya. Carilah oleh-oleh yang mencerminkan keunikan daerah setempat karena akan jadi bermakna untuk orang-orang yang menerimanya.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/10-dinasti-wisata-indonesia-2018/

Liburan tidak harus mahal, Anda bisa melakukan liburan murah asal mengetahui semua tips di atas. Sebaiknya Anda berlibur dengan rencana yang matang agar perjalanan tidak sia-sia. Selain itu, rencana yang tersusun rapi juga membuat liburan Anda menjadi terstruktur sehingga tidak molor dari waktu yang direncakan. Tentukan tujuan wisata Anda dan segera lakukan berbagai tips di atas agar bisa menghemat budget. Bagaimana, sudah siap berlibur sekarang? Yuk, liburan!

shares