Resep Makanan Khas Lumajang yang Bakal Bikin Kamu Ngiler

Resep Makanan Khas Lumajang yang Bakal Bikin Kamu Ngiler! Bicara soal makanan tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak sekali kuliner khas kota-kota di indonesia yang membangkitkan selera dan bikin kita ingin mencobanya. Kadang kala sedikit kreativitas akan membuat makanan tradisional dan jadul sekali pun terlihat mewah dan menarik. Di kota-kota kecil daerah banyak pula makanan yang bakal bikin kamu ngiler.

resep makanan khas Lumajang

resep makanan khas Lumajang

Tak terkecuali kota kecil yaitu Lumajang yang terkenal dengan pesona alam wisata air terjun dan puncak B29-nya. Ada beberapa makanan atau jajanan yang wajib kamu coba apabila berkunjung ke kota ini. Dalam artikel ini saya juga akan membahas beberapa resep makanan khas Lumajang. Mau tahu apa aja? Yuk check this out! Untuk informasi lebih lengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum dan Anda bisa dapatkan informasi itu dari internet.

Kue Lupis

Lupis ialah jajanan yang terbuat dari ketan dan dimakan dengan gula merah. Mungkin kamu banyak menjumpai makanan ini di beberapa daerah di sekitar jawa. Resep makanan khas Lumajang ini sangat sederhana dan mudah diolah. Rasa khas lupis yang dibungkus dengan daun pisang dan disiram dengan gula merah akan membuatmu ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Sawut

Resep makanan khas Lumajang bernama sawut ini juga sederhana. Hanya singkong, gula merah dan parutan kelapa. Singkong biasanya direbus dahulu dengan sedikit garam, kemudian diparut dan disiram gula merah, lalu taburi parutan kelapa di atasnya. Pada beberapa desa di kota Lumajang, makanan ini hanya dijual seribu rupiah per mika. Sangat murah sekali, bukan?

Bledhus

Makanan ini sangat cocok apabila dihidangkan dengan lupis dan teh hangat serta disantap saat hujan. Resep makanan khas Lumajang ini cukup mudah, jagung yang sudah dipipil dan kering harus direndam dahulu sebelum kemudian direbus. Setelah itu baru ditaburi dengan kelapa parut dan siap untuk dihidangkan. Kamu juga bisa loh membuatnya sendiri di rumah.

Lontong Petis

Resep makanan khas Lumajang yang satu ini berupa ketupat, tahu, sayuran dan tentu saja petis sebagai bumbunya yang paling utama. Namun, saat memakan lontong petis, kamu juga akan merasakan suwiran-suwiran ayam di dalamnya. Makanan ini cukup cocok sebagai pengganjal perut. Sayangnya, di Lumajang sudah jarang yang menjual makanan ini sebab lontong petis hanya disajikan saat acara-acara seperti hari raya idul fitri.

Pecel Telo

Resep makanan khas Lumajang berikutnya yaitu pecel telo yang kurang lebih sama dengan pecel pada umumnya, yaitu sayur-sayuran, genjer, jantung pisang, kecambah dan kancang panjang. Namun, yang membedakan makanan ini dengan pecel lainnya ialah bumbunya yang juga terbuat dari ubi jalar. Makanan khas Lumajang ini cukup populer sebab keberadaannya yang sudah cukup lama. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang berkunjung ke kota Lumajang.

Martabak

Martabak di kota Lumajang menggunakan petis sebagai sausnya. Resep makana khas Lumajang ini juga sama seperti martabak telur pada umumnya yaitu telur, tepung terigu dan sayuran. Makanan ini cocok jika kamu makan sambil nongkrong di alun-alun Lumajang bersama teman-temanmu.

Kue Latok

Kue latok adalah kue basah yang juga menjadi ciri khas daerah jawa timur, termasuk kota Lumajang. Resep makanan khas Lumajang ini sangat mudah. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula merah dan juga parutan kelapa. Kue latok biasanya diberi pewarna hijau atau merah sehingga penampilannya semakin menarik dan menggugah selera. Gula merah yang disiram di atasnya dan parutan kelapa yang ditaburkan akan membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi. Di beberapa daerah kue ini juga dijual dengan harga seribu hingga dua ribu per bungkusnya.

Nah, itulah beberapa resep makanan khas Lumajang yang patut untuk kamu coba saat berkunjung ke kota ini atau mungkin bisa kamu coba untuk buat sendiri di rumah. Bahannya cukup mudah dicari dan prosesnya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/cara-sederhana-makeup-bagi-pemula/

Resep makanan khas kota Lumajang ini juga bisa menjadi ide untuk kamu yang mungkin ingin membuka usaha rumahan loh. Kamu bisa membuatnya dan menjualnya sebagai tambahan penghasilan. Yuk dicoba!

shares