Tempat Wisata Di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Lombok yang Wajib Dikunjungi. Ada berbagai tempat wisata di Lombok yang indah dan asri. Jangan lupa luangkan waktu untuk datang ke tempat wisata ini bersama keluarga dan orang-orang yang Anda cintai. Berikut ini ada beberapa tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi:

 wisata Lombok

wisata Lombok

Tempat Wisata Gunung Rinjani Lombok

Tempat wisata Lombok yang pertama adalah Gunung Rinjani, Gunung ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Sangat wajar sekali jika banyak sekali para pendaki gunung yang ingin menyaksikan keindahan Gunung Rinjani secara langsung. Untuk mengetahui informasi ini Anda perlu mengetahui pengetahuan umum, untuk pengetahuan Anda.

Mahasiswa pencinta alam bisanya menjadikan Gunung Rinjani sebagai tujuan mendaki mereka. Gunung Rinjani konon katanya menjadi gunung paling indah di Indonesia bahkan di Asia. Pantas saja kalau wisatawan dari mancanegara juga tidak mau kalah, mereka pun ikut mendaki gunung Rinjani.

Keindahan Gunung Ranjani memang sangat luar biasa. Pemandangan yang disugukan begitu mempesona.
Nampak sepasang pengunjung ikut mendaki Gunung Rinjani, untuk menikmati keindahan alam yang tiada tara. Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari pagi disini, keindahan matahari terbit pada pesona wisata Lombok yaitu Gunung Rinjani nampak sangat jelas sekali.

Tempat Wisata Pantai Kuta Lombok

Tempat wisata Lombok yang kedua adalah  pantai Kuta Lombok. Pasti ada yang berpikir mengapa namanya sama dengan nama pantai di Pulau Bali ya, hanya namanya saja yang sama namun berbeda tempatnya. Sama-sama memiliki pemandangan yang indah. Pantai ini sangat eksotis, memang hampir samalah keindahannya dengan pantai Kuta di Bali. Pasir putih menghampar luas, deburan ombak yang bersahut-sahutan membuat pantai ini begitu indah untuk dilewatkan.

Tempat wisata Lombok Pantai Kuta ini secara administratif berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Rute perjalanan ke Pantai Kuta Lombok ditempuh dari Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Bisa juga melewati Kota Mataram jika mengambil rute perjalanan Senggigi menuju pantai Kuta.

Jadi, jangan sampai dilewatkan sebab lokasinya yang dekat dengan bandara Internasional Lombok. Sangat sayang sekali jika pantai seindah pantai Kuta Lombok ini harus dilewatkan.

Wisata Lombok Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan di Lombok

Tempat wisata Lombok ketiga yang ingin  dibahas selanjutnya yaitu Gili Trawangan. Keindahan Gili Trawangan menjadi destinasi wisata favorit di Lombok oleh wisatawan dari lokal maupun internasional. Keindahannya sudah tidak diragukan lagi.

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Tersedia banyak fasilitas publik yang lengkap pada tempat wisata Lombok yang satu ini, diantaranya hotel, penginapan, restoran, kafe, diskotik, dan tempat ibadah. Dari daratan Lombok menuju perjalanan ketiga gili ini akan memakan waktu sekitar 30 menit. Untuk yang hobi diving, maka Gili Trawangan merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok. Keindahan alam bawah lautnya begitu sangat mempesona. Keindahan Terumbu karang dan juga ikan-ikannya akan membuat Anda lupa waktu.

Gili Trawangan merupakan pulau yang terjauh diantara ketiga gili. Banyak para pemuda yang datang ke Gili Trawangan karena sering digelar pesta pantai dengan alunan musik sepanjang malam.

Sedangkan Gili Meno adalah tempat releks yang tepat untuk yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang relatif sunyi. Posisi Gili Meno terletak di tengah-tengah antara ketiga gili tersebut. Sementara untuk Gili Air sendiri merupakan pulau yang paling dekat dengan Lombok. Banyak pengunjung datang ke Gili Air bersama dengan sanak maupun keluarga. Gili Air mempunyai jumlah penduduk lokal yang lebih banyak dibandingkan gili lainnya.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Bloam Lombok

Satu lagi tempat wisata Lombok Barat yang indah, yakni Tanjung Bloam. Memang Wisata Tanjung Bloam belum banyak dikenal, sebab kurang akses menuju ke lokasi. Rute ke Tanjung Bloam jika ditempuh dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 2.5 jam. Kekuatan Tanjung Bloam adalah panorama pantai yang sangat indah dan menjadi potensi utama yang dimiliki salah satu pantai Lombok ini.

Tempat Wisata Pantai Selong Belanak Lombok

Satu lagi saingan pantai Kuta di Bali yang menjadi wisata Lombok yaitu pantai Selong Belanak. Pantai ini begitu indah, pasirnya pun halus dan putih serta hamparan pulau-pulau di sekitarnya membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok. Pantai Selok Belanak merupakan tempat wisata favorit di Lombok Tengah dan wajib dikunjungi jika sedang berlibur ke Pulau Lombok.

Tempat Wisata Budaya Rumah Adat Dusun Sade Lombok

Tempat wisata Lombok selanjutnya yang akan dibahas yaitu rumah adat dusun Sade Lombok. Untuk pengunjung yang ingin tahu bagaimana tradisi dan budaya masyarakat Lombok, bisa datang ke Dusun Sade. Dusun Sage ialah tempat wisata budaya di daerah Lombok Tengah. Masyarakat disini masih memegang dan menjalankan tradisi nenek moyang mereka sampai sekarang. Letaknya berada di desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak, yakni komunitas yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga saat ini. Sistem sosial dan kehidupan keseharian masyarakat di dusun Sade masih sangat kental dengan tradisi Sasak jaman dulu. Oleh karena itu, dusun Sade ditetapkan sebagai desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karakteristik rumah penduduk tersebut dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang. Di tempat ini, rumah adat khas Sasak masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik sampai sekarang.

 wisata Lombok

wisata Lombok

Tempat Wisata Alam Air Terjun  Sandang Gile Lombok

Ternyata tempat wisata Lombok tidak melulu tentang pantai saja. Karena ada Air terjun yang sangat indah di Lombok yaitu air terjun Sendang Gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani. Cukup berjalan kaki sejauh 15 menit. Sebab lokasinya dekat dengan pintu masuk, air terjun Sendang Gile sering dikunjungi oleh banyak pengunjung lainnya. Bagi yang tidak begitu suka medan terlalu berat, air terjun Sendang Gile bisa jadi pilihan yang tepat untuk kunjungan Anda.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tren-strategi-internet-marketing/

Objek Wisata Alam Taman Marmara  Di Lombok

Tempat wisata Lombok Barat lainnya yang harus dikunjungi adalah Taman Naramada. Taman ini mempunyai luas sekitar 2 Ha dan didirikan oleh raja Mataram Lombok. Taman ini dijadikan tempat peristirahatan oleh keluarga kerajaan. Kini bisa menikmatinya sebagai tempat untuk liburan. Tentu terkesan sangat eksklusif, dapat berlibur ke peristirahatan keluarga kerajaan.

Tempat Wisata Bukit Malimbu Lombok

Tempat wisata Lombok yang selanjutnya adalah Bukit Malimbu. Bukit ini menjadi salah satu destinasi pilihan wisata favorit di Lombok. Letaknya masih berada di sekitar Pantai Senggigi. Dari atas bukit dapat menyaksikan pemandangan Pantai Senggigi yang begitu indah dari ketinggian. Dari atas bukit ini, akan melihat warna pantai biru kehijauan. Apabila memandang lebih jauh lagi ke arah lautnya maka pemandangan warna hijau air laut sungguh menenangkan hati.

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Tempat wisata Lombok selanjutnya adalah pantai penyisok yang sangat fenomenal. Perpaduan hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tidak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di benua lain. Surga tersembunyi ini bisa ditemukan di Kecamatan Jerowaru yang terkenal akan sejuta pesona wisata nan memukau.

Untuk dapat sampai kesana, pengunjung butuh perjuangan yang ekstra, karena kita harus melewati ladang jagung dan bebatuan terjal. Namun semua usaha keras itu akan langsung terbayar lunas begitu melihat kemegahan alam yang ada di baliknya. Lokasi tempat wisata lombok ini berada di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Bukit Pergasingan

Tempat wisata Lombok selanjutnya adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung Rinjani dari atas bukit. Dari sini pengunjung akan melihat pemandangan yang spektakuler dan memukau. Ditambah dengan keindahan petak-petak hamparan sawah serta kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang amat sangat menyejukkan mata.

Bukit pergasingan sendiri berada di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan  dapat didaki selama 2 – 2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Di bukit ini juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti paralayang, sepeda gunung, dan lain sebagainya.

Untuk yang tidak ingin melewatkan momen spesial matahari terbit, sebaiknya  bermalam dan mendirikan tenda di atas bukit ini. Lokasi tempat wisata Lombok satu ini berada di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Rute perjalanannya dari kota Mataram menuju Sembalun dibutuhkan waktu tempuh 4-5 jam. Dari Sembalun menuju kawasan wisata alam Bukit Pergasingan, dapat menggunakan mobil atau motor. Lalu pendakian pun dimulai. Koordinat di sini. Tiket masuknya yaitu Rp10.000,-

Air Terjun Mangku Sakti

Tempat wisata Lombok yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah air terjun mangku sakti. Menikmati kesegaran air terjun mangku sakti adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di Lombok. Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan penyakit kulit.

Dengan keindahan ukiran ornamen bebatuan di sekelilingnya, pasti akan membuat siapa saja yang datang akan takjub dan terperangah melihat keindahannya. Lokasinya berada di dusun Sajang, desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Rute perjalanan wisata Lombok satu ini yaitu untuk bisa sampai ke air terjun harus menempuh perjalanan sekitar 175 km dari kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 4 jam melalui rute Mataram kemudian Pusuk atau sepanjang Jalan Pantai Senggigi menuju Pemenang menuju Tanjung menuju Gondang menuju Selengan menuju Batu Gembung menuju Desa Senaru kemudian menuju Dasan Grisak menuju Desa Sambiq Elen menuju Sajang. Setibanya di Desa Sajang, Anda akan menemukan jalan tanah sekitar 4 km menuju air terjun. Pada titik tertentu jalan menuju ke tempat ini sangat terjal sehingga cukup meningkatkan adrenalin. Tiket Masuknya sekitar Rp5.000,-

Air Terjun Benang Kelambu

Tempat wisata Lombok selanjutnya masih berupa air terjun yang tidak kalah menariknya untuk kita kunjungi yaitu air terjun benang kelambu. Sesuai namanya, aliran air terjun kelambu ini tidak langsung terempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara.

Sebelum tiba di lokasi air terjun yang airnya bersumber dari danau Segara Anak, Gunung Rinjani ini bakal memasuki kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sangat sejuk. Setelah dari tempat ini pengunjung bisa mampir sejenak ke air terjun Benang Stokel yang berjarak 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan.

wisata Lombok

wisata Lombok

Lokasi tempat wisata Lombok ini berada  Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Sedangkan untuk rute perjalanannya, bagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi air terjun benang kelambu ini, harus menempuh perjalanan sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram atau sejam perjalanan. Dapat juga menempuh jalur Mataram – Narmada – Sedau – Pancor Dau – Teratak – Desa Aik Berik. Jangan ragu jika bingung pengunjung bisa bertanya pada warga setempat mengenai lokasinya, karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu atau juga dapat menanyakan pada petugas hotel serta agen perjalanan. Tiket masuknya relatif terjangkau yaitu Rp5.000,-

Air Terjun Tiu Kelep

Tempat wisata Lombok selanjutnya masih berupa air terjun yang menawan, yaitu air terjun Tiu Kelep yang keindahannya juga tidak kalah dengan air terjun sebelumnya. Untuk dapat sampai ke air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Mataram. Cukup lumayan lama. Air terjun yang mempunyai ketinggian 45 meter ini berada di dalam hutan dengan pohon besar dan lebat, sehingga butuh perjuangan untuk dapat sampai dan menikmati keindahannya.

Untuk lokasi wisata Lombok satu ini berada di desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Sedangkan untuk rute perjalanannya yaitu pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 60 km dari Kota Mataram, untuk menuju ke Desa Senaru diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat.  Adapun rute yang dapat ditempuh untuk mencapainya, melalui Pusuk atau melalui Pantai Senggigi.  Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini, oleh karena itu para pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak ditemukan di pusat kota seperti kota Mataram atau Cakranegara. Untuk tiket masuknya sekitar Rp5.000,- saja. Relatif murah dan terjangkau.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Tempat wisata Lombok selanjutnya masih berupa wisata alam yang indah, yaitu taman wisata alam gunung Tunak yang terletak di bagian pantai Selatan Lombok.

Ditempat wisata Lombok ini pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang memukau dari atas menara pandang yang cukup tinggi dan bertengger di bibir tebing ini bisa ditemukan pada taman wisata gunung Tunak. Untuk memanjatnya dibutuhkan keberanian khusus, karena embusan angin laut yang cukup kencang lumayan menjadi tantangan tersendiri saat ke sini.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/dinasti-wisata-harga-tiket-pesawat/

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pantai Tunak yang memiliki pasir putih, hamparan rumput, dinding kapur yang kokoh, serta bukit batu berbentuk runcing yang memukau. Cocok untuk yang suka motret atau sekedar  selfie. Untuk lokasi wisata Lombok ini berada di desa Merta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Sedangkan untuk rute perjalanannya harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Bandara Internasional Lombok. Persis di depan pintu masuk TWA Gunung Tunak akan disambut oleh Pantai Bumbang yang tidak kalah eloknya. Pantai Tunak sendiri lokasinya sekitar 5 kilometer dari pintu masuk. Untuk mencapai pantai, pengunjung dapat menggunakan motor atau trekking. Untuk tiket masuknya yaitu Rp10.000,-

Itulah pembahasan wisata Lombok yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Semoga bermanfaat.

shares