Resep Masakan Nasi Tutug Oncom

Resep Masakan Nasi Tutug Oncom. Sudah sejak lama nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Mau di desa maupun di kota, nasi tetap menjadi makanan paling mengenyangkan yang paling banyak dicari. Nasi sendiri mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama jika dikonsumsi sesuai kebutuhan. Resep masakan berbahan nasi pun sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat.

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Seiring berjalannya waktu, sudah banyak inovasi dari nasi sendiri. Resep masakan yang berbahan dasar nasi bisa dengan mudah kita temukan. Bahkan, jika Anda kebetulan berada di Jawa Barat. Pasti sangat mudah mencari inovasi dari berbagai jenis nasi. Tidak hanya di Jawa Barat saja, bahkan di luar Jawa Barat pun sudah banyak ditemukan pengembangan dari makanan berbahan dasar nasi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak, tentu saja memiliki masyarakat yang sangat kreatif. Tidak hanya dalam jenis keragaman budaya, bahkan dalam jenis makanan pun sudah banyak inovasi yang dikembangkan oleh masyarakat setempat. Resep masakan yang merupakan perkembangan dari makanan yang sudah ada mulai dipikirkan dan dieksekusi oleh para masyarkatnya, agar makanan tersebut bisa tetap ada dan dikenal. Sebut saja nasi liwet, nasi uduk, nasi kuning dan sebagainya.

Salah satu inovasi resep masakan khas Jawa Barat adalah nasi tutug oncom. Apakah Anda tahu apa itu oncom? Menurut KBBI, oncom merupakan tempe bercendawan yang dibuat dari bungkil kacang (ampas kacang tanah setelah diambil minyaknya). Sekarang ini oncom sendiri sudah jarang dicari dan dimakan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, perlu adanya modifikasi atau perngembangan agar oncom bisa tetap dikenal dan dinikmati. Lalu apa itu tutug Oncom? Pernahkah Anda mendengarnya? Atau pernahkah Anda mencobanya? Jika belum pernah mendengarnya, sini saya bisikan apa itu nasi tutug oncom dan cara pembuatannya.

Dalam bahasa Indonesia, tutug artinya menumbuk. Jadi, maksud dari nasi tutug oncom sendiri adalah nasi yang diaduk-aduk dengan oncom goreng atau bakar. Makanan khas Tasikmalaya ini biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan dengan beberapa lauk pauk yang Anda suka. Cara membuatnya pun sangat mudah. Berikut pembahasan resep masakan nasi tutug oncom

Bahan-bahan

Untuk membuat resep masakan nasi tutug oncom ini, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan. Apa saja itu? Perta Anda harus menyiapkan 500 gram nasi, 150 gram oncom, 10 cm kencur, 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 7 buah cabai (cabe) rawit hijau, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh penyedap rasa (MSG) dan 5 sendok makan minyak goreng.

Cara membuat

Cara membuat resep masakan ini terbilang cukup mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membuat makanan ini. Hanya perlu mengulek bahan-bahan yang telah disiapkan, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, garam, gula dan oncom. Selajutnya adalah menggoreng bahan-bahan yang sudah diulek dengan minyak yang sudah disediakan. Goreng sampai aromanya mulai tercium dan warnanya berubah menjadi kecokelatan. Setelah bumbu matang, siapkan nasi putih satu piring atau satu porsi, lalu aduk-aduk dengan bumbu yang telah matang sampai tercampur rata dan nasi tutug oncom pun siap dihidangkan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, nasi tutug oncom sangat enak jika dimakan dalam keadaan masih hangat. Resep masakan nasi tutug oncom ini biasanya disajikan dengan sambal, ikan asin, ayam dan mendoan. Cara membuatnya yang sangat mudah, menjadikan makanan ini sebagai makanan favorit yang tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Makanan yang merupakan hasil kreatif tangan masyarakat Tasikmalaya menjadikannya semakin dikenal banyak orang, terbukti dengan banyaknya orang-orang yang mencari nasi tutug oncom ini.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/tips-membuat-resep-masakan-rendang/

Jadi bagaimana resep masakan di atas? Terlihat enak, bukan? Pembuatannya yang sangat mudah, membuat kita ingin memasaknya sendiri. Terlebih, jika kita yang membuatnya maka akan ada tambahan-tamban jenis lauknya. Jadi, mari kita buat nasi tutug oncom. Lumayan, bisa mengganjal perut dengan rasa yang berbeda.

shares