5 Kebiasaan Sehat Tanpa Harus Diet dan Olahraga Berat

5 Kebiasaan Sehat Tanpa Harus Diet dan Olahraga Berat! Setiap gaya hidup sehat hampir selalu dikaitkan dengan olahraga sebagai salah satu hal yang harus diterapkan. Sayangnya, kegiatan inilah yang terasa berat, apalagi sit up atau push up. Ada juga yang harus diet dengan cara makan banyak terus dimuntahin lagi. Padahal, selain diet ketat dan olehraga berat, kebiasaan sehat berikut bisa dijadikan alternatif pilihan.

Sehat Tanpa Harus Diet

Sehat Tanpa Harus Diet

  1. Buat Jadwal Makan yang Teratur

Biasakan makan 3 kali sehari, yaitu pagi (sarapan), siang, dan sore (jangan terlalu malam). Kalau sedang berpuasa, 2 kali sehari dilakukan pada saat sahur dan setelah Isya’. Jangan menunda-nunda waktu makan karena bisa mengganggu pola makan sehat. Sebaliknya, jangan pula memajukan waktu makan.

Kalau perut sudah keroncongan sebelum waktu makan tiba, Anda bisa mengisinya dengan puding atau buah-buahan segar. Berkaitan dengan jadwal makan, sebaiknya jangan asal makan. Pilih makanan bernutrisi tinggi dan tidak melebihi 1/3 ruang dalam perut. Karena menurut anjuran Rasulullah SAW, ruang perut dibagi 3, yaitu untuk makanan, air, dan udara.

  1. Tidur Awal Waktu

Bagi Anda yang suka begadang atau punya jam kerja ship malam, sebaiknya hentikan kebiasaan ini dan pilih pekerjaan yang dilakukan pada pagi sampai sore. Malam adalah waktu utama untuk istirahat karena sebagian organ dalam tubuh perlu beristirahat dan malamlah waktu yang terbaik.

Banyak penelitian yang berhasil membuktikan pengaruh negatif dari begadang. Contohnya anemia, gangguan hati, gangguan jantung, dan organ tubuh lainnya. Biasakan pula tidur menyamping menghadap kanan untuk menjaga kinerja jantung saat Anda tertidur.

  1. Berjemur dan Jalan-jalan

Jangan tunggu waktu berlibur ke pantai dulu untuk bisa berjemur. Anda bisa melakukannya di kebun belakang rumah atau lantai atas tempat menjemur pakaian. Provitamin D dalam tubuh bisa diubah menjadi vitamin D dengan bantuan cahaya matahari.

Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah waktu untuk berjemur. Waktu terbaik adalah awal masuk Dhuha, yaitu sekitar jam 7-9. Lebih dari itu, cahaya matahari menjadi semakin panas dan bisa menyebabkan kanker kulit.

Jalan-jalan di sini bukan hangout, tapi memiliki arti sebenarnya, yakni keliling rumah, kompleks, atau jalan-jalan sore ke alun-alun. Meski tidak butuh mengeluarkan banyak tenaga, jalan-jalan termasuk olahraga ringan.

  1. Membersihkan Rumah

Rajin bersih-bersih rumah tidak hanya bikin nyaman dan udara menjadi lebih segar, tapi juga bisa dijadikan ajang olahraga ringan. Apalagi jika rumah Anda 2 lantai, aktivitas bersih-bersih sambil naik-turun tangga bisa menghilangkan cukup banyak kalori.

  1. Main Lompat Tali

Permainan tradisional ini masih banyak disukai anak-anak sampai sekarang. Nah, tidak ada salahnya Anda memainkan permainan ini bersama anak-anak. Selain bisa dijadikan media untuk memupuk ikatan anak dan orang tua, Anda juga bisa sekalian menerapkan hidup sehat dengan cara sederhana.

Orang tua yang terbiasa hidup sehat tentu bisa menghasilkan keturunan yang unggul dan tidak gampang sakit. Bahkan, seorang pria yang sehat cenderung memiliki sperma sehat. Ciri sperma sehat dan unggul, serta informasi kesehatan lainnya terdapat dalam Orami Magazine, sebuah media bacaan parenting penuh inspiratif.

 

shares