Misteri Sejarah Gunung Rinjani

Misteri Sejarah Gunung Rinjani! Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung terfavorit bagi para pendaki. Mengapa demikian? Karena keindahan alam yang di pancarkan gunung Rinjadi sangat mempesona sehingga semakin membuat hati para pendaki tertarik. Selain itu gunung rinjadi terkenal sebagai gunung yang suci hal ini di percaya oleh sebagian penduduk Lombok dan Bali. Yang konon katanya terdapat cerita sejarah yang tersimpan rapih di dalamnya.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Konon sejarah Gunung Rinjani terdapat sosok Dewi Rinjani. Ia merupakan seorang ratu dari kerajaan ghaib yang di percaya memiliki paras yang sangat cantik. Kisahnya dewi Rinjani ini merupakan seorang dewi berparas cantik yang sampai pada saat ini katanya masih bersemayan di puncak gunung Rinjani. Kerajaan yang di maksud sebelumnya merupakan kerajaan yang di pimpin oleh raja yang bijaksana bernama Datu Tuan dengan permaisuri cantiknya yang bernama Dewi Mas. Kami akan memberi ulasan tentang pengetahuan umum untuk Anda, Anda bisa simak disini.

Potret kepemimpinan raja dari calon Ayah penghuni Gunung Rinjani ini di kenal sebagai raja yang sangat baik dan bijaksana, selain itu Ia juga terkenal sebagai raja yang dermawan, adil dan bijaksana. Sehingga kehidupan dari seluruh rakyatnya sangat bahagia, tentram dan damai. Dibalik sosoknya yang sangat baik berbanding terbalik dengan kesedihan yang di alami sang raja. Sebab walau pernikahannya dengan permaisuri sudah berlangsung selama bertahun-tahun belum juga di karuniai sorang anak. Sehingga membuatnya khawatir tidak akan ada penerus dari kepemimpinannya.

Kisah Sejarah Yang Terdapat Pada Gunung Rinjani

Menurut sejarah Gunung Rinjani sang raja akhirnya memutuskan untuk menikah lagi karena khawatir tidak akan ada penerus darinya. Hingga kemudian Ia meminta izin dari sang Dewi Mas untuk memberikan izin, pernikahan ini dilandasi demi kepentingan nasib kerajaan dan rakyatnya. Dengan rasa berat namun pada akhirnya Ia tetap memberikan izin kepada suaminya itu dengan lapang dada. Setelah beberapa hari menikahlah sang raja dengan seorang perempuan cantik bernama Sanggar Tutul yang merupakan putri dari Patih Aur.

Setelah pernikahan itu terjadi sikap dari raja semakin hari semakin berubah bahkan perhatiannya kepada Dewi Mas semakin memudar. Bagaimana tidak jika hampir seluruh waktunya di habiskan bersama dengan istri mudanya. Walau di perlakukan dengan begitu namun Dewi Mas tetap sabar dan mencintai sang Raja dengan tulus dan sepenuh hatinya. Di tengah hatinya yang dirasa tak enak akan tetapi Dewi Mas terus berdo’a sehingga terkabullah do’anya dan mengandung seorang putra dari sang raja.

Disampaikannya kabar gembira ini kepada raja sehingga sang Raja merasa senang. Berbeda dengan Sanggar Tutul. Istri kedua sang raja ini khawatir jika kehamilan dari Dewi Mas akan membuat perhatian raja berpaling darinya. Oleh karena itu Sanggar Tutul memfitnah Dewi Mas dengan mengatakan bahwa anak yang sedang dikandung itu adalah hasil dari hubungan gelap dengan orang lain yang bernama Lok Deos.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Hal inilah yang menjadi awal mula sejarah dari Gunung Rinjani hingga berakibat pada terusirnya Dewi Mas yang sedang mengandung anak raja. Dalam keadaannya yang tengah hamil Ia harus terbuang ke sebuah gili yang jauh dari pemukiman warga sehingga dibangunlah sebuah gubuk. Hingga pada suatu hari bertemu dengan nahkoda awak kapal yang kemudian mengantarkannya untuk pergi ke Bali dan membangun kehidupan barunya disana.

Hingga pada akhirnya tibalah waktu untuk melahirkan. Bayi yang lahir ini ternyata kembar yang terdiri dari seorang putra bernama Raden Nuna dan seorang putri dengan nama Dewi Rinjani. Pastinya nama ini tidak asing lagi untuk kalian dengar jika pernah membaca tentang Gunung Rinjani. Kedua anak ini tumbuh menjadi anak yang lucu, tangkas dan memiliki ilmu yang sakti. Sehingga tibalah saat mereka dewasa yang kemudian menanyakan tentang sosok seorang Ayah yang tidak pernah sama sekali mereka dengar dari ibunya.

Siapa yang Menceritakan Kisah Gunung Rinjani?

Pada akhirnya sang ibu bercerita kepada kedua anaknya tentang semua yang sebelumnya telah terjadi dan bagaimana perlakuan dari sang ayah kepada ibundanya. Hal ini kemudian berujung pada kemarahan dari Raden Nuna sehingga Ia bertekad untuk menemui sang ayah. Raden Nuna menerobos masuk, karena kesaktiannya tak seorangpun yang dapat mengalahkan Dia hingga akhirnya sang Raja sendiri yang turun tangan. Akibat dari perkataan suara gaib yang entah darimana di tengah perkelahiannya dengan sang anak akhirnya membuat Ia tersungkur lemas.

Raja teringat akan semua perbuatannya kepada Dewi Mas di masa lalu. Permohonan tulusnya dengan rasa penyesalannya hingga akhirnya meluluhkan hati dari anaknya itu sehingga sang raja mengajak anak-anak mereka yang berada di tepi Gunung Rinjaniuntuk kembali ke istana. Waktu terus berjalan hingga tiba pada saat penyerahan tahta sang raja kepada Raden Nuna yang tumbuh sebagai pemuda yang sangat tampan. Karena usianya yang semakin tua hingga akhirnya sang raja turun tahta dan telah resmi di gantikan oleh anaknya.

Lanjut cerita dari Gunung Rinjani hingga pada suatu ketika Datu memintan anak gadisnya untuk menemaninya pergi bersemedi di sebuah gunung yang tak jauh dari kerajaan. Pada saat bertapa justru Dewi Rinjani diangkat sebagai ratu dari bangsa jin. Sehingga sebagian besar penduduk percaya bahwa Dewi Rinjani. Hal ini masih bersemayan di gunung Rinjani dengan menjalankan tugasnya sebagai Ratu Jin.

Apa Kisah yang Terjadi di Gunung Rinjani?

Kisah dewi Anjani ini terus berlanjut hingga Ia dewasa. Dan menjalin hubungan asmara dengan seorang rakyat muda yang tampan namun miskin. Namun ketika sang ayah mengetahui hubungan ini beliau malah melarang hubungan dari keduanya. Walau sang ayah melarang Dewi Rinjani tetap gigih dan mendesak sang ayah untuk merestui hubungannya dengan lelaki itu. Bukan malah dikabulkan permintaannya bahkan sang ayah bersikap lebih keras lagi terhadap Dewi Rinjani.

Hingga Dewi Rinjani merasa marah kepada sang ayah yang kemudian kabur dari Istana dan memutuskan untuk pergi ke sebuah gunung yang berada di lombok yang pada saat ini diberi nama Gunung Rinjani. Dewi Rinjani ternyata bersemedi di atas gunung tersebut dangan meratapi nasib dan rasa sakitnya. Pada akhirnya bangsa jin mengangkatnya untuk menjadi seorang ratu pada bangsa mereka.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/kumpulan-kejadian-aneh-terjadi-2018/

Hingga pada saat ini konon katanya keberadaan Dewi Rinjani masih terasa, dan masih menjadi kepercayaan dari beberapa masyarakat terdekat. Pada saat ini gunung yang telah di ceritakan memiliki nama Gunung Rinjani karena kisah sejarahnya. Rasa percaya masyarakat semakin meningkat dan semakin yakin karena dewi Anjani ini terkadang berkeliling di daerah kawasan gunung Rinjani untuk melihat keadaan kawasan yang di pimpinnya. Bahkan katanya telah banyak para pendaki yang mengaku pernah melihat sosok wanita cantik yang dipercaya sebagai dewi Anjani.

Cerita yang sebelumnya di jelaskan merupakan sejarah dari gunung Rinjani yang dipercaya bukan merupakan sebuah mitos dan cerita saja. Gunung Rinjani ternyata memiliki banyak sekali misteri yang ada dan tidak semuanya dapat di ungkap. Hal ini disebabkan karena telah sekian ribu lamanya kejadian yang terjadi ini sehingga masa kerajaanpun sudah tidak ada pada saat ini. Namun dari cerita turun temurun di beberapa masyarakat sekitar gunung yang membuat sejarah ini terus dipercaya.

shares