Awas Ketagihan! Resep Makanan Khas Jawa Tengah Ini Terkenal Paling Enak

Awas Ketagihan! Resep Makanan Khas Jawa Tengah Ini Terkenal Paling Enak! Makanan tradisional atau makanan khas memang selalu membuat masyarakat penasaran dan tergoda untuk dinikmati saat berkunjung ke suatu daerah. Rasanya kurang afdol kalau sampai di suatu tempat tapi nggak nyicipin makanan khas yang ada disana. Nah, kali ini tempat yang mau kita ulas makanan nusantaranya adalah di Jawa Tengah. Lalu apa saja makanan dari Jawa Tengah dan bagaimana resep makanan khas Jawa Tengah? Simak yuk beberapa makanan khas yang perlu kamu cicipin kalau mampir ke Jawa Tengah.

Makanan khas Jawa Tengah

Makanan khas Jawa Tengah

Lumpia Semarang

Siapa yang nggak kenal dengan Lumpia? Lumpia yaitu makanan khas dari kota Semarang. Lebih enak kalau dimakan saat masih hangat apalagi kalau makannya disiram dengan saus atau cabe merah, pasti tambah menggoda tuh. Makanan khas Jawa Tengah ini mempunyai isi yang beragam, ada yang pakai ayam, telur, sayuran dan udang pun ada. Kalau kamu berkunjung ke Semarang. Jangan lupa cobain makan yang satu ini ya.Untuk mengetahui informasi lainnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Rondo Royal

Makanan yang satu ini sangat nyentrik namanya, yakni rondo royal. Nggak tau kenapa makanan ini dikasih nama rondo royal, padahal rondo itu artinya janda lho. Makanan khas Jawa Tengah dengan bahan tape singkong ini berasal dari daerah Jepara, Jadi tape dimasukkan ke adonan tepung yang kemudian digoreng, jadi deh rondo royal nya. Buat kamu yang pengen nyicipin makanan yang ini, dari pada jauh-jauh ke Jawa Tengah, bisa buat sendiri aja di rumah.

Mangut Beong

Makanan ini berasal dari Kota Magelang. Kota yang letaknya nggak jauh dari Jogja ini menyuguhkan makanan khas Jawa Tengah yang unik, di Candi Borobudur berada Di Magelang, Jawa Tengah, kamu bisa mencicipi mangut beong, makanan bernama mngut ini terbuat dari ikan beong pastinya. Ikan beong kalau dilihat sekilas hampir mirip ikan lele, tapi sebenarnya bukan ikan lele. Ikan beong ini berasal dari Sungai Progo. Ikan ini memiliki rasa yang lezat dan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak mudah untuk hancur.

Nasi Grombyang

Nasi grombyang yaitu salah satu makanan khas Jawa Tengah yang tepatnya berasal dari daerah Pemalang. Nama makanan ini diambol dari cara penyajiannya, yaitu kuahnya lebih banyak dari pada isinya, sehingga terlihat grombyang-grombyang. Kuliner khas ini bahannya terbuat dari daging kerbau, nasi, serta kuah. Penyajiannya menggunakan mangkuk kecil dan juga biasanya ditambahkan dengan sate kerbau. Kalau mau mencari penjual nasi grombyang ini, biasanya penjual nasi grombyang terlihat menggunakan kuali berukuran besar dengan tempat nasi yang ditutup menggunakan kain berwarna merah. Selain itu, biasanya penerangan warungnya menggunakan lampu yang cahayanya remang-remang.

Jenang Kudus

Kamu tahu dodol garut? Kalau kamu tahu, jenang Kudus ini hampir mirip sama dodol Garut, tapi makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Jenang Kudus ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas daerah tersebut ketika pengunjung sedang berpergian ke kota Kudus. Jenang Kudus penyajiannya dalam bentuk memanjang dan dibungkus menggunakan plastik bening. Kamu bisa membelinya dalam ukuran kiloan atau ada juga yang sudah dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Jenang Kudus ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya legit. Kelezatan rasa dari jenang sudah tersebar luas diseluruh penjuru nusantara.

Mie Ongklok

Kalau kamu berkunjung ke daerah Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencicipi makanan mie ongklok. Kuliner mie ini merupakan mie yang direbus dan diracik bersama sayur kol dan potongan daun kucai. Kuah yang pada mie ongklok ini menggunakan tepung kanji, jadi akan lebih kental dari pada kuah mie pada biasanya. Untuk menikmati rasa dari mie ongklok ini, kamu bisa memilih sate sapi sebagai lauk tambahan dan juga tempe kemul atau keripik tahu sebagai pendampingnya.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tutorial-makeup-pesta-terlihat-elegan/

Mie ini diberi nama mie ongklok karena makanan khas Jawa Tengah ini menggunakan ongklok yaitu semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Ongklok ini biasa dipakai atau digunakan untuk merebus mie ke dalam kuahnya. Kalau penasaran, kamu bisa langsung mencicipinya langsung di kota Wonosobo, sambil berwisata ke Dieng bersama keluarga.

Demikian sekilas resep makanan khas Jawa Tengah, yang terkenal enak saat dimakan di daerah khas-nya. Minat mencobanya?

shares