Macam-macam Busana Muslim untuk Wanita

Macam-macam Busana Muslim untuk Wanita! Perkembangan dunia fashion kini mulai merambah ke pakaian muslim khususnya untuk wanita membuat pakaian yang semula dianggap kuno ini menjadi menjamur. Dirancang lebih modern dengan tetap menutup aurat, tetapi juga tetap terlihat modis, tak pelak menjadikan pakaian ini merajai dunia tren. Mungkin Anda tidak tahu bahwa pakaian muslim khususnya wanita ini ternyata juga memiliki banyak macamnya. Berikut ini beberapa macam busana muslim untuk wanita:

busana muslim

busana muslim

Gamis

Dengan model yang panjang lurus, busana muslim ini tidak terlihat kebesaran, walaupun longgar di badan. Baju yang sering dijuluki sebagai jubah ini sekarang memiliki berbagai model dan motif. Di Indonesia sendiri, gamis popular di kalangan remaja sampai ibu-ibu. Selain itu, pakaian yang namanya diserap dari bahasa arab ini juga bisa dipadupadankan dengan ikat pinggang, blazer, ataupun rompi. Dengan varian model dan motif yang lebih elegan, gamis juga dapat dipakai dalam acara-acara formal, seperti undangan pernikahan. Coba kenali pengetahuan umum lainnya untuk mendapatkan informasi terlengkapnya.

Selain untuk wanita, ada pula gamis untuk pria. Dengan model lebih sederhana dan warna dominan putih, busana muslim ini juga sedang popular di Indonesia. Sedangkan di Timur Tengah, pakaian ini merupakan pakaian sehari-hari pula untuk pria.

Abaya

Hampir sama dengan gamis, hanya saja abaya ini lebih berbentuk A-Line atau Umbrella-Line, di mana bagian bawahnya melebar. Seperti namanya yang berarti sederhana, busana muslim yang satu ini juga terkesan simple dengan warna-warna gelap dan tidak mencolok. Tapi, kini jenis baju ini sudah ada yang lebih modern dengan varian model aksesori payet, bordiran, ataupun renda. Selain cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari, abaya juga dapat digunakan dalam acara formal.

Busana muslim

Busana muslim

Kaftan

Umumnya, kaftan memiliki bentuk kotak dan longgar. Tapi, sekarang ada pula kaftan dengan model efek kerut atau draperi pada pinggang. Busana muslim asal Persia ini dikenal di Indonesia dengan nama gamis kelelawar. Ini dikarenakan model saat ini yang menyerupai sayap kelelawar di bagian lengan jika kita merentangkan tangan. Jika di Timur Tengah sudah terbiasa dengan pakaian satu ini, di Indonesia sendiri baru menjadi tren di kalangan ibu-ibu beberapa tahun terakhir ini.

Hijab

Sebutan ini semakin popular akhir-akhir ini sebagai penutup kepala, penyempurna dalam menggunakan busana muslim. Model hijab ada yang langsung seperti kerudung atau tidak langsung seperti pashmina. Hijab tidak langsung ini dapat kita variasikan dengan berbagai gaya saat memakainya. Hijab yang seharusnya menutupi hingga dada, kini lebih identik hanya menutupi kepala dan leher saja.

Jilbab

Kata yang diserap dari bahasa arab ini, sekarang berarti kerudung lebar yang dipakai perempuan muslim untuk menutupi kepala sampai dada. Dulu, jilbab sama dengan hijab. Tapi, sekarang jilbab lebih identik dengan kerudung yang lebar dan panjang hingga hampir menyentuh pinggul. Busana muslim yang satu ini lebih popular dengan model langsungan. Model dan motifnya pun kini sudah bermacam-macam, bahkan ada pula yang berenda, berbordir, atau berpayet.

Tunik

Berbeda dengan busana muslim di atas yang mengadaptasi namanya dari bahasa arab, nama tunik sendiri diadaptasi dari bahasa inggris. Pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, hingga punggung ini sebenarnya ada dua tipe, yaitu yang berlengan dan tanpa lengan. Di Indonesia sendiri, baju dengan panjang mencapai pinggul atau lutut ini lebih popular dengan lengan panjang di kalangan wanita. Umumnya, pakaian ini lebih dikenal dengan sebutan baju kurung. Selain itu, sekarang juga sudah banyak varian model dan warna untuk pakaian tunik ini.

Niqab

Busana muslim yang satu ini lebih sering disebut cadar. Walaupun kapasitas kepopularannya meningkat, tapi cadar ini hanya dipakai untuk wanita-wanita muslim yang benar-benar siap menutup wajahnya jika keluar rumah. Niqab ini umumnya dipadupadankan dengan abaya atau gamis dan jilbab. Warna yang kalem dan cenderung gelap membuat niqab tidak terlalu mencolok jika digunakan.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/model-baju-terbaru-2019/

Di atas itulah beberapa macam busana muslim yang biasa dipakai wanita muslim di Indonesia. Ternyata lebih banyak dari yang kita tahu, bukan? Dari sekian banyak, yang manakah yang sering Anda gunakan? Tidak masalah Anda memilih menggunakan pakaian yang mana, asalkan tetap menutup aurat.

shares