Tips Facebook Marketing Organik Gratis dan Pasti Laris

Tips Facebook Marketing Organik Gratis dan Pasti Laris! Facebook bisa jadi alat marketing online paling umum digunakan saat ini. Selain karena jumlah penggunanya paling besar dibanding sosial media lainnya, desain dan tampilannya memungkinkan interaksi yang tinggi antarpengguna. Sebagai sosial media yang canggih, fitur-fitur facebook memungkinkan kita membangun branding, promosi, dan jualan produk atau  jasa yang kita sediakan. Dan lebih penting lagi, semua itu dapat kita gunakan dengan gratis.

"<yoastmark

Pertanyaannya, sudahkah Anda menggunakan facebook sebagai media marketing online yang powerful? Sudahkan Anda mengoptimalkan akun facebook gratis Anda sehingga mampu menjadi mesin marketing organik yang bermanfaat? Jika belum, silakan baca artikel berikut dan temukan bagaimana cara Anda menggunakan facebook marketing organik gratis dan pasti laris. Untuk mengetahui informasi lainnya mengenai pengetahuan umum lebih lengkap Anda bisa simak di si tus kami.

Apa Istimewanya Facebook Marketing Organik?

Facebook marketing organik berbeda dengan facebook ads. Facebook ads menggunakan biaya untuk dapat menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang sesuai target market yang Anda inginkan. Facebook marketing organik mengoptimalkan akun profil gratis Anda untuk tetap menjangkau market yang tertarget tanpa Anda harus membayar biaya iklan.

Tentu saja facebook marketing organik ada kelemahannya. Jika facebook ads memungkinkan Anda menjangkau target market Anda langsung dalam waktu singkat, facebook marketing organik butuh waktu dan proses. Namun untuk Anda dengan budget terbatas, facebook marketing organik sangat layak untuk dilakukan.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengoptimalkan Facebook Marketing Organik?

Untuk melakukan aktivitas facebook marketing organik, langkah pertama adalah membuat akun facebook. Akun facebook yang Anda buat ini harus sesuai dengan produk Anda. Jangan membuat akun yang gado-gado. Jika Anda memiliki produk atau jasa pada 2 atau lebih bidang yang berbeda, buat 1 akun untuk 1 bidang. Ini harus dilakukan agar Anda memiliki prospek yang tertarget secara maksimal dan personal branding Anda nantinya juga tidak gado-gado.Setelah memiliki akun facebook dan membuat biodata yang jelas sesuai bidang Anda, saatnya mencari prospek yang tertarget. Tertarget maksudnya prospek tersebut benar-benar berminat dan membutuhkan produk Anda. Disinilah aktivitas facebook marketing organik yang membutuhkan kesabaran. Karena Anda harus blusukan, masuk ke grup-grup dan fanpage-fanpage yang terkait dengan bidang Anda, lalu cari orang-orang yang komen atau like di postingan grup/fanpage tersebut, dan add friends.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/sejarah-lengkap-android-beserta-perkembangannya/

Yang perlu diperhatikan ketika Anda melakukan add friends ini adalah Anda harus konsisten melakukannya setiap hari sebanyak 30-40 orang dengan sekali add sebanyak 5-10 orang dalam 1 waktu. Jangan add friends terlalu banyak sekaligus, karena facebook bisa menandai Anda sebagai robot dan mem-banned akun Anda. Jika itu yang terjadi, Anda harus terpaksa melakukan facebook marketing organik lagi dari awal. Dengan begini Anda akan bisa mendapatkan prospek tertarget sebanyak 5000 orang (jumlah teman maksimal di facebook). Jika kurang, Anda bisa buat akun baru lagi dan melakukan facebook marketing organik lagi untuk akun tersebut.

Personal Branding dengan Facebook Organik

"<yoastmark

Untuk melakukan penjualan, Anda harus melakukan penawaran. Agar orang mau menerima penawaran Anda, orang tersebut harus memiliki trust kepada Anda. Pada social media  marketing, trust tersebut dibangun melalui personal branding. Sederhananya, personal branding adalah usaha untuk membangun citra Anda sebagai penyelesai masalah bagi calon pelanggan melalui benefit dari produk atau jasa Anda. Melalui facebook marketing organik, personal branding sangat mungkin, bahkan cenderung mudah dilakukan.

Untuk melakukan personal branding bagi facebook organik Anda, yang perlu Anda lakukan hanya dua: sharing dan interaksi. Sharing adalah kunci utama bagi facebook marketing organik. Tak ada sharing, tak mungkin closing. Tentunya yang Anda share haruslah bidang yang terkait dengan Anda. Jika Anda jualan produk herbal, maka sharing-lah tentang kesehatan, sehingga branding Anda menjadi “orang yang ahli tentang kesehatan”. Jika Anda mau sukses jualan produk anak, maka sharing-lah tentang pendidikan dan tumbuh kembang anak, sehingga branding Anda menjadi “pemerhati parenting anak”.

Agar personal branding Anda lebih cepat tercapai, usahakanlah membuat status atau postingan yang mengundang interaksi dan berpotensi viral. Status yang berpotensi viral antara lain berupa: status edukasi, quote inspirasi, fakta unik, kisah inspiratif, dan doa. Jika lain kali Anda menemukan sebuah status yang viral, Anda bisa save status tersebut dan contek untuk Anda gunakan di facebook marketing organik Anda.

Interaksi dalam facebook marketing organik sangatlah mudah, hanya berbentuk like, komen, dan share. Pada aktivitas facebook marketing organik, yang paling memiliki tingkat engagement tinggi adalah komen. Maka usahakan untuk komen di postingan teman-teman tertarget Anda. Komen ini akan meningkatkan awareness teman-teman terhadap diri Anda. Semakin tinggi awareness, semakin mudah penjualan. Ingat bahwa tak ada interaksi, jangan harap ada transaksi.

Lalu Kapan Mulai Penawaran dan Jualan di Facebook Organik?

Ingat bahwa pada dasarnya facebook adalah social media, bukan selling media. Maka sebelum mulai menawarkan dan menjual, harus ada sharing dan interaksi. Tapi sambil sharing dan interaksi tersebut, kita tetap bisa menawarkan. Proporsi antara sharing dan selling sebaiknya 3-4 banding 1. Artinya pada facebook marketing organik, jika Anda share 3-4 artikel/tips, maka Anda bisa promosikan produk/jasa Anda 1 kali. Lakukan ini juga secara konsisten setiap hari.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/8-hal-yang-harus-dihindari-saat-belajar-internet-marketing/

Cara promosi produk juga tidak bisa langsung to the point (hard selling). Ingat salah satu prinsip dalam penjualan, bahwa “orang tidak suka dijuali, tapi setiap orang suka membeli”. Karena itu untuk promosi pada facebook marketing organik biasanya menggunakan soft selling/copywriting.

Bagaimana Cara Soft Selling dan Copywriting di Facebook Organik?

Pada umumnya, social media digunakan untuk memberitahu, bercerita dan mengomentari. Dan paling umum yang dilakukan di facebook adalah curhat. Maka teknik soft selling di facebook marketing organik yang paling mudah sebenarnya adalah curhat.

Curhatlah, berceritalah tentang masalah yang pernah Anda, atau orang lain yang Anda kenal, temui dalam hidup lalu ceritakan bagaimana mereka menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan benefit dari produk/jasa Anda. Jika disederhanakan, rumus soft selling/copywriting pada facebook marketing organik adalah MGS: Masalah, Gelisah, dan Solusi.

Teknik soft selling lain yang mudah digunakan dalam facebook marketing organik adalah dengan bercerita tentang pengalaman menggunakan produk/jasa. Beri foto Anda, keluarga, saudara, atau teman Anda ketika sedang menggunakan produk tersebut dan ceritakan manfaat apa yang Anda/mereka dapat setelah menggunakan prduk atau jasa tersebut. Dijamin akan ada yang bertanya tentang produk/jasa tersebut. Tentunya setelah branding dan interaksi Anda bagus.

Masih Belum Yakin dengan Kemampuan Facebook Marketing Organik?

Facebook adalah alat marketing yang sangat dahsyat karena kemudahannya dalam membantu interaksi antarpengguna dan menemukan prospek yang tertarget bahkan tanpa berbayar. Untuk mengoptimalkan facebook marketing organik Anda, buat identitas yang jelas, add friends yang tertarget, bangun personal branding yang baik melalui sharing dan interaksi yang konsisten, tulis copywriting yang menarik, Anda tinggal menikmati hasil dari kolam ikan Anda.

shares