SIM Card Tak Terdeteksi, Begini Mengatasinya

SIM Card Tak Terdeteksi, Begini Mengatasinya! Salah satu masalah yang terjadi pada android adalah SIM Card tidak terdeteksi atau error. Ini menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan. Tidak menjadi masalah jika ponsel yang Anda gunakan tidak menggunakan kartu SIM, hanya Wi-Fi. Beda cerita jika itu merupakan ponsel utama. Biasanya orang akan langsung mengganti kartu SIM saat hal ini terjadi, mengira kartu SIM rusak. Padahal belum tentu kartu SIM yang rusak. Nah, beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah:

kartu SIM tidak terdeteksi

kartu SIM tidak terdeteksi

Reboot

Cara awal dalam mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi adalah dengan me-reboot ponsel Anda. Ini merupakan langkah mudah dan sederhana, gunanya untuk mengecek apakah kerusakan ada pada kartu SIM, jaringan operator, atau konektor kartu. Untuk informasi pengetahuan umum lainnya Anda bisa simak di internet.

Copot Kartu SIM dan Baterai

Jika langkah pertama mengatasi kartu SIM tidak terbaca tidak berhasil, coba lepas kartu dan baterainya. Diamkan selama dua hingga lima menit. Kemudian pasang kembali. Biasanya ini bisa berhasil akibat gangguan sinyal setiap daerah yang berbeda.

Cek Kembali Pemasangan Kartu SIM

SIM Card tidak terbaca juga bisa disebabkan dari kesalahan pemasangan kartu. Misal kartu terbalik atau kurang tepat posisinya. Tidak akan terbaca jika kartunya terbalik atau salah pemasangan.

Mode Manual Jaringan

Kadang, perubahan jaringan dari 2G, ke 3G atau lebih tinggi kecepatannya (4G) bisa menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Untuk mengatasinya, coba gunakan mode manual jaringan dengan cara masuk ke pengaturan dan pilih bagian jaringan atau operator jaringan. Pilihlah sesuai jaringan kartu Anda.

Mode Otomatis

Jika di atas membahas manual,di sini jaringan manual juga bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terdeteksi. Caranya hanya berbanding terbalik dengan di atas. Yaitu mengubah ke mode koneksi otomatis.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/sejarah-komputer-perkembangannya-generasi/

Periksa Kartu SIM

Selain hal di atas, penyebab SIM card tidak terbaca juga bisa diakibatkan dari kartu SIM itu sendiri. Misal kartunya sudah lama dan belum diganti yang baru. Atau juga bisa karena kotor. Caranya bisa dibersihkan bagian tembaga atau yang berwarna gold dengan penghapus pensil bersih atau kain lembut. Usap secara perlahan saja, jangan keras-keras menghindari kerusakan pada jaringan kecil dibawah lempengan tembaga.

Apakah sudah berhasil mengembalikan jaringan yang tidak terdeteksi? Belum? Tenang, masih ada cara lain.

Ganti Kartu

Slot kartu ada bermacam ukuran, dari yang makro atau ukuran standard hingga yang paling kecil, mikro. Salah satu penyebab sinyal kartu tak terbaca adalah kesalahan pemotongan kartu dari makro ke mikro, sehingga saat pemasangan tidak pas. Satu-satunya solusi hanya mengganti kartu tersebut dengan yang baru. Minta ganti ke konter tempat Anda membeli jika benar kesalahannya berasal dari kartu yang tidak pas pemotongannya.

Copot dan Pasang lagi

Sudah saya sebutkan di atas, cara mengatasi sinyal kartu tak terdeteksi adalah melepas dan memasang kembali. Namun, perbedaannya dengan di atas adalah, kali ini pemasangannya di slot lain. Ini jika ponsel Anda mendukung fitur double SIM card.

Tes Kartu

Jika Anda memiliki ponsel lain, coba cara ini untuk mengatasi kartu SIM tak terbaca. Lepas kartu dan pasang di ponsel lain. Apakah ada sinyalnya di ponsel lain atau tidak. Jika sinyalnya masuk, itu pertanda kartu SIM Anda baik-baik saja. Tidak ada masalah dengan kartu. Saatnya mengecek hal lain yang bisa menjadi penyebab tidak munculnya sinyal.

Airplane Mode

Jika tidak ingin me-restart ponsel, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi sinyal kartu tak terdeteksi. Aktifkan mode pesawat selama beberapa saat lantas hidupkan kembali.

kartu SIM tidak terdeteksi

kartu SIM tidak terdeteksi

Clear Cache dan Data

Mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi juga bisa dilakukan dengan membersihkan file sampah. Mengurangi beban berat di RAM. Biasanya, selain jaringan membaik, ponsel Anda juga akan sedikit lebih cepat dari pemakaian sebelumnya. Karena RAM terasa longgar.

Kondisi Slot

Kondisi slot kartu juga bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terdeteksi. Jika Anda merasa longgar pada slot kartu, Anda bisa menambahkan kertas atau tisu. Jika ada yang bengkok, atau kotor segera betulkan dan bersihkan.

Aplikasi Pihak Ketiga

Kadang, ada aplikasi pihak ketiga yang mampu mengganggu jaringan Anda sehingga tidak muncul. Seperti aplikasi itu membawa virus atau malware. Sebelumnya, lakukan scanning dengan  antivirus. Jika benar ada virus, cek, dari manakah  virus itu dibawa. Setelahnya Anda dapat menghapusnya dan me-refresh smartphone.

Restart Jaringan

Di dalam menu pengaturan ada navigasi untuk network reset. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mencoba mengembalikan jaringan yang tidak terbaca.

Bagaimana jika masih belum sukses dengan cara-cara di atas? Apakah tidak ada cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca? Masih. Masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

APN

Access Point Network atau lebih sering disingkat APN. Ini berguna untuk terhubung ke jaringan. Untuk itulah, ada baiknya Anda cek APN ponsel Anda. Sudah benarkah atau belum. Jika belum, segera perbaiki untuk mengembalikan sinyal kartu yang tak terbaca.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/mengenal-internet-marketing-properti/

Update

Di mana-mana hal ini selalu menjadi solusi. Terkadang, meng-upgrade aplikasi atau sistem mampu memperbaiki hal seperti jaringan tidak muncul dan masalah lain. Beberapa bug dalam android teratasi, selain itu pertahanan sistem akan lebih kuat dari versi sebelumnya.

Customer Service

Jika belum berhasil juga, coba hubungi customer service dari kartu Anda. Bisa jadi sedang ada perbaikan sistem yang mengganggu jaringan sehingga tidak terbaca untuk sementara waktu.

Factory Reset

Jika tidak terjadi gangguan pada jaringan sehingga menyebabkan kartu SIM tak terdeteksi, maka langkah yang bisa Anda ambil lainnya adalah melakukan pengaturan kembali ke sistem pabrik. Atau saat pertama kali Anda membeli. Perlu diketahui, jika langkah ini dilakukan, Anda harus mem-backup terlebih dahulu data-data Anda agar tidak hilang dan bisa dikembalikan setelah proses berhasil. Karena sekali lagi saya ingatkan, langkah ini adalah memformat kembali ponsel Anda pada setelah pabrik. Sehingga semua data hilang.

Flashing

Langkah lain yang bisa diambil untuk mengembalikan sinyal kartu yang tidak terbaca adalah melakukan flashing oleh teknisi. Jangan coba-coba untuk melakukannya sendiri, bisa-bisa bukan sembuh malah muncul masalah baru. Seperti bootlop.

Ganti Ponsel

Langkah pamungkas dari saya jika dari kesekian cara tidak dapat mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi adalah ganti gadget. Saya jamin Anda akan puas dengan performa ponsel yang baru dan tak perlu repot-repot melakukan berbagai cara untuk mengembalikan jaringan yang hilang.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tips-belajar-internet-merketing-pemula/

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi bisa Anda praktekkan sendiri dengan teliti agar tidak menimbulkan masalah baru. Semoga bermanfaat dan Anda dapat menerapkannya sesuatu kondisi permasalahan Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil. Yang terakhir saya jamin berhasil.

shares