Jenis Versi Android di Smartphone, Dari Apple Pie yang Paling Awal Hingga Pie 9 yang Terbaru

Jenis Versi Android di Smartphone, Dari Apple Pie yang Paling Awal Hingga Pie 9 yang Terbaru! Siapa yang tidak mengenal android di masa sekarang ini? Setiap orang mengenal android dan bahkan selalu mengikuti perkembangannya dari waktu ke waktu. Android adalah sistem operasi atau operating system (OS) berbasis Linux yang dirancang khusus untuk perangkat bergerak dengan layar sentuh. Seperti smartphone dan computer tablet yang beredar sekarang menggunakan sistem operasi android.

jenis versi android

jenis versi android

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di telepon pintar, mengalahkan Symbian pada 2010. Pada oktober 2013, ada lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk android dan sebanyak 50 milyar aplikasi telah diunduh pengguna android dari Google Play, toko aplikasi utama android. Berdasarkan survey pada bulan April hingga Mei 2013, menemukan fakta bahwa android adalah platform paling populer di antara kalangan developer, digunakan oleh 71% pengembang aplikasi bergerak. Untuk informasi terbaru dengan mengetahui pengetahuan umum Anda bisa simak di internet.

Mulai tahun 2008, android mulai melalukan perkembangan secara bertahap pada setiap versinya. Untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, android menambahkan fitur, dan memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Setiap jenis versi android dirilis dengan penamaan secara alfabetis, berdasarkan nama-nama pencuci mulut atau camilan manis. Mulai dari Cupcake, Donut, hingga Lollipop dan yang terbaru adalah Pie. Berikut adalah urutan OS android.

  1. Versi Android Generasi Awal

Pada tahun 2008, jenis versi android yang dirilis pertama kali diberi nama Apple Pie / Alpha 0.1. OS (operating system) ini diluncurkan tepatnya pada 23 September 2008. Apple Pie masih mempunyai banyak kendala yang belum memnuhi harapan. Meski begitu, sistem operasi ini memiliki fitur yang lumayan lengkap. Download dan update via android market, web browser, Google maps, aplikasi Youtube sudah tersedia di Apple Pie.

Generasi setelah Apple Pie adalah Banana Bread 1.1. OS android kedua ini dirilis pada Februari 2009, hanya berselang beberapa bulan dari jenis versi android yang pertama. Pada Banana Bread sudah ada fitur tambahan yakni kemampuan untuk menyimpan MMS attachment. Ancroid versi ini meskipun hadir dengan fitur yang belum memadai, namun sudah menandakan bahwa sistem android akan bisa diperbarui di versi selanjutnya.

Jenis versi android ketiga adalah Cupcake 1.5. Dirilis pada 2019, OS versi ini mulai populer dan banyak digunakan karena sudah bisa digunakan untuk mengunggah video dan gambar lansgung dari perangkat seluler. Lalu pada September 2009 android Donut 1.6 dirilis dan sudah mengalami perbaikan dari versi android sebelumnya, yaitu pada Google maps dan android market yang memudahkan untuk mengunduh aplikasi.

Android versi Eclair 2.0 menjadi urutan OS yang kelima yang dirilis di rilis pada Oktober 2009.  Versi android Eclair lebih berfokus pada system hardware karena terlihat dari versi sebelumnya memiliki sedikit fitur utama. Dalam jenis versi android ini ada fitur dan perbaikan nya yaitu : HTML, Digital Zoom, Bluetooth 2.1 dan Live wallpapers dan juga mendapat update ke versi 2.1.

  1. Versi Android Generasi Pertengahan

Setelah Éclair, dirilislah OS keenam dengan nama Froyo 2.2 yang merupakan singkatan dari Frozen Yogurt. Jenis versi android ini diluncurkan pada Mei 2010. Peningkatan speed, USB thetering, Animated Gifs dan juga mampu mengupload file ke browser merupakan fitur yang dimiliki OS Froyo.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/cara-meningkatkan-traffic-blog/

Versi android berikutnya dirilis dengan nama Gingerbread. Jenis versi android ini diluncurkan dua kali dengan dua versi yang berbeda. Pertama versi 2.3 – 2.3.2 dirilis pada 6 desember 2010 dan yang kedua versi 2.3.3 – 2.3.7 dirilis pada 9 februari 2009. Pada OS Gingerbread, pengguna sudah dapat bermain game dan menikmati fitur update UI, video call dan peningkatan copy paste.

Lanjutan dari huruf berabjad H yaitu Honeycomb yang dirilis pada Februari 2014. Versi android ini diperuntukkan untuk tablet. Perbaruan tak hanya berhenti di versi 3.0 saja namun juga dikembangkan ke versi 3.1 dan 3.2. Kemudian jenis versi android ini diperbarui oleh versi selanjutnya yang disebut Ice Cream Sandwich 4.0 pada 18 Oktober 2011. Versi android ini hadir dengan fitur penggunaan sistem lock screen, direct wi-fi, dan koreksi ejaan yang semakin mempermudah penggunanya.

Jenis versi android

Jenis versi android

Versi kesepuluh yang dirilis pada 9 Juli 2012 adalah Jelly Bean 4.1. Jenis versi android ini memiliki perbaikan yaitu mendukung Google now, peningkatan aplikasi kamera, peningkatan kinerja menjadi lebih cepat saat di operasikan.

  1. Versi Android Generasi Terbaru

OS kesebelas dirilis dengan sebutan Kitkat 4.4 pada 31 Oktober 2013. Fiturnya sudah terhitung canggih seperti melakukan video call, streaming, dan juga terdapat screen recording untuk merekam aktivitas layar pada android. Setelah Kitkat, jenis versi android Lollipop 5.0 diluncurkan pada 2014. OS Lollipop pertama kali disematkan pada Smartphone Google Nexus 6. Lollipop memiliki desain baru material, peningkatan kecepatan, daya tahan baterai dan juga multi card support.

Pada 5 Oktober 2015, telah dirilis OS terbaru yaitu Marshmallow 6.0. Sistem dan kinerja kecepatan android meningkat pada versi ini. Pada versi android ini, pengguna juga sudah bisa menggunakan fitur fingerprint sebagai fungsi keamanan layar yang lebih bisa melindungi. Versi selanjutnya hadir dengan nama Nougat 7.0 yang dirilis pada pertengahan 2016. Jenis versi android ini memiliki banyak kecanggihan seperti pembaruan Google assistant yang menggantikan Google now juga mendukung platform Virtual Reality dari Google yaitu melihat layar android dengan memakai alat khusus dan mampu melihatnya secara nyata.

Selanjutnya, Android O atau dikenal Android Oreo secara resmi diperkenalkan oleh Google pada tanggal 22Agustus 2017 yang lalu. Nama “Oreo” sudah mulai terendus sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017 pada Mei 2017. Salah satu perbaruan dari jenis versi android ini adalah peningkatan Google Play Protect yang dapat melindungi perangkat dari ancaman virus.

Yang terbaru, pada Agustus 2018, dirilis versi teranyar dan terupdate dari androis OS yaitu Pie 9. Smartphone pertama kali yang mempunyai jenis versi android ini adalah Sony Xperia XZ3. Karena merupakan OS terbaru, Pie 9 menawarkan banyak fitur canggih dan modern. Salah satunya adalah kemampuan untuk smart reply langsung dari notifikasi yang muncul. Android Pie 9 juga memiliki notch alias poni di bagian atas sebagai tempat kamera depan dan earpiece, selagi layar terus dilebarkan dan hanya menyisakan bingkai tipis di pinggir perangkat.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/samsung-galaxy-lipat-x-ponsel-terbaru-yang-akan-di-rillis-tahun-2019/

Jenis versi android tersebut masih akan terus diperbarui seiring berjalannya waktu. Kebutuhan akan teknologi dan informasi di era digital sekarang ini menuntut perkembangan yang cepat dan mampu menjawab kebutuhan pengguna. Maka tak heran, para pengembang terus melakukan inovasi dan perbaruan yang bisa menyediakan kemudahan berkomunikasi dan berjejaring bagi para pengguna teknologi.

shares