Landak Mini, Salah Satu Hewan Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan

Landak mini, salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan! Bagi sebagian orang, hewan peliharaan bisa disebut sebagai teman yang selalu menghibur dikala bosan. Tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan terkadang sering membuat kita tertawa dan terhibur. Ada banyak jenis hewan yang bisa Anda jadikan sebagai peliharaan di rumah. Salah satunya adalah landak mini.

landak mini

landak mini

Ukuran tubuh landak mini berbeda dengan ukuran landak hutan yang berbahaya. Dia memiliki ukuran lebih kecil dan menggemaskan. Selain itu, hewan ini juga termasuk ke dalam golongan makhluk nokturnal yang selalu aktif di malam hari. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, hewan ini masih bisa diajak bermain di siang hari. Hanya saja dia akan bertingkah seperti agak malas saja. Jika anda ingin mengetahui informasi terbaru dan terlengkapnya Anda memerlukan pengetahuan umum.

Hewan ini memiliki duri sebanyak 6000 duri lebih. Pergantian duri ini terjadi saat waktu kecil hingga menuju dewasa yang sering disebut dengan quilling. Jika dalam keadaan normal, durinya akan terasa seperti sikat wc. Namun, jika dia sedang kaget, maka durinya akan menghadap keatas dan terasa tajam.

Ada beberapa jenis landak mini yang perlu Anda ketahui sebelum berniat untuk memeliharanya, diantaranya:

Landak Mini Apricot

Jenis hewan peliharaan  ini memiliki mata berwarna merah ruby. Sementara pada bagian duri di tubuhnya berwarna orange cerah agak kecoklatan. Kemudian, pada bagian wajah memiliki warna putih atau krem. Hidung serta telinganya berwarna merah muda. Dan pada bagian perut bawahnya memiliki warna putih.

Landak Mini Cinnamon

Jenis hewan  ini memiliki duri berwarna krem seperti warna pada landak salt and paper. Sedangkan untuk kulitnya berwarna merah muda serta pada bagian hidung berwarna cokelat. Untuk matanya sendiri memiliki warna yang sama seperti landak mini apricot yaitu berwarna merah ruby.

Landak Mini Cinnicot

Hal ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara landak mini cinnamon dan apricot. Sehingga tidak jarang banyak ditemukan jenis landak ini lebih mirip dengan apricot maupun cinnamon.

Landak mini Charchoal

Jenis landak mini ini dibagi menjadi dua, yaitu charcoal snowflake dan white charchoal. Keduanya memiliki warna yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada durinya saja. Warna putih yang dimiliki charchoal sekitar 70%, sisanya berwarna hitam bercampur dengan putih. Sedangkan jenis charchoal snowflake hanya memiliki warna putih sekitar 30% saja. Sisanya hanya berwarna putih dibalut dengan hitam.

Landak Mini Albino

Hewan jenis ini memiliki warna mata merah dan seluruh tubuhnya berwarna putih. Jenis landak satu ini merupakan jenis yang paling banyak digemari dan dicari karena kelangkaaan serta keunikannya. Harganya pun paling mahal diantara jenis lainnya.

Landak Mini Pinto

Warna kulit jenis hewan  ini mirip dengan jenis salt and paper. Namun, sebagian kulit tempat tumbuhnya duri tersebut kekurangan warna. Begitupun dengan warna durinya.

Landak Mini Platinum

Hewan  ini memiliki warna yang mirip dengan albino. Hanya saja ada beberapa perbedaan warna dari mata dan hidungnya. Landak jenis ini memiliki warna hitam pada bagian mata dan hidungnya.

Landak Mini Oak Brown 

Jenis hewan ini memiliki warna duri putih bercampur dengan warna cokelat pohon oak. Jenis ini akan terlihat semakin eksotis karena mempunyai corak melingkar pada sekitar kedua matanya yang berwarna biru muda.

Landak Mini Salt and Paper

Jenis hewan peliharaan yang terakhir adalah salt and paper. Jenis ini memiliki warna putih pada bulu bagian bawahnya. Sedangkan bulu bagian atasnya memiliki warna hitam.

Jika Anda ingin memelihara salah satu dari jenis hewan tersebut, Anda harus mengetahui cara memeliharanya dengan baik. Anda bisa memulainya dengan menyediakan sebuah kandang untuk tempat tinggalnya. Usahakan kandang tersebut terbuat dari logam dan plastik. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan akuarium sebagai tempat tinggalnya.

Jangan lupakan alas dan tempat tidurnya. Hewan lucu sangat menyukai tempat yang hangat. Jadi, belilah serbuk kayu sebagai alas dan tempat tidur. Buatkan juga gua kecil atau tempat kecil di pojok kandang sebagai alat berlindung ketika siang hari.

Berikan pula vitamin hewan serta tempat minum dan makannya. Vitamin tersebut bisa membuat hewan ini yang Anda pelihara tetap sehat. Berikan juga tempat makan dan minum agar air dan makanan yang diberikan tidak berceceran. Perlu Anda ketahui bahwa hewan ini tidak menyukai tempat yang lembab dan basah. Jadi, selalu bersihkan kandangnya minimal satu kali dalam sepekan agar kandang tempat tinggalnya tetap kering dan terhindar dari penyakit.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/resep-masakan-khas-jogja/

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memelihara landak mini. Jenis hewan peliharaan ini bisa menjadi sebuah hewan peliharaan yang setia jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Jadi, kapan Anda akan menjadikannya hewan peliharaan?

 

shares