Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Smartphone Tanpa Rooting

Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Smartphone Tanpa RootingKetika membeli smartphone baru, biasanya di dalamnya sudah terdapat banyak aplikasi. Beberapa aplikasi bawaan memang sangat berguna, namun sisanya biasanya tidak berguna dan bahkan cenderung mengganggu. Hal ini tentu sangat merugikan karena hanya akan membuang-buang kapasitas memori saja, terlebih jika memori di android kita cukup kecil dan terbatas. Tidak hanya itu saja, berbagai aplikasi bawaan juga biasanya aktif secara otomatis. Jika sudah begitu maka secara otomatis aplikasi ini akan memakan daya baterai meskipun tidak sedang digunakan.

menghapus aplikasi bawaan

menghapus aplikasi bawaan

Masalahnya, cara menghapus aplikasi bawaan itu tidak semudah cara uninstall aplikasi biasa. Berbagai aplikasi bawaan biasanya sudah “dikunci” di sistem sehingga tidak bisa dihapus.  Tips yang diulas di sini dapat diaplikasikan pada perangkat android yang sudah ataupun belum di root.  Untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Berikut ini cara menghapus aplikasi tersebut tanpa root :

Uninstall Langsung Pada Aplikasi

Cara menghapus aplikasi bawaan berikut ini tanpa root.Tak perlu repot melakukan rooting pada android, pasalnya kini sudah banyak aplikasi bawaan yang dapat langsung diuninstall. Langkah-langkah untuk melakukan uninstall pada aplikasi bawaan tanpa root diantaranya masuk ke dalam fitur Setting kemudian pilih menu Apps. Setelah itu, kamu bisa langsung pilih aplikasi bawaan yang akan diunsintall. Perlu diketahui, ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa diuninstall seperti clock, contact manager, device service dan lainnya.  Kamu bisa menguninstall aplikasi yang memiliki simbol “kotak” di bagian kanan. Nah, jika menemukan simbol tersebut, langsung klik / checklist. Selanjutnya, klik “Uninstall” pada aplikasi tersebut. Cara yang satu ini bisa digunakan pada perangkat android mana pun.

Disable Pada Aplikasi

Sebenarnya cara menghapus aplikasi bawaan yang terbaik adalah dengan melakukan rooting terlebih dahulu. Namun jika tidak ingin mengambil resiko kerusakan dan lainnya, maka dapat mengikuti trik yang satu ini. Caranya, buka menu Settings, pilih opsi Apps, geserkan ke sebelah kanan hingga muncul tab All category. Langkah ini mungkin berbeda pada setiap perangkat sehingga kamu harus menyesuaikannya sesuai perangkat masing-masing. Darilah aplikasi bawaan yang ingin dihentikan aktivitasnya. Pilih aplikasi tersebut lalu klik tombol Disable. Ada pesan peringatan untuk tidak men-disable aplikasi yang penting. Jika sudah yakin, klik OK. Tidak semua aplikasi bawaan dapat di disable sesukanya. Jika ingin mengaktifkan kembali berbagai aplikasi bawaan tersebut, maka caranya juga mudah. Cukup ikuti langkah-langkah di atas lalu klik tombol “Enable” untuk mengaktifkannya kembali. Berbagai aplikasi tersebut akan kembali aktif apabila melakukan factory reset.

Dengan Menggunakan Aplikasi CCleaner

Tidak semua merk smathphone bisa bekerja dengan cara ini. Namun tidak ada salahnya mencoba, hanya tinggal hapus aplikasinya saja jika memang tidak berfungsi. Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan dengan aplikasi:

Download dan instal aplikasi CCleaner di Play Store.

-Lalu buka aplikasi nya, tap pada menu yang terletak di pojok kiri atas, lalu pilih App Manager.

-Akan ditemui tiga tab yaitu Installed, System dan Disable.

-Untuk menghapus aplikasi bawaan, tekan geser pada menu System. Nantinya akan muncul berbagai aplikasi bawaan smartphone yang akan dihapus.

-Pilih aplikasi yang akan dihapus dan tap pada logo “Tong Sampah”.

-Hapus file bawaan android tanpa root

-Centang aplikasi yang akan dihapus lalu tekan Uninstal.

-Maka kemudian akan muncul peringatan, jika sudah yakin lanjutkan klik Continue.

Beberapa android memang memerlukan akses Root untuk melakukan ini. Harap tidak menghapus aplikasi bawaan sembarangan, jika belum melakukan proses Backup terlebih dahulu. Jika telah berhasil menghapus aplikasi bawaan android tanpa root, maka kapasitas RAM yang tadinya hampir penuh akan kembali banyak ruang setelah melakukan ini. Hal ini bermanfaat sehingga android pun akan kembali berjalan cukup lancar dan dapat diisi aplikasi baru yang dibutuhkan pengguna.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/cara-menghilangkan-jerawat-bahan-alami/

Itulah beberapa cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone tanpa rooting. Satu hal yang harus diperhatikan adalah lakukan langkah back up terlebih dahulu untuk mencegah kemungkinan buruk. Saat memilih aplikasi yang akan dihapus pun harus teliti, beberapa aplikasi yang penting jangan sampai terhapus karena bisa menyebabkan beberapa fungsi utamanya terganggu. Semoga bermanfaat!

 

shares