Sederhana, ini dia resep masakan dari tempe yang bisa Anda coba

Sederhana, ini dia resep masakan dari tempe yang bisa Anda coba. Siapa yang tidak tahu bahan makanan yang satu ini? Ya, tempe. Selain harganya yang murah meriah, tempe juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Karena hal itulah tempe biasa disebut makanan untuk semua kalangan, karena memang sebagian besar orang pasti doyan dengan tempe. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengolah bahan makanan ini dengan berbagai cara. Banyak sekali resep makanan berbahan tempe yang bisa menggoyang lidah siapa saja.

resep makanan berbahan tempe

resep makanan berbahan tempe

Jika Anda bosan dengan cara mengolah tempe yang begitu-begitu saja, yuk kita lihat berbagai resep makanan berbahan tempe berikut. Anda pasti tertarik untuk mencobanya! Untuk mengetahui  informasi lainnya simak di situs pengetahuan umum telengkap.

Tempe Mercon

Sudah pernah mencoba resep  makanan berbahan tempe yang satu ini? Sesuai namanya, tempe mercon bisa Anda coba bila Anda penyuka pedas. Bahan-bahan yang digunakan juga sederhana saja, di antaranya 1 papan tempe, bagilah menjadi beberapa bagian yang agak besar, kemudian belah bagian tersebut dan jangan sampai terputus.  Kemudian siapkan 1 sachet cabai bubuk, 1 bungkus tepung tempe goreng, sambal terasi, 150 ml air, dan minyak goreng. Cara membuatnya juga mudah, cukup masukkan cabai bubuk dan sambal ke dalam bagian tempe yang sudah dibelah tadi, kemudian gulingkan tempe ke dalam tepung bumbu yang sudah dibuat adonan dengan menambah 150 ml air tadi. Setelah merata, goreng sampai matang. Mudah, bukan?

Tempe Bacem

Jika tempe mercon cocok untuk Anda penyuka pedas, resep makanan berbahan tempe yang satu ini cocok untuk penyuka masakan manis. Ya, tempe bacem merupakan masakan olahan tempe khas Yogyakarta. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah, yaitu 2 papan tempe, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 cm lengkuas, 1 sdt ketumbar, 5 sdm kecap manis,  1 batang serai, daun salam secukupnya, 2 sdm gula merah, dan 3 gelas air kelapa. Cara membuatnya pun tidak begitu sulit, Anda cukup menghaluskan semua bumbu, lalu dicampur dengan tempe yang sudah dipotong kotak atau sesuai selera Anda. Masukkan lengkuas dan serai yang sudah dimemarkan, juga daun salam. Kemudian campurkan dengan air kelapa dan kecap manis, ungkep hingga tempe matang dan bumbu merasuk sempurna. Hidangkan tempe bacem jika sudah dingin.

Tempe Penyet

Siapa yang bisa menolak godaan tempe penyet? Di musim penghujan seperti saat ini. Perpaduan antara nasi putih hangat dan tempe penyet adalah kenikmatan makan yang tiada tara. Anda tertarik untuk membuatnya di rumah? Siapkan bahan-bahan seperti tempe (jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan), minyak goreng, bumbu tempe goreng, untuk tempenya.

Sedangkan untuk sambal, siapkan 5 buah cabai rawit, 2 buah cabai merah besar, buang isinya, 1 buah tomat, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, garam, gula merah, ½ sdt air jeruk limau, gula putih secukupnya, dan 2 sdm terasi bakar.  Cara membuatnya, pertama Anda tentu harus menggoreng tempe yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Kemudian untuk membuat sambal penyet, Anda harus menggoreng cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan tomat. Haluskan jika sudah matang. Kemudian Anda perlu menambahkan garam, gula merah, gula putih dan terasi yang sudah dibakar  tadi. Selanjutnya, haluskan lagi sambal sambil diaduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata. Sambal sudah siap dan penyetkan tempe goreng di atasnya. Sedap sekali!

Selain beberapa resep di atas, masih ada banyak sekali resep makanan berbahan tempe lainnya seperti tempe mendoan, orek tempe, tempe kering, tempe goreng tepung, dan keripik tempe. Selain itu ada pula tempe menjes atau tempe gembus yang diolah dari ampas tahu. Tempe ini biasanya digoreng menggunakan isian seperti wortel, kubis, dan taoge.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/resep-masakan-kue-surabi-modern/

Nah, itu dia berbagai resep makanan berbahan tempe yang bisa Anda coba praktikkan di rumah. Mudah, murah, dan tentunya nikmat, bukan? Anda juga masih bisa berkreasi dengan banyak resep makanan lain yang bisa dipadukan dengan tempe. Jadi, selamat mencoba!

shares