FOLLOW US!

Tips Atasi Android Lemot Saat Streaming dan Nonton Film

Saat ini nonton film ataupun TV memang makin mudah lantaran kemajuan teknologi dan internet yang semakin pesat berkembang. Banyak smartphone masa kini menawarkan kemampuan untuk menonton konten lewat sambungan internet yang awalnya hanya bisa dilakukan dari komputer desktop maupun laptop.

NontonFilm

NontonFilm

Nonton film streaming dari HP memang lebih fleksibel dibanding menggunakan laptop, menunggu jam tayang di TV atau bahkan mengantre masuk bioskop. Sebagai kompensasinya, Kamu harus rela menonton di layar yang lebih kecil dengan earphone di telinga. Belum lagi kalau jaringan sedang bermasalah atau android Kamu ngadat. Mengatasinya, simak tips berikut;

Beralih ke Jaringan Internet Cepat

Untuk dapat menikmati konten streaming, kecepatan internet standar yang dibutuhkan minimal adalah 153 kbps untuk kualitas standar layak tonton. Selain itu, Kamu juga harus memastikan bahwa kecepatan tersebut stabil tidak naik turun. Jaringan super cepat saat ini adalah 4G LTE yang sudah banyak ditawarkan oleh berbagai provider.

Untuk dapat memanfaatkan jaringan super cepat, pastinya ponsel android Kamu sudah mendukung jaringan 4G LTE. Kamu bisa cek spesifikasi ponselmu terlebih dahulu sebelum memastikan bahwa SIM card yang terpasang di dalamnya juga sudah menggunakan jaringan 4G. Kalau kedua hal tersebut belum terpenuhi, Kamu bisa ganti HP yang support LTE dan menukar kartu SIM ke otlet resmi provider terlebih dahulu.

Bersihkan Cache

Cache atau yang dalam sistem operasi juga biasa disebut file sampah memang bukan sepenuhnya file yang tidak berguna. File ini dapat mempercepat loading aplikasi yang sempat Kamu buka sebelumnya. Makin banyak aplikasi yang sudah dibuka, makin besar pula cache yang tersimpan.

Sayangnya, pengelolaan cache oleh HP terkadang kurang optimal sehingga mengganggu kecepatan internet. Browser juga membutuhkan alokasi cache untuk menyimpan data yang Kamu akses dari internet. Ketika jumlahnya terlalu besar, maka pengalaman browsingmu pun bakal terganggu. Bersihkan cache untuk mengoptimalkan kecepatan internet oleh browsermu.

Maksimalkan Aplikasi Pihak Ke-3

Aplikasi streaming pihak ke-3 juga dapat memabntu pengelolaan internet misal untuk menyesuaikan kualitas gambar streaming dengan kecepatan internet yang terbatas. Meskipun hasil gambar agak kurang tajam, namun nonton film menjadi lebih lancar karena ukuran file menjadi lebih kecil. Dengan begitu, di jaringan 3G sekalipun Kamu masih bisa menikmati film saat jaringan 4G naik turun. Lagi pula, kualitas di bawah HD sebenarnya masih cukup nyaman untuk diagonal layar HP.

Nah itulah cara yang bisa Kamu coba agar kegiatan streaming lewat HP lebih nyaman. Jadi Kamu bisa membawa film favoritmu di dalam saku dan bisa menontonnya dari mana saja kapan saja tanpa khawatir.

FOLLOW US

shares