Sejarah Lengkap Android Beserta Perkembangannya Dari Awal Hingga Sekarang

Sejarah Lengkap Android Beserta Perkembangannya Dari Awal Hingga Sekarang. Android merupakan perangkat lunak atau software yang sistem operasinya berbasis linux yang mana kode sumbernya terbuka yang di rancang untuk smartphone, komputer dan tablet.  Bahkan sekarang ini untuk mobil, tv, kamera, jam tangan dan perangkat-perangkat lainnya sebagian besar sudah menggunakan os android.  Dari artikel inilah Anda akan mengetahui secara lengkap sejarah android itu sendiri.

sejarah android

sejarah android

Android juga sangat di kenal sebagai sistem operasi yang dapat disesuaikan. Mudah dalam digunakan dan memberdayakan lebih dari satu miliar perangkat yang ada di seluruh dunia.  Perangkat tersebut mulai ponsel, tablet, jam tangan, TV, mobil, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Ini bisa Anda lihat pada perkembangan sejarah android yang akan dibahas.

Penemu android.

Sejarah android berawal dari penciptanya. Pencipta perangkat android adalah Andy Rubin. Awal mulanya Andy Rubin mendirikan perusahaan android incorporation, di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Dia mendirikannya  pada bulan Oktober tahun 2003 dengan dibantu 4 orang karyawan utama yaitu, Andy Rubin, Rich Miner, Cris White, dan Nick Sears, sebelum akhirnya mereka berhasil menciptakan android. Kemudian pada tanggal 17 agustus 2005 google mengakuisisi android incorporation, sejak itulah perusahaan android resmi menjadi anak perusahaan dari google incorporation. Nama android merupakan nama pendek dari Andy Rubin yang diberikan oleh rekan kerjanya karena kecintaan Andy Rubin terhadap robot. Kemudian resmilah situs resmi android yaitu “android.com”

Pembuat logo android.

Sejarah android selanjutnya memperkenalkan dengan pembuat logo android. Pembuat logo android adalah seorang perempuan yang bernama Irina Blok. Logo android ini di rancang untuk google pada tahun 2007 oleh desainer grafis Irina Blok. Inspirasi untuk logo android ini didapatkan dari simbol manusia yang terdapat pada pintu toilet dan kemudian dimodifikasi bentuknya menjadi bentuk robot.

Sejarah Android

Sejarah Android

Pada saat android inc, di bawah kepemimpinan google, barulah mulai dikembangkan operasi sistem untuk ponsel yang berbasis linux.  Hal ini kemudian yang dapat bersaing dengan Symbian dan Windows mobile. Sebagai perkembangan awal google akhirnya membuat perangkat android prototipe dengan nama kode “Quick.” Ini digunakan sebagai ponsel messaging dalam gaya BlackBerry dengan layar kecil (non-sentuh), tombol navigasi, dan keyboard QWERTY. Saat pembukaan iPhone dilakukan. Peluncuran smartphone apel pertama pada bulan januari 2007, disini di ketahui Andy Rubin berhenti sehingga menyebabkan terganggunya proyek “Quick”.  Inilah sebagian sejarah android yang mulai Anda ketahui.

Pemaparan sejarah android mulai terus beralur.  Setelah proyek Quick yang mulai terganggu, kemudian perhatian publik mulai beralih pada perangkat prototipe android baru dengan nama kode “Dream.” Perangkat ini menggunakan touchsscreen dengan keyboard sliding, namun pengembang android mengakui pengguna tidak menyukai ide dari keyboard virtual tersebut.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/manfaat-internet-marketing-kesuksesan-bisnis/

Sejarah android terus berlanjut yaitu pada tanggal 5 November 2007 sistem operasi android secara resmi diluncurkan. Sistem ini diberi nama android alpha dan android beta. Namun diketahui kedua versi tersebut bersifat tidak komersial. Pada tanggal dan tahun yang sama juga didirikan Open Handset Alliance (OHA) sebuah perusahaan yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi seperti, Google, HTC, Sony, LG dan yang lainnya. Bagian ini secara khusus mengembangkan platfrom Android  yang di pimpin oleh Google.

Sejarah android selanjutnya yaitu pada tahun 2008 google mulai menunjukkan bahwa beberapa perangkat android yang sudah berbasis linux sedang diuji dalam persiapan resmi ke publik. Google mulai mengabarkan bahwa hanya ada satu perangkat “HTC Dream”, HTC Dream rencananya di rilis pada T-Mobile USA sebagai G1 T-Mobile pada akhir tahun, dan yang di targetkan pada musim liburan saat belanja.

Perkembangan sejarah android mengemukakan bahwa HTC Dream adalah smartphone  yang di rilis secara komersial dengan operasi sistem android pertama. Smartphone ini sangat di kagumi karena hardwarenya dan kuat.

Lisensi android.

Sejarah android tentang lisensi android itu sendiri.  Kode sumber untuk Android tersedia di bagian bawah lisensi perangkat lunak sumber terbuka dan bebas. Hal ini memungkinkan para pengguna android untuk mengkustomisasi perangkatnya secara ekstensif. Aplikasi ini juga tersedia dari pihak situs-situs pihak ke tiga yang non-Google. Meskipun ini bersifat terbuka, produsen perangkat tidak bisa menggunakan merek dagang Android Google seenaknya saja. Google sudah menyatakan bahwa perangkat tersebut sesuai dengan Compatibility Definition Document (CDD) mereka. Perangkat ini juga diharuskan untuk memenuhi lisensi persyaratan aplikasi sumber tertutup Google, termasuk Google Play.

Pengembangan android.

Sejarah android selanjutnya yaitu membahas tentang pengembangan android. Android tersebut dikembangkan secara pribadi oleh Google sampai perubahan terbaru dan pembaruan siap dirilis bersama dengan kode sumber yang di ungkapkan ke publik. Opon Handset Alliance mulai mengembangkan perubahan karnel linux dengan kode sumber terbuka yang di publikasikan setiap saat. Untuk selebihnya android di kembangkan secara pribadi oleh google.

Tujuan dibuatnya android.

Sejarah android mulai membahas tentang tujuan dibuatnya android. Tujuan awal pengembangan android ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital.  Namun lama kelamaan kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, kemudian pengembangan android dialihkan bagi pasar telepon pintar.

Pengguna os android

Sejarah android mulai memaparkan tentang para pengguna os android.  Pada  bulan maret 2013 android mulai menguasai pasar telpon pintar global dengan presentase 64%. Kemudian pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Pada bulan agustus 2016 android mulai berkontribusi sebagai os smartphone sebesar 87,6%,  dari data di dapat dari idc.com bahwa android menjadi os nomor 1 paling di gemari di seluruh dunia.

Sejarah android juga memaparkan kelebihan dari fitur dasar android yaitu

  1. Bersifat open-source atau terbuka.
  2. Setiap orang dapat menyesuaikan platfrom androidnya masing-masing.
  3. Banyak terdapat game dan aplikasi untuk para pengguna.
  4. Tersedia banyak fitur yang menarik seperti rincian cuaca, kunci layar dan lain sebagainya.

Sejarah android sekarang ini menyatakan kalau android cepat tumbuh menjadi sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan. Android juga menjadi salah satu sistem operasi seluler tercepat yang pernah ada sekarang ini.Meskipun android sekarang ini mulai sangat populer, dengan tingkat aktivitasi perangkat tiga kali lipat lebih tinggi dari iOS. Namun ada laporan bahwa Google belum mampu memanfaatkan produk mereka secara maksimal. Kemudian layanan web akhirnya mengubah android menjadi penghasil uang.

Sejarah android juga mencatat tentang produk-produk Android di pasar global adalah samsung salah satu produknya adalah, Galaxy, berperan sangat penting dalam pengenalan merek android sejak tahun 2011. Produsen ponsel Android LG, HTC, dan Motorola Mobility milik Google, telah berjuang sangat keras untuk memasarkan produknya sejak tahun 2011.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/cara-mencari-keyword-turunan-mudah/

Inilah pemaparan tentang sejarah android.  Mulai dari perkembangan awalnya hingga sekarang.  Para pengguna android sekarang ini sudah sangat banyak.  Para pengguna sebagian besar sudah merasa puas dengan tampilan, fitur ataupun aplikasi canggih yang bisa didapatkan di android.

shares