Resep Masakan Khas Jogja, Manis nan Legit

resep masakan gudeg

resep masakan gudeg

Resep Masakan Khas Jogja, Manis nan Legit. Salah satu makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara, adalah Gudeg Jogja. Bukan hanya masyarakat asli Jogja atau Jawa Tengah, Gudeg juga diminati oleh wisatawan Jogja. Berkembangnya zaman, Gudeg mulai diinovasikan. Dulunya Gudeg hanya ada Gudeg basah, kini Gudeg berkembang lagi dengan adanya Gudeg kering. Nah, Gudeg kering inilah yang biasanya dibawa oleh turis sebagai oleh-oleh. Ada bermacam-macam Gudeg yang terkenal. Buat orang asli Jogja mungkin sudah tahu resep membuat Gudeg, tetapi untuk Anda yang bukan berasal dari Jawa Tengah atau Jogia dan belum pernah mencoba membuatnya, saya akan memberikan resep membuat Gudeg asli Jogja enak dan legit.

Beberapa orang mengenal masakan ini dengan nama Gudeg nangka atau Gudeg gori. Untuk yang belum pernah mecoba Gudeg pasti bertanya-tanya, kenapa sayuran ini menggunakan nangka sebagai bahan bakunya. Namun, jika Anda pernah membuat Gudeg pasti sudah tahu bahwa Gudeg ini menggunakan nangka. Jangan salah sangka, nangka yang digunakan adalah nangka muda, jadi teksturnya tidak terlalu lembek dan rasa yang dihasilkan tidak terlalu manis seperti buah nangka masak. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan nangka yang belum ada bijinya. Apabila tidak ada, nangka yang mempunyai biji kecil juga bisa digunakan.Simak informasi menarik lainnya mengenai resep terlengkap di situs pengetahuan umum.

Anda yang tidak menyukai makanan manis tentu tidak akan terlalu menyukai Gudeg ini. Seperti kebanyakan makanan Jogja, resep masakan gudeg memang mempunyai rasa manis. Rasa manis dan bahannya alami. Jadi jangan khawatir menimbulkan efek samping. Selain itu, resep ini menggunakan bumbu tradisional yang membuatnya enak dan legit.

Jika Anda tinggal di Jogja dan sekitarnya, akan mudah dan praktis membeli Gudeg daripada membuatnya. Tetapi untuk Anda yang tinggal di luar kota dan kangen Gudeg, cara terbaik untuk mengobatinya adalah membuatnya sendiri. Jangan khawatir, resep masakan gudeg ini sederhana. Bahan-bahannya mudah didapat di pasar tradisional.

Bahan utama resep masakan gudeg adalah nangka muda, satu kilogram. Santan dari perasan parutan buah kelapa, 1000 ml. Lengkuas berukuran sedang sebesar empat ruas jari orang dewasa. Cuci bersih lengkuas dan pukul-pukul atau memarkan sampai pipih. Ini dimaksudkan agar aromanya keluar dan gampang tercampur dengan bumbu lain. Lalu, daun jati ukuran sedang sebanyak enam sampai tujuh lembar. Pilih daun jati muda supaya warna coklat yang dihasilkan cantik. Daun salam ukuran sedang dua lembar. Daging ayam berukuran sedang setengah ekor. Potong-potong sesuai selera atau kurang lebih empat sampai enam potong.

Masih resep masakan gudeg. Bahan selanjutnya, gula merah kelapa asli sebanyak 90-100 gram. Iris tipis-tipis atau sisir supaya mudah hancur saat dicampur bahan lain. Air bersih untuk merebus nangka mudanya sebanyak 1,2-1,5 liter. Saya menyarankan menggunakan air kelapa supaya lebih legit hasilnya. Bawang putih ukuran sedang empat siung, kupas kulitnya. Bawang merah ukuran sedang, 10 siung, kupas kulitnya. Kemiri 6 butir disangrai. Garam 5 sendok teh. Ketumbar butir satu sendok teh, disangrai.

Jika sudah, resep masakan Gudeg selanjutnya adalah haluskan bumbu bawang merah dan putih, ketumbar, kemiri dan garam. Siapkan panci berukuran besar. Letakkan setengah daun jati muda di bagian bawah supaya aroma dan warnanya rata. Masukkan air atau air kelapa. Masukkan nangka yang dipotong kecil-kecil lalu tutupi atasnya dengan sisa daun jati agar meresap semua. Rebus nangka dan daun jati dengan api kecil sampai empuk lalu tiriskan. Menunggu nangkanya empuk, siapkan bumbu halus dan bahan lainnya.

Resep masakan Gudeg selanjutnya, siapkan panci dan masukkan bumbu halus dan santannya. Rebus, aduk-aduk semua bahan. Masukkan lengkuas, irisan gula merah, daun salam, dan potongan daging ayam. Aduk lagi sampai mendidih dan daging ayam empuk. Masukkan rebusan nangka muda dan a rebus lagi sampai kuahnya tinggal sedikit. Cicipi, tambahkan gula merah dan garam seperlunya.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tips-membuat-resep-masakan-rendang/

Gudeg merupakan salah satu masakan Indonesia yang tahan lama. Tanpa bahan pengawet khusus, makanan ini bisa bertahan selama beberapa hari dengan syarat masaknya benar-benar matang dan lama. Bahkan resep masakan Gudeg, makin lama makin legit dan enak. Jadi, tiap hari tinggal dihangatkan supaya makin legit. Gudeg lebih nikmat dan enak kalau disantap dengan opor ayam putih, sambal goreng krecek dan sambal tempe atau teri pedas.

shares