Terlihat Rumit, Resep Masakan Khas Aceh Ini Ternyata Mudah

Terlihat Rumit, Resep Masakan Khas Aceh Ini Ternyata Mudah! Anda pasti pernah mendengar bahwa seorang perempuan harusnya pandai dalam hal urusan dapur. Pasti ada sebagian orang yang membatah kalau kini sudah ada emansipasi wanita sehingga seorang perempuan tidaklah harus tahu tentang dapur. Statement yang salah karena mau kita seorang perempuan ataupun seorang pria setidaknya bisa memasak.

resep masakan khas Aceh

resep masakan khas Aceh

Apa lagi jika kita tinggal sendiri dan sedang menghemat uang. Cukup dengan masakan sederhana saja terlebih dahulu. Begitu pula dengan resep masakan khas Aceh yang satu ini. Makanan yang dikenal dengan Mulo Teupeh-peh ini jika kita lihat terkesan sulit membuatnya, tapi ternyata hanya membutuhkan waktu satu jam untuk mempersiapkan dan memasaknya. Terlebih, jika Anda penyuka makanan Nusantara maka wajib mencobanya.Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Lalu, apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep masakan khas Aceh ini?

Mulo Teupeh-peh ini merupakan makanan yang terbuat dari ikan bandeng. Oleh karena itu, bahan utama dari resep masakan khas Aceh ini adalah ikan bandeng. Di sini Anda harus memilih 1 ekor ikan bandeng yang berukuran besar. Selain itu, siapkan juga 150 gram Kentang. Anda juga perlu menyiapkan 1 butir telur. Terakhir, sediakan pula 2 sdm minyak. Minyak ini nantinya akan digunakan sebagai olesan.

Jika tadi kita mempersiapkan bahan utama resep masakan khas Aceh ini maka sekarang kita akan menyiapkan bahan yang akan digunakan untuk membuat bumbu Mulo Teupeh-peh.

Pertama, Anda perlu menyiapkan dua siung bawang putih. Lalu, siapkan juga 5 butir bawang merah. Selanjutnya, Anda juga membutuhkan 8 buah cabai. Pastikan cabai yang Anda gunakan adalah cabai merah keriting. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan 1 cm jahe. Kemudian, siapkan pula 2 buah asam kandis. Bahan terakhir yang perlu disiapkan untuk bumbu pada resep masakan khas Aceh ini adalah 1 sdt garam. Bahan yang terakhir ini sebenarnya sudah berperan sebagai penyedap rasa. Tapi, jika Anda menyukai penyedap rasa lain, Anda dapat menambahkan pada bahan terakhir yaitu seperempat sendok teh penyedap rasa lain. Untuk bahan terakhir ini, tergantung pada selera Anda masing-masing. Jika tidak suka maka tidak perlu ditambahkan juga tidak akan mempengaruhi rasa aslinya.

Jika sudah mempersiapkan bahan-bahan utama, beserta bahan bumbu untuk Mulo Teupeh-peh ini, Lalu bagaimana cara membuat resep masakan khas Aceh ini?

Sebelum mengolah ikan bandeng menjadi resep masakan khas Aceh, Anda harus merebus kentang terlebih dahulu. Kentang ini boleh direbus bersama kulitnya lalu dikupas–ataupun sebaliknya–dan haluskan. Setelah disisihkan, selanjutnya kocok lepas telur. Sisihkan bahan ini terdahulu. Kemudian, haluskan semua bahan-bahan bumbu dan sisihkan kembali.

Langkah pertama mengolah resep masakan khas Aceh ini adalah siangi ikan bandeng terbeut hingga kulitnya bersih. Dalam hal ini, Anda harus hati-hati agar tidak merusak kulitnya. Setelah selesai cuci hingga bersih. Kemudian, pukul-pukul seluruh badan ikan bandeng tersebut hingga benar-benar lunak. Jika sudah lunak, patahkan tilang ekor. Selanjutnya, tarik tulang ikan melalui mulutnya.

Langkah berikutnya untuk membuat resep masakan khas Aceh ini adalah pisahkan bagian daging ikan bandeng dari kulit dengan mengeluarkan bagian dagingnya, tapi jangan sampai merusak kulit ikan tersebut. Dalam hal ini, Anda harus sabar dan berhati-hati. Jika bagian dagingnya sudah benar-benar terlepas dari kulitnya, kemudian haluskan dagingnya serta buang duri-duri kecil yang masih tersisa.

Tahapan selanjutnya dalam resep masakan khas Aceh ini adalah campurkan daging ikan bandeng, kentang, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Anda harus mengaduknya hingga tercampur rata. Setelah itu, masukan campuran daging ikan tersebut ke dalam kulit ikan hingga seperti ikan utuh. Selanjutnya, Anda harus menusuk-nusuk badan ikan dengan tusuk gigi. Ini bertujuan membuat lubang-lubang udara karena saat dipanggang ikan akan memuai dan udara dapat keluar serta agar kulit tidak sobek.

Tahapan terakhir untuk membuat resep masakan khas Aceh ini adalah oleskan minyak pada ikan bandeng tersebut, lalu panggang di dalam oven hingga matang. Jika sudah makan, angkat dari oven dan Mulo Teupeh-peh siap disajikan.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/resep-masakan-nasi-tutug-oncom/

Demikianlah resep masakan khas Aceh ini. Mudah, bukan? Anda tergiur untuk mencobanya? Atau sudah ada yang berhasil mencoba? Kenikmatannya tentu tidak akan mengecewakan lidah Nusantara kita. Jadi, tunggu apa lagi untuk mencobanya?

shares