Resep Masakan Khas Lampung

Resep Masakan Khas Lampung!  Kalau sudah ngomongin tentang kuliner pasti tidak ada habisnya. Biasanya setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing. Begitu pula dengan Lampung yang memiliki banyak sekali resep masakan khas Lampung yang perlu dicoba ketika kalian berwisata ke tempat ini.

resep masakan

resep masakan

Lampung menjadi salah satu pusat ekonomi yang berpotensial di daerah Sumatera. Oleh karena itulah jangan heran, jika saat ini banyak ragam industri berkembang di daerah ini, terutama di bidang agribisnis. Bahkan bidang pariwisata juga tak kalah jadi sorotan akhir-akhir ini.  Di samping semua itu harus didukung dengan olahan resep masakan Lampung agar menarik para wisatawan. Anda perlu pengetahuan umum untuk mendapatkan informasi terlengkap dan terbaru lainnya.

Efek dari perkembangan itulah, kini Lampung banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Mengingat Lampung memiliki destinasti laut yang mempesona dan tidak kalah dengan Raja Ampat. Sehingga kuliner Lampung perlu diburu juga. Berikut ini resep masakan khas Lampung yang perlu disimak:

Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu kuliner khas Lampung yang wajib dicoba. Jika kalian datang ke Lampung jangan lewatkan resep masakan satu ini. Kuliner ini berbahan dasar buah durian yang difermentasi.

Resep masakan ini bukan hanya populer di Lampung saja, tapi di daerah Sumatera Selatan juga. Biasanya untuk menyantap tempoyak bisa dikonsumsi dengan nasi atau bisa juga dimakan langsung.

Kalian bisa bertanya-tanya mengenai resep masakan untuk dipraktikkan di rumah. Cita rasa makanan ini sangat khas sekali. Sehingga buat kalian pecinta durian tidak ada salahnya mencoba olahan durian dengan varian berbeda.

Seriut

Resep masakan khas Lampung selanjutnya yaitu seruit. Tahu nggak sih kalian apa itu seruit? Jadi seruit ialah masakan khas Lampung yang tidak kalah populer dari tempoyak. Jika tempoyak olahan dari buah durian, maka seruit merupakan ikan bakar atau ikan goreng yang dibumbui dengan bumbu tradisional.

Untuk menyantap kuliner khas Lampung satu ini tidak akan lengkap jika tanpa sambal terasi, tempoyak, lalapan, atau buah mangga. Nah buat kalian yang menyukai masakan ini boleh mencari resep masakan ini untuk dibuat di rumah dan dinikmati bersama keluarga. Sebab cita rasanya akan berbeda ketika menikmatinya bersama keluarga.

Gabing

Apa sih itu gabing? Gabing juga salah satu kuliner Lampung yang perlu kalian coba. Mungkin nama kuliner ini sedikit asing. Resep masakan khas Lampung satu ini menyerupai gulai. Tetapi meskipun sama-sama berbentuk gulai, gabing sedikit berbeda.

Resep masakan khas Lampung ini berasal dari kelapa muda yang dipotong-potong. Kemudian dimasak dengan santan dan beserta bumbu-bumbu pelengkap lain. Kalian wajib mencoba.

Gagodoh

Resep masakan Lampung berikutnya ialah gagodoh. Gagodoh merupakan kuliner tradisional Lampung yang memiliki cita rasa gurih. Makanan ini memiliki bentuk yang menyerupai seperti prekedel. Hanya saja untuk mengkonsumsi hidangan ini perlu didampingi teh atau kopi. Akan lebih nikmat menikmatinya bila turun hujan.

Serbat kuseni

Nah, untuk resep masakan khas Lampung satu ini berbentuk minuman. Biasanya serbat kuseni dihidangkan bersama dengan seruit. Sebagai pendamping seruit. Bahan dasarnya ialah mangga kwini.

Resep masakan atau minuman khas Lampung yang berbentuk jus ini juga mempunyai cita rasa yang cukup unik. Perpaduan antara asam mangga kwini dengan air gula yang dingin. Itu mampu meredakan pedasnya sambal seruit.

Gulai Taboh

Seperti namanya gulai, artinya kalian sudah tidak asing lagi bukan? Resep masakan gulai tadoh tidak jauh berbeda dengan resep gulai pada umumnya. Menu ini juga salah satu kuliner khas Lampung yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Lampung.

Adapun resep masakan gulai tadoh tidak jauh-jauh dari santan kelapa. Gulai tadoh dapat dihidangkan dengan dua cara. Pertama, menggunakan ikan laut yang dicampur dengan bahan sayuran seperti daun tangkil, kacang panjang, juga revung. Sementara cara kedua ialah menggunakan ikan sungai yang dicampur dengan keluwek.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/tutorial-makeup-korea-buat-tipe-kulit-indonesia/

Nah, itulah beberapa resep masakan khas Lampung yang perlu kalian rasakan ketika berkunjung ke Lampung. Saat ini Lampung bukan hanya berkembang di pariwisata dan agribisbis tapi juga kuliner. Jadi buat kalian wajib mencoba kuliner Lampung.

shares