Jenis-Jenis Internet Marketing ini akan Membuat Kalian Semakin Banyak Pengetahuan!

Jenis-Jenis Internet Marketing ini akan Membuat Kalian Semakin Banyak Pengetahuan! Semakin banyak meningkatnya pengguna internet pada saat ini, tidaklah sedikit perusahaan yang menggunakan media internet marketing sebagai salah satu upaya mereka untuk melakukan promosi. Namun sebelumnya yang wajib kita ketahui adalah pengertian dari internet marketing. Internet marketing sendiri adalah salah satu strategi pemasaran yang saat ini mulai populer.

jenis-jenis internet marketing

jenis-jenis internet marketing

Keuntungan yang banyak dapat kita diperoleh dengan melakukan pemasaran via internet di antaranya adalah waktu yang lebih fleksibel, cakupan pemasaran lebih luas, dan juga biayanya lebih murah dibandingkan cara pemasaran tradisional. Internet marketing juga sebuah upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran produk maupun jasa dan tujuannya untuk membangun relasi dengan para pelanggan melalui media internet. Dengan melakukan pemasaran menggunakan internet akan lebih efektif karena lebih mudah, praktis dan cepat dengan jangkauan lebih luas. Untuk mengetahui pengetahuan umum lainnya Anda bisa simak di situs kami. Berikut adalah jenis-jenis internet marketing yang wajib kita ketahui untuk menambah wawasan:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Bentuk pemasaran pada SEO merupakan salah satu dari jenis-jenis internet marketing yang artinya sebuah proses yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas situs atau halaman website perusahaan agar berada di urutan atas pada hasil pencarian search engine. SEO dapat dilakukan dengan pemilihan nama domain, konten website, dan juga penggunaan kata kunci atau keyword.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari pada sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada pada halaman utama SERP dan serta  terdapat potensial yang sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO itu yang adalah jenis-jenis internet marketing juga  memerlukan keterampilan dan ketekunan yang penuh. Namun, selain itu, untuk melakukan SEO kita juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.

Karena dalam hal ini dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Tetapi, secara teknis, SEO membutuhkan waktu paling tidak minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang sangat optimal. Tujuan utama dalam melakukan SEO yang merupakan salah satu jenis-jenis internet marketing adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Indikator utama dalam keberhasilan SEO yaitu semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu yang kita cari di search engine. Semakin tinggi pula posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi visitor yang berkunjung ke website atau blog yang kita buat.

  1. SEM (Search Engine Marketing)

Jenis-jenis internet marketing yang kedua adalah SEM. SEM sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama layaknya SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Para pengguna SEM yang umumnya identik dengan pada penawaran produk. Pada umunya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa. Namun, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan atau artikel saja. Hal yang membedakan antara SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM adalah trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO adalah  gratis alias tanpa biaya.

Jenis-jenis internet marketing

Jenis-jenis internet marketing

Jenis-jenis internet marketing ini secara teknis, dalam pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil akhir dari SEM akan dengan cepat terlihat dari seberapa besar dana yang akan dialokasikan. Fungsi dari SEM adalah untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Baik antara SEO dan SEM sama-sama memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

  1. Email Marketing

Jenis-jenis internet marketing selanjutnya adalah saat kita sudah membangun daftar subscriber dari website. Maka email marketing merupakan langkah promosi tahap selanjutnya untuk menjaga calon pelanggan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa kita. Dengan menngunakan email marketing, kita dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung. Maupun memperkenalkan produk atau jasa kita yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan kita tidak ketinggalan akan informasi dari perusahaan kita seperti kegiatan maupun berita terbaru.

  1. Video Marketing

Jenis-jenis internet marketing yang berikutnya adalah Video marketing. Adalah cara yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan kita adalah dengan menggunakan video marketing.  Yang menjadi media promosi paling ampuh karena dapat memuat  informasi yang dibutuhkan namun dengan cara yang menarik dan mudah diingat. Video marketing yang dapat kita dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D, bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya adalah sebagai Video Company Profile yang menjelaskan mengenai bisnis kita. Menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya. Menampilkan testimonial pelanggan dan review mereka terhadap bisnis kita dan sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa kita.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tips-belajar-internet-merketing-pemula/

  1. Social Media Marketing

Pengguna sosial media pastinya tau tentang salah satu jenis-jenis internet marketing yang satu ini adalah Social Media marketing yang terus meningkat. Untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas bahkan sebagai media mencari informasi. Dan kini juga semakin dioptimalkan pengusaha sebagai sarana promosi bisnis mereka. Semakin banyak beredarnya berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube dan lain sebagainya. Akan membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat, akurat dan menjangkau lebih banyak orang. Dan selain itu, social media marketing juga banyak digemari karena dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis. Dan juga dapat meningkatkan brand perusahaan, sosial media juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan konsumen.

  1. Online Advertising

Sedangkan yang selanjutnya yang merupakan jenis-jenis internet marketing adalah media promosi atau periklanan melalui internet dengan cara berbayar. Selanjutnya, Online advertising sendiri memiliki beberapa pilihan yang sangat beragam sesuai kebutuhan yang kita butuhkan, seperti Display Advertising, Social Media Advertising, PPC, Youtube Advertising. Dan masih banyak lagi. Walaupun tingkat keberhasilan dalam penjualan dengan cara online advertising ini lebih memuaskan karena kita dapat mengatur target konsumen yang melihat iklan tersebut atau yang kita buat. Pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih mahal walau masih cenderung terjangkau bila dibandingkan dengan media promosi luar ruangan (Out of Home Media) seperti billboard, Signage, Booth, dan media iklan televisi.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/mengenal-internet-marketing-properti/

Oleh karena itu, jenis-jenis internet marketing yang telah dijelaskan sebelumnya bisa menjadi ilmu penting yang dapat menambah pengetahuan lebih tentang pengertian internet marketing serta jenis-jenis internet marketing itu sendiri. Juga bermanfaat dan dapat kita terapkan dengan sangat baik kedepannya.

shares