Resep Masakan Rumahan Sederhana : Sup Ayam Sawi Shiitake

Resep Masakan Rumahan Sederhana : Sup Ayam Sawi Shiitake. Memiliki seorang ayah yang serba bisa dan menyayangi  keluarga benar-benar anugerah. Selain terampil membuat dan memperbaiki perabot rumah tangga, ayah saya juga pandai memasak. Bisa dikatakan bahwa cita-cita saya adalah untuk menjadi seorang pria seperti ayah saya: dapat diandalkan di dalam dan di luar rumah. Karena itu biasanya ketika masa cuti atau libur, saya gunakan waktu itu untuk menjadi koki di rumah. Istilahnya belajar masaklah. Hehe… Tapi  tentu saja resep masakan yang saya buat hanya masakan rumahan sederhana.

resep masakan

resep masakan

Kali ini, saya membuat resep masakan Sup Ayam Sawi Shiitake. Hasilnya nanti adalah sup ayam yang air kaldunya jernih, jadi bukan tipe sup yang airnya keruh. Ini hanya masalah selera sebenarnya karena keruh tidaknya kan tidak terlalu berpengaruh terhadap rasa. Kata ayah saya, kalau mau agak keruh caranya dengan menambahi parutan wortel/kulit  wortel. Tapi karena kali ini kita memakai sawi, jadi akan lebih indah dan membangkitkan selera jika resep masakan kita kaldunya bening.  Untuk mengetahui  informasi lainnya simak di situs pengetahuan umum telengkap.

Untuk membuat resep masakan Sup Ayam Sawi Shiitake, bahan-bahan utamanya adalah: 500 gram daging ayam, 700 gram sawi hijau, 30 gram jamur shiitake kering. Untuk bumbunya, hanya membutuhkan 70 gram jahe dan garam secukupnya. Karena saat itu saya sedang ingin cepat, maka saya memilih menggunakan bumbu kaldu instan yang berbentuk bubuk. Biasanya di  pasar-pasar sudah ada yang  jual. Sebagai tambahan, jika ingin lebih sedap, bisa ditaburi bawang goreng, baik buatan sendiri atau beli jadi bawang goren kering di pasar.

Nah, setelah bahan-bahannya siap, waktunya membuat resep masakan Sup Ayam Sawi Shiitake. Pertama, potong-potong daging  ayam seukuran  2 atau 3 jari, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Cuci potongan-potongan daging ayam hingga bersih lalu masak hingga mendidih. Karena kita tidak membuat kaldu dari ayam tadi, maka setelah mendidih, jangan tunggu lama, langsung buang airnya, lalu cuci lagi daging ayamnya lagi hingga bersih.

Oya, agar resep masakan kita bisa cepat jadi, sambil menunggu ayam mendidih tadi, cuci sawi dan jamur shiitakenya. Pindahkan sawinya ke panci yang berlubang (istilahnya kalo di tempat saya “kalo” atau “embor”) agar airnya meniris. Sedangkan jamur shiitakenya rendam dalam air hangat selama lebih kurang 10 menit. Ini agar jamurnya mengembang lagi dengan bagus.

Oke, persiapan untuk resep masakan Sup Ayam Sawi Shiitake kita sudah siap. Sekarang mulai tahap utama pembuatan supnya. Siapkan panci berukuran sedang. Masukkan 2 liter air ke dalamnya. Masukkan lagi daging ayam, jamur shiitake, dan jahe yang sudah kita potong-potong. Masak hingga mendidih (Lebih kurang waktunya sekitar 20 menit).

Sambil menunggu resep masakan kita mendidih, potong-potong dulu sawi yang tadi sudah kita tiriskan seukuran panjang jari telunjuk, agar mudah dimakannya. Setelah sup kita mendidih, masukkan sawi yang sudah dipotong-potong tersebut ke dalam panci. Tambahkan garam dan bumbu kaldu secukupnya. Aduk hingga rata. Masak hingga sawi lunak. Kira-kira waktunya sekitar 10 menit.

Untuk melihat apakah sawinya sudah lunak atau belum, kita bisa menusuknya dengan garpu. Jadi setelah sekitar 10 menit, ambil garpu dan tusuk sawi kita. Jika empuk dan mudah ditembus garpu, berarti sudah cukup lunak. Usahakan agar tidak  terlalu lunak juga, supaya masih tersisa kerenyahan dan kesegarannya. Sawi yang sudah ditusuk tadi sekalian kita coba untuk mencicipi. Disini kita bisa mengoreksi bagaimana hasilnya resep masakan kita. Apakah  rasa asin dan gurihnya sudah pas. Jika kurang, bisa ditambah bumbu dan garamnya. Jika terlalu asin, bisa ditambah sedikit air untuk menetralkannya.

Setelah rasanya pas di lidah, matikan api. Angkat dan tuang sup ke dalam mangkok saji, dan  voila.. resep masakan Sup Ayam Sawi Shiitake kita siap untuk disajikan. Kira-kira bisa untuk 5-8 orang, tergantung orang yang makannya. Hehe..

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/resep-makanan-dari-tempe/

Sebagai penutup, resep masakan Sup Ayam Sawi Shiitake ini bisa divariasikan. Misalnya di tempat Anda tidak ada jamur shiitake, bisa menggunakan jamur kuping atau jamur kancing. Dan paling enak makan sup ini jika dilengkapi dengan tempe goreng, sambal, dan kerupuk. Dijamin rasanya maknyosss.. Silakan dicoba..

shares