Resep Masakan Khas Cirebon yang Akan Membuatmu Rindu

Resep Masakan Khas Cirebon yang Akan Membuatmu Rindu! Cirebon yang terkenal dengan sebutan “kota udang” ini memiliki banyak sekali panganan khas yang akan membuatmu merindukan kota ini. Untuk kamu yang berkunjung ke Cirebon, ada beberapa makanan yang wajib kamu coba. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa resep masakan khas Cirebon yang tentunya akan menggugah selera. Yuk simak di bawah ini!

Resep masakan khas Cirebon

Resep masakan khas Cirebon

Nasi Jamblang atau Sega Jamblang

Jamblang merupakan nama daerah yang terletak di sebelah barat Kota Cirebon, tempat nasi jamblang berasal. Resep masakan khas Cirebon ini sama seperti nasi pada umumnya. Yang membuatnya istimewa yaitu memakai daun jati sebagai pembungkus nasi yang disajikan secara prasmanan. Menunya antara lain tahu, tempe, sambal goreng, paru-paru, semur hati atau daging, tahu sayur, perkedel, sate kentang, telur dadar, sambal goreng telur, semur ikan dan ikan asin. Untuk mendapatkan informasi terbaru Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Sega jamblang mulanya dibuat untuk para pekerja paksa pembangunan jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati daerah Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Saat itu sega jamblang dibungkus menggunakan daun jati agar dapat bertahan lama dan nasi tetap terasa pulen. Daun jati mempunyai pori-pori yang bisa membantu menjaga kualitas nasi walaupun disimpan dalam waktu yang lama.

Empal Gentong

Resep masakan khas Cirebon yang satu ini cukup popular. Empal gentong merupakan gulai daging sapi yang dimasak di dalam gentong yang terbuat dari kayu pohon asam selama kurang lebih lima jam. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan rasa legit dan daging yang empuk. Kuahnya mirip dengan kuah soto. Empal gentong ini dapat disajikan dengan lontong maupun nasi. Agar lebih nikmat, bisa ditaburi daun kucai, sambal kering dan kerupuk rambak. Tentunya panganan ini akan membuat kamu ketagihan.

Tahu Gejrot

Resep masakan khas Cirebon berikutnya yaitu tahu gejrot. Berisi tahu dipotong kecil-kecil dan diletakkan di atas sebuah piring kecil yang terbuat dari tanah liat, kemudian disajikan dengan bumbu ulek yang berisi gula merah, cabai, bawang merah dan bawang putih. Jenis tahu yang digunakan yaitu tahu lamping atau tahu Sumedang. Rasa tahu gejrot ini manis pedas dan sangat diminati.

Nasi Lengko

Resep masakan khas Cirebon ini cukup sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Cirebon. Bahan makanannya yaitu nasi putih, tempe, tahu, mentimun, taoge, daun kucai, lalu ditaburi dengan bawang goreng. Kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap. Sebagai pelengkap, bisa ditambah dengan kerupuk dan emping.

Mie Koclok

Resep masakan khas Cirebon ini berupa mie kuning yang disajikan dengan kol, taoge, telur, suwiran daging ayam, lalu disiram dengan kuah santan. Memakan panganan ini haruslah dalam keadaan panas, karena tidak akan nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin.

Docang

Resep masakan khas Cirebon yang bernama docang ini terdiri dari lontong, daun singkong, taoge dan kerupuk dicampur dengan sayur dage yang dihancurkan kemudian diberi parutan kelapa muda. Makanan ini memiliki rasa gurih yang khas dan nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat. Di Cirebon, docang sangat popular sebagai hidangan sarapan pagi.

Kerupuk Melarat

Melarat yaitu miskin. Resep masakan khas Cirebon ini dinamakan demikian karena digoreng tanpa menggunakan minyak goreng, melainkan pasir yang telah dibersihkan, dikeringkan dan diayak. Kerupuk melarat biasanya disajikan dengan menambahkan sambal asam. Warna kerupuk ini beraneka macam, yaitu kuning, merah muda, putih dan hijau.

 

Sate Kalong

Sate kalong bukan terbuat dari daging kelelawar, melainkan daging kerbau. Disebut begitu karena hanya dijual pada saat mulai magrib sampai larut malam. Cara berjualan kuliner satu ini menggunakan genta yang memiliki bunyi yang khas, dikenal dengan nama ‘klonongan’. Genta biasanya digantungkan di leher kerbau. Resep masakan khas Cirebon yang satu ini cara penyajiannya yaitu daging kerbau yang sudah diolah dengan bumbu lalu ditusuk dengan sujen. Sate kalong memiliki dua rasa, yaitu manis dan asin.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/tutorial-makeup-pesta-terlihat-elegan/

Itulah beberapa resep masakan khas Cirebon yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau mungkin bisa dijadikan sebagai ide usaha bagi kamu yang ingin memulai usaha kuliner. Selamat mencoba.

shares