Tips yang Terbukti Bikin Android Ngebut Anti Lemot

Tips yang Terbukti Bikin Android Ngebut Anti Lemot! Masih ingat ketika pertama kali beli smartphone Android Anda? HP android Anda sangat ngebut bukan? Setelah beberapa waktu pemakaian, HP android ngebut Anda semakin terasa lemot. Artikel kali ini akan membahas  mengapa HP android kita menjadi lemot dan bikin android ngebut seperti baru.

android ngebut

android ngebut

Semakin Anda Paham Spesifikasi HP Anda, Semakin Mudah Bikin Android Ngebut. HP android ngebut ditentukan oleh kecepatan pemrosesan data. Kecepatan pemrosesan data ini ditentukan antara lain oleh kualitas prosesor, besar RAM (Random Acces Memory), dan GPU (Graphic Processing Unit). Kualitas prosesor menentukan seberapa banyak data yang dapat diproses setiap detiknya. Kuantitas RAM, menentukan seberapa besar memori yang dapat digunakan untuk pemrosesan data di waktu yang sama. GPU menentukan kecepatan data tersebut ditampilkan dalam bentuk grafik di layar Android Anda. Simak situs kami untuk mengetahui pengetahuan umum lainnya.

Sederhananya, untuk bikin hp android ngebut, sebisa mungkin beli HP dengan spesifikasi prosesor, RAM, dan GPU yang besar. Tentu saja ada harga ada kualitas. Hingga artikel ini ditulis, rerata HP android ngebut memiliki spesifikasi prosesor minimal 2 Gigahertz, RAM 4-6 Gigabytes, dan GPU 1 GB dengan harga minimal sekitar 2-3 juta rupiah.

Apakah Spesifikasi HP Menjamin HP Android Ngebut?

Ternyata setelah beberapa waktu pemakaian, HP android ngebut Anda akhirnya menjadi lemot juga. Anda mulai bertanya-tanya bagaimana mungkin HP android dengan spesifikasi ngebut tingkat dewa yang Anda beli sekarang menjadi lemot? Apakah waktu mampu merongrong kualitas prosesor, RAM, dan GPU android kita seperti ia mengikis cinta dari hati kita? Eaaaa..

Bukan waktu, tetapi cara pemakaian kita yang menyebabkan android lemot. Prosesor dan GPU biasanya berfungsi optimal pada suhu 18-250 C. Penggunaan yang overclocked hingga HP panas, dapat menyebabkan HP android ngebut Anda menjadi lemot. Lebih dari itu, biasanya masalah utama yang membuat HP Android Anda tak lagi ngebut adalah  RAM. Karena RAM adalah yang paling banyak dieksplorasi selama penggunaan HP, maka hampir semua tips untuk bikin HP android ngebut adalah seputar optimalisasi RAM di HP Anda.

Mana yang Lebih Baik, Launcher Bawaan atau Aplikasi Pihak Ketiga?

Launcher, sedikit banyak, dapat mempengaruhi ngebut tidaknya HP kita. Biasanya kecepatan launcher dipengaruhi oleh tingkat kustomisasinya terhadap animasi dan widget. Animasi dan widget ini adalah pencuri RAM dari HP android ngebut Anda. Semakin canggih animasi yang ditampilkan dan semakin banyak widget yang digunakan, berpotensi membuat HP android susah ngebut.

Untuk menjaga agar HP android ngebut, kurangi atau matikan animasi di HP android Anda. Anda bisa mengaturnya di menu setting > developer options, kemudian ubah nilai windows animation scale, transition animation scale, dan animator duration scale ke nilai minimal atau sekalian dibuat off. Bahkan seandainya RAM HP android Anda di atas 4 GB, tips ini tetap berguna untuk tetap membuat HP android Anda ngebut.

Jika setelah Anda melakukan langkah tersebut, HP Anda tetap lemot, coba gunakan launcher lain. Silakan download di playstore launcher yang lebih ringan. Ada banyak pilihan launcher yang bisa Anda gunakan untuk membuat hp android ngebut Anda bekerja optimal. Coba-coba saja tidak ada salahnya. Smart Launcher dan Google Now Launcher termasuk yang bisa dicoba. Yang pasti setelah Anda menentukan pilihan, hapus launcher lainnya untuk menjaga HP android Anda tetap ngebut.

Berapa Banyak Aplikasi yang Dapat Dipasang agar HP Android Ngebut?

Salah satu keunggulan Android adalah banyaknya aplikasi yang dapat diunduh dari playstore. Hampir setiap kebutuhan kita, ada aplikasi yang dapat mempermudahnya. Jika kita tidak cermat, akan ada banyak aplikasi yang kita unduh. Yang mungkin tidak kita sadari adalah semua aplikasi membutuhkan memori. Memori yang sedikit tidak bisa bikin android ngebut.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/internet-marketing-cara-meningkatkan-profit/

Untuk tetap bikin HP android ngebut, prinsip utama yang harus dipegang adalah pastikan bahwa di HP android Anda masih tersisa sedikitnya 30 persen dari RAM maksimal. Misalkan RAM android Anda adalah 4 GB, maka usahakan dalam pemakaian sehari-hari, RAM android Anda masih tersisa 1,2 GB. Dengan begitu, ketika Anda menjalankan aplikasi apapun, HP android Anda tetap ngebut.

android ngebut

android ngebut

Bagaimana Memilih Aplikasi yang Nggak Bikin Android Lemot?

Setelah menentukan batas RAM  optimal agar HP android ngebut, selanjutnya adalah memilih aplikasi apa saja yang perlu dipasang di android Anda. Aplikasi utilitas seperti cleaner dan antivirus sebenarnya antara butuh atau tidak. Jika Anda adalah orang yang suka hal-hal praktis, itu perlu. Tapi jika Anda memilih android ngebut, saya sarankan tidak perlu memasangnya. Selama Anda tidak sembarangan meng-install aplikasi, Anda tidak perlu khawatir tentang virus. Sedangkan untuk cleaner, Anda dapat membersihkan cache sendiri tanpa harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Fungsi utama cleaner adalah sebagai pembersih cache untuk menjaga agar HP android ngebut Anda tetap optimal. Cache sebenarnya data yang sementara disimpan agar dapat diakses dengan cepat jika dibutuhkan. Tapi jika cache semakin banyak, justru akan membuat android ngebut Anda menjadi lemot. Jadi hapuslah cache secara berkala.

Anda bisa menghapus cache dari menu setting > application, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. Sebaiknya Anda berhati-hati untuk hanya menghapus cache, dan bukan data aplikasi, sehingga Anda tidak perlu mensetting ulang aplikasi. Menghapus cache saja cukup untuk bikin android ngebut. Atau jika Anda tidak ingin melakukannya satu-satu, Anda dapat mengaksesnya melalui menu setting > storage, lalu pilih hapus cache untuk menghapus semua cache dari semua aplikasi.

Sebisa mungkin, pasanglah aplikasi yang ukurannya kecil. Pilih aplikasi yang lite daripada yang biasa. Biasanya aplikasi dari perusahaan besar memiliki versi lite-nya. Kalaupun tidak ada, tidak masalah. Anda tetap bisa memasang aplikasi yang biasa. Tapi agar android ngebut, hapus aplikasi cache secara berkala, dan sesuaikan banyak aplikasi yang dipasang dengan batas optimal.

Aplikasi Banyak tapi Android Tetap Ngebut?

Memilih aplikasi dan memantau cache seharusnya sudah bisa bikin android ngebut. Jika masih kurang, berarti ada yang perlu diperbaiki dari cara pemakaian aplikasi Anda sehingga membuat RAM selalu penuh. Mungkin Anda sering melakukan multitasking tanpa sengaja. Menekan tombol home dan berpindah aplikasi tidak serta  merta menutup aplikasi sebelumnya. Aplikasi yang terbuka memakan memori dan baterai. Pastikan aplikasi tertutup jika sudah tidak digunakan. Cek di task manager, dan pilih stop aplikasi yang masih berjalan.

Aplikasi bawaan vendor biasanya sering tidak terpakai. Uninstall aplikasi yang tak terpakai, atau disable jika tidak bisa di-uninstall. Sebisa mungkin agar android ngebut, gunakan aplikasi yang berbayar daripada yang gratis. Aplikasi gratis sering menguras memori dan kuota karena menyisipkan iklan.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/sim-card-tak-terdeteksi/

The Man Behind The Gun

Seperti semua alat, yang terpenting adalah penggunanya. Begitu juga agar HP android ngebut, Anda perlu memahami android Anda. Cobalah untuk memahami masalah yang dimiliki android Anda dan menyelesaikannya sendiri, sebelum menitipkannya ke tukang servis.

shares