Jenis-jenis Ikan Cupang Hias yang Imut

Jenis-jenis Ikan Cupang Hias yang Imut. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang mampu bertahan hidup dalam waktu lama. Sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah atau akuarium dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Jenis-jenis ikan Betta cukup banyak yang saya tahu. Kalau dijabarkan lebih detail, total ada sekitar 73 spesies ikan dalam genus ini.

Ikan cupang

Ikan cupang

Secara genetis, ikan cupang termasuk dalam genus ikan Betta. Tak heran panggilan lain dari ikan ini adalah ikan betta. Cupang juga termasuk dalam keluarga gurami atau Osphronemidae. Namun, dari sekian banyak spesies ikan betta, spesies yang paling umum diketahui oleh masyarakat adalah Betta splendens. Untuk mengetahui informasi terlengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut Betta fish, atau Siamese fighting fish, karena sifat dari ikan ini yang sangat teritorial dan suka bertarung. Ikan ini akan cenderung agresif bila ada yang mengganggu wilayah teritorialnya. Itulah mengapa dua ekor ikan betta jantan tidak bisa ditempatkan dalam satu wadah.

Di Indonesia sendiri, penggemar ikan peliharaan sangat banyak dan merata, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Secara umum, jenis ikan betta dapat dibagi ke dalam tiga kategori. Yaitu:

  • Cupang Alam atau Liar
  • Cupang Hias
  • Cupang Laga

Dari ketiga jenis tersebut, terdapat beberapa jenis lagi. Misalnya saja, jenis cupang alam terdapat lima subjenis. Jenis ikan hias terdapat tujuh jenis turunan, dan seterusnya. Mari kita kupas satu-persatu subjenis ikan betta hias.

Cupang Hias pada awalnya adalah jenis ikan yang merupakan hasil dari kawin silang ikan cupang alam, yang kemudian menghasilkan warna-warna dan bentuk fisiologis baru yang berbeda. Hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa warna ikan betta sangat indah dan variatif.

Jenis cupang hias mudah ditemui di penjual-penjual ikan hias, ini disebabkan karena banyaknya breeder atau pembudidaya ikan cupang yang berkualitas di Indonesia. Bahkan tak sedikit dari para pembudidaya tersebut yang mendapat pesanan dari mancanegara. Lalu, apa saja jenis-jenis ikan betta hias?

Halfmoon

Seperti namanya, halfmoon, berarti setengah bulan, ikan cupang ini hasil pembudidayaan yang mengembangkan seluruh siripnya membentuk sebuah pola setengah lingkaran seperti bulan sempurna. Salah satu ciri cupang Halfmoon yang berbibit bagus adalah sirip ekor menyatu dengan sirip atas dan bawah.

Crowntail

Crowntail di Indonesia lebih populer disebut ikan cupang serit, karena bentuk ekornya yang bercabang-cabang bagaikan serit atau sihir yang berdekatan jaraknya. Jenis ikan betta ini pertama kali diperkenalkan oleh pembudidaya handal asal Jakarta Timur, Bapak Ahmad Yusuf, sekitar tahun 2000-an.

Plakat

Berbeda dengan jenis ikan cupang lain yang siripnya menjuntai, betta plakat justru memiliki kontur sirip yang tegas dan ekor yang pendek. Ikan betta plakat berasal dari Thailand, yang memiliki banyak pembudidaya cupang handal juga.

Di Indonesia, ikan cupang plakat pertama kali diperkenalkan oleh Bapak Henry Gunawan, Bapak Hermanus dan Bapak Joty Atmajaya pada tahun 2000-2001. Sejak saat itu, ikan betta yang semula sepi peminat mulai kembali banyak diminati oleh masyarakat.

HMPK

Di kalangan hobis ikan, jenis ikan cupang plakat juga memiliki turunan yang dihasilkan dari budidaya atau perkawinan antara ikan Halfmoon dan plakat yaitu Halfmoon Plakat atau biasa disebut HMPK. Bagaimana hasil dari perkawinan tersebut? Ikan halfmoon plakat dengan kontur garis sirip yang tegas dan pendek, tetapi membundar setengah lingkaran pada bagian ekornya. Cakep, ‘kan?

Double Tail

Mulanya jenis ikan cupang double tail atau ekor cagak adalah bentuk cacat fisik dari ikan cupang halfmoon. Menyebabkan ekornya terbelah menjadi dua bagian di bagian caudal-nya atau bagian tengah ekor. Namun ternyata, justru dari situlah akhirnya lahir varietas baru dalam dunia percupangan di Indonesia. Varietas baru yang tercipta ini pun cukup unik sehingga banyak diminati.

Giant

Giant, seperti namanya, ukuran ikan ini lebih besar dibanding ikan cupang pada umumnya alias big, besar. Ikan betta jenis ini dapat mencapai ukuran dua belas sampai lima belas sentimeter. Karena ukuran tubuhnya yang besar, ikan betta ini memiliki gerakan yang lambat atau tidak selincah ikan betta lainnya.

Big Ear

Salah satu varietas ikan betta yang baru dikembangkan adalah Big Ear atau ikan cupang dumbo. Awalnya ikan jenis ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand, tetapi kini sudah banyak ditemui di Indonesia. Jenis ikan ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar seperti sayap. Jenis big ear yang sering dijumpai adalah jenis turunan halfmoon big ear dan plakat big ear.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/resep-masakan-khas-jogja/

Nah, itulah jenis-jenis ikan cupang yang diminati di wilayah Indonesia ini. Tidak ketinggalan pula, setiap berapa bulan sekali akan diadakan sebuah perlombaan untuk adu ikan betta. Tentunya, perlombaan ini diadakan oleh komunitas pecinta ikan betta. Tertarik untuk memeliharanya juga? Ada beragam harga yang ditawarkan, mulai dari yang murah hingga mahal. Semua tergantung Anda ingin membeli jenis cupang apa.

shares