Lesah Magelang yang Menggairahkan

Lesah Magelang yang Menggairahkan. Musim penghujan paling nikmat bila menikmati hidangan yang hangat di suasana yang dingin. Betul tidak? Nah, buat para Bunda yang sedang bingung ingin memasak apa hari ini, apalagi ditambah cuaca sedang mendung dan germis. Bagaimana bila mencoba resep makanan berkuah yang rasanya nikmat disantap saat dingin seperti ini? Salah satu makanan dari Magelang ini bisa menjadi opsi penghangat di kala hujan. Nama makanan tersebut adalah Lesah. Resep masakan Lesah Magelang berikut bisa menjadi salah satu ide hidangan peneman kebersamaan Bunda dengan keluarga.

Resep masakan Lesah

Resep masakan Lesah

Lesah Magelang termasuk makanan olahan mie dan berkuah, sangat cocok dinikmati bahkan dicari untuk disantap di saat musim penghujan seperti sekarang ini. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama alias cepat pembuatannya. Bahkan Bunda bisa menyelesaikan memasak Lesah sambil menunggu cucian di mesin cuci selesai. Jadi, mari kita mulai memasaknya. Bahan-bahan resep masakan Lesah ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Ditambah anak-anak pasti menyukainya. Apalagi, rasanya sangat nikmat, enak, dan gurih ketika disajikan selagi hangat. Dapatkan informasi terlengkap lainnya di situs pengetahuan umum.

Berikut adalah resep masakan Lesah yang berasal Magelang, Jawa Tengah. Bahan utama Lesah adalah dua ons atau dua ratus gram bihun yang telah direbus, satu ons taoge. Satu ons sama dengan seratus gram. Satu buah dada ayam goreng, kemudian disuwir-suwir. Tiga lembar daun salam berukuran sedang. Tiga gelas santan dari perasan parutan setengah butir kelapa. Santan ini boleh diganti kemasan jika tidak ingin repot memarut dan memerasnya. Satu iris lengkuas, pukul-pukul atau memarkan sampai pipih. Agar aroma lengkuas lebih keluar dan menyatu. Dua batang sereh, bentuklah simpul agar mudah memasaknya. Satu iris jahe sebesar ibu jari, gula aren dan gula pasir untuk penambah cita rasa. Gula aren bisa diganti dengan gula merah atau gula kelapa. Bisa juga tanpa gula aren atau gula merah, karena sudah ada gula pasir.

Bumbu dari resep masakan Lesah yang dihaluskan adalah delapan siung bawang merah berukuran sedang, dua siung bawang putih berukuran sedang, enam butir kemiri (boleh disangrai boleh tidak, sesuai selera), satu ruas kunyit, setengah  sendok teh merica butir. Jika Bunda menggunakan merica bubuk, takarannya sama. Setengah sendok teh ketumbar butir atau bubuk, dan terakhir garam secukupnya.

Bahan pelengkap untuk resep masakan Lesah adalah beberapa petik daun kemangi atau seledri, kerrupuk udang, bawang goreng dan sambal tomat.

Jika semua bahan-bahan resep masakan Lesah di atas sudah tersedia. Kini saatnya Bunda mulai menyiapkan wajan untuk membuatnya. Cara membuat resep masakan Lesah  yang pertama adalah panaskan minyak secukupnya. Goreng kemiri, kunyit, merica, dan ketumbar. Saat menggoreng, letakkan keempat bumbu tersebut pada saringan stainless lalu celupkan dalam minyak, kenapa harus menggunakan cara  ini, supaya Bunda lebih mudah mengangkat dan meniriskannya nanti. Langkah kedua tentu haluskan semua bumbu dengan cobek dan ulekan. Mengapa menggunakan cobek bukan blender? Karena cita rasa dari bumbu yang diulek lebih menyatu dan terasa daripada bumbu yang diblender. Setelah bumbunya halus, tidak bumbu tersebut hingga tercium harum dan warnanya mulai kecokelatan.

Sembari menunggu bumbu, resep masakan Lesah yang perlu Anda siapkan adalah merebus dada ayam dengan daun salam, lengkuas, serai, dan jahe hingga setengah lunak. Kemudian masukkan tumisan bumbu, sisa bumbu yang lain, lantas masak ayam hingga matang atau benar-benar lunak. Bila ayam sudah lunak atau empuk, tambahkan santan dan masak lagi hingga mendidih. Setelah matang, angkat ayam dari kuah, tiriskan, lalu goreng sebentar, dinginkan beberapa saat kemudian suwir-suwir. Susun bihun rebus, ayam suwir, dan taoge (boleh yang sudah direbus boleh tidak, sesuai selera) dalam mangkok. Taburi bawang goreng lantas siram dengan kuah. Hidangkan dengan bahan pelengkap lainnya dan berikan sedikit pemanis tambahan.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/resep-masakan-ayam-kecap/

Inilah resep masakan Lesah Magelang yang bisa Bunda praktekkan di rumah kala kehabisan ide saat sedang hujan dan dingin. Selain itu, Bunda juga bisa menambahkan wedang jahe ke dalam menu agar menambah hangatnya suasana.

shares