Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Generasi ke Generasi.

Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Generasi ke Generasi. Komputer merupakan perangkat yang digunakan sebagai penunjang aktifitas sehari – hari untuk mempermudah pekerjaan. Di era milenial ini, hampir seluruh aspek pekerjaan memakai komputer. secara tidak langsung menuntut semua orang untuk bisa mengoprasikannya. Secara umum komputer didefinisikan sebagai peralatan atau perangkat elektronik yang tersusun dari beberapa komponen yang bekerja sama antara komponen satu dan lainnya sehingga menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada. Tetapi dahulu komputer tidak berbentuk sekecil dan seringan ini, karena menurut sejarah komputer terdapat perkembangan baik dalam bentuk maupun perangkatnya.

sejarah komputer

sejarah komputer

Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Dari sejarah komputer terlihat perkembangan yang pesat dari generasi ke generasi. Di era ini, komputer tak hanya dipakai untuk pekerjaan saja tetapi bisa digunakan untuk komunikasi bahkan sebagai alat hiburan. Sedangkan dahulu pada saat perang dunia komputer dioprasikan sebagai alat perancang peluru kendali dan pesawat tempur. Setelah perang dunia berakhir lalu ditemukannya transistor perubahan drastis terjadi, yang dahulunya bentuk komputer itu besar menjadi lebih kecil dan lebih hemat energi dari pada sebelumnya. Mengulik sejarahnya, komputer dibagi menjadi 5 generasi dan komputer pertama di dunia memiliki bobot sekitar 30 ton. Bandingkan dengan komputer saat ini yang beratnya hanya beberapa gram dan dapat kita bawa kemana – mana. Jika Anda ingin mengetahui pengetahuan umum tentang komputer Anda bisa simak internet.

Komputer Tabung Vacum, Komputer Generasi Pertama ( 1941 – 1959 )

Komputer Generasi pertama dispesifikasi dengan keadaan bahwa perintah operasi dibuat secara khusus untuk tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode biner yang berbeda, disebut sebagai bahasa mesin. Hal ini membuat komputer sulit diprogram dan kecepatannya pun terbatas. Menurut sejarah komputer ciri lainnya komputer generasi pertama adalah munggunakan tube vakum dan silinder magnetik untuk menyimpan data.

Electronic Numerical Integrator and Computer  atau  ENIC merupakan komputer yang dibuat oleh kerja sama pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Dalam sejarah komputer tabung vakum ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 5 juta titik solder dan 70.000 resistor. Komputer tersebut adalah mesin yang sangat besar dan mengonsumsi daya sebesar 160 kW beratnya pun diperkirakan sebesar 30 ton.Biaya yang dipakai untuk menciptakan komputer ini mencapai 1 juta dollar. Kemampuan komputer generasi ini masih terbatas dan belum maksimal.

Pernahkah Terbayangkan oleh Anda bila Komputer Generasi Pertama Tidak Mengalami Perubahan ?  Tentunya Anda Tidak Mau Bukan Membawa Kemana Mana Komputer Seberat 30 Ton.

Apa Komputer yang Digunakan pada jaman Dahulu?

Komputer Transistor, Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

Menurut sejarah komputer transistor ditemukan pada tahun 1948 pada tahun 1959 teknologi transistor berkembang dan dimanfaatkan sebagai komponen menciptakan komputer. Peran tabung vakum digantikan dengan lahirnya teknologi transistor. Karena komponen ini lebih efisien dibandingkan tube vakum. Ukuranya lebih kecil, dan daya listriknya pun lebih kecil dibanding tabung vakum. Biaya pembuatan komputer ini juga juga lebih murah, dari pada komputer generasi pertama yang memakai tabung vakum.

Bahasa pemrograman komputer generasi ini sudah mulai sejarah komputer berkembang dari bahasa mesin yang dipakai sebelumnya. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode yang rumit dengan kata dan kalimat serta formula matematika yang mudah dimengerti. Hal ini memudahkan seseorang mengatur dan komputer. Bermacam karier baru bermunculan seperti programmer, ahli sistem komputer dan analis sistem kemudian digantikan dengan bahasa Assembly atau bahasa simbolik.

Komputer Intergrated Circuit,  Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

Dalam sejarah komputer walaupun transistor banyak mengungguli tube vakum, tapi transistor mengeluarkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian dari internal komputer. Dengan batu kuarsa menghilangkan masalah ini. Pada tahun 1958 seorang insyinyur bernama Jack Kilby dari Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi dengan mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam piringan silikon kecil yang berasal dari pasir kuarsa.

Para ilmuwan pun berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Akhirnya komputer menjadi semakin kecil karena komponen tersebut bisa dipadatkan ke sebuah chip. Sejarah Komputer mencatat kemajuan komputer generasi ke 3 lainnya adalah menggunakan sistem operasi  yang memungkinkan mesin menjalankan bermacam program yang berbeda secara bersamaan dengan program utama yang mengkoordinasi dan memonitor memori komputer. Komputer pada generasi ini memakan biaya pembuatan yang lebih murah, sehingga dapat dijangkau masyarakat umum.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/belajar-ilmu-islam-berbagai-tingkat/

Microkomputer Merupakan Sebuah Kelas Komputer yang Memakai Mikroprosesor Sebagai CPU Utama. Komputer Mikro ini Dikenal sebagai Personal Computer atau PC.

Sejarah komputer

Sejarah komputer

Komputer Microprosesor, Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang)

Komputer yang Anda gunakan saat ini adalah komputer generasi ke 4. Dimana komputer generasi ini, dibuat dengan komponen dasar Microprosesor. Di dalam chip Microprosesor terdapat ribuan transistor dan beberapa elemen sirkuit lainnya, yang dihubungkan menjadi satu. Dalam sejarah komputer, komputer terus berkembang dan berlajut pada tahun-tahun berikutnya, sehingga terciptalah sebuah ide untuk membuat jaringan komputer, yang mengarah pada ditemukannya internet. Banyak kemajuan yang terjadi pada komputer generasi keempat, seperti Mouse, Graphical User Interface, sampai komputer laptop atau jinjing.

Apa yang Anda  Ketahui Tentang Sejarah Komputer?

Perkembangan yang demikian membuat orang-orang biasa untuk memakai komputer biasa. Komputer tak lagi menjadi dominasi perusahaan besar atau lembaga pemerintah saja. Pada pertengahan tahun 1970, penyusun atau perakit komputer menawarkan produk mereka ke masyarakat umum. Komputer yang disebut minikomputer, dijual dengan paket peranti lunak yang mudah dipakai oleh orang awam. Sejarah komputer peralatan lunak yang populer saat itu adalah program spreadsheet dan word processing. Pada awal 1980-an, video game Atari 2600 menarik perhatian konsumen komputer rumahan yang lebih canggih dan bisa diprogram.

Komputer Artificial Intelligence, Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

Komputer generasi ini akan menjadi sejarah komputer yang memiliki teknologi, kecerdasan buatan atau Artificial intelligence. Pengembangan komputer ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat komputer yang bisa merespon, apa yang diinput memakai bahasa yang digunakan manusia. Selain itu, komputer ini juga diharapkan dapat mempelajari lingkungan sekitarnya dan juga bisa menyesuaikan dirinya sendiri. Komputer nanoteknologi, kuantum dan molekuler menjadi kunci utama, mengembangkan komputer generasi ke 5 ini.

Sehingga komputer ini memiliki keceradasan buatan, yang setara dengan manusia, hal ino akan menjadi catatan sejarah komputer bila berhasil diciptakan. Jepang merupakan negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan juga proyek komputer generasi ke 5. Lembaga ICOT Institute for new Computer Technology dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang mengatakan proyek ini telah gagal, akan tetapi beberapa informasi lain menyebutkan keberhasilan proyek komputer generasi ini akan membawa perubahan baru tentang paradigma komputerisasi di dunia.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/10-game-android-terpopuler-2018/

Demikianlah sejarah komputer dari generasi ke generasi, yang telah dijabarkan secara lengkap. Kemajuan perkembangan teknologi komputer memang sudah banyak perubahan kemajuan yang dihasilkan. Sehingga hari ini Anda bisa menikmati berbagai kemudahan, berkat penemuan dan pengembangan komputer dari generasi ke generasi.

shares