Internet Marketing dan Langkah Memulainya

Internet Marketing dan Langkah Memulainya. Perkembangan internet yang semakin hari semakin pesat membawa banyak keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan. Hampir semua orang bergantung pada kecanggihan teknologi untuk mempermudah segala sesuatu. Bahkan saat ini marak sebuah situs belanja daring atau online shop. Namun, bukan itu yang ingin saya bahas, tetapi media pemasarannya. Yaitu, promosi via internet. Bagian marketing atau pemasaran, memiliki banyak sekali sub kategori yang mengikutinya.

Internet marketing

Internet marketing

Pemasaran internet, pemasaran elektronik, e-marketing, atau online marketing, online advertising, periklanan online, periklanan daring adalah nama lain dari internet marketing. Di mana kita memasarkan suatu produk atau jasa melalui internet atau dalam jaringan–daring kepada konsumen. Walaupun ini saling berkaitan, tapi istilah menjual di internet adalah salah kaprah. Untuk mengetahui informasi terlengkap mengenai pengetahuan umum lainnya Anda bisa simak di internet.

Nah, untuk Anda pemilik situs belanja online atau online shop, ilmu yang satu ini harus dan wajib Anda ketahui. Yaitu, Internet Marketing. Untuk menjadi internet marketer handal memang tidak mudah, butuh proses yang panjang dan pengalaman. Namun, jika Anda mengetahui caranya, strateginya. Saya yakin, hanya dengan waktu yang relatif singkat Anda bisa menjadi marketer online handal. Perlu digarisbawahi, untuk seorang pemula, tentu ada hal yang menjadi sandungan dalam melakoni pekerjaan ini. Di antaranya adalah produk yang akan dipasarkan kurang menarik minat, kurang tahu dan paham bagaimana melakukan  riset kompetitor yang baik dan benar, dan paling parahnya tidak tahu ber-marketing yang baik. Alias asal-asalan memasarkan produk, yang penting ada barang untuk dipasarkan.

Lalu, langkah apa yang sebaiknya Anda ambil untuk memulai pemasaran internet?

Riset

Kunci utama dalam e-marketing adalah riset. Semua hal pasti dimulai dari riset. Yang dibicarakan dalam dunia bisnis adalah keinginan pasar, bukan hanya keinginan pribadi. Keinginan ini bisa disesuaikan. Anda bisa mulai survei atau riset melalui marketplace. Dari sana, Anda bisa mengecek barang apa saja yang sedang tren sesuai kategori yang dibutuhkan. Dari sinilah Anda memulai riset. Pilihlah kategori yang sesuai keinginan Anda. Lihat produk apa yang menjadi best seller. Lalu cobalah untuk mengikuti jejak menjadi marketer produk tersebut. Fokus pada satu hal saja dulu dan optimalkan. Tidak perlu terburu-buru dengan merambah ke lain kategori. Agar Anda sendiri tidak bingung. Selain dari marketplace, Anda juga bisa riset di Google Trends.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/marketing-online-banyak-istilahnya/

Kompetitor

Riset dibagi menjadi dua, yaitu riset produk serta riset persaingan atau kompetitor. Tujuannya adalah mengetahui siapa saja saingan Anda dalam online marketing. Dari riset ini, Anda mendapatkan gambaran seperti apa saingan Anda, sehingga Anda mampu mengimbanginya atau malah memenangkan persaingan. Cara mudah untuk melihat siapa saja saingan Anda adalah mencari di Google Trends atau marketplace. Bagian penjual atau pemilik akun. Pelajari apa yang mereka tawarkan dan bagaimana cara mereka memprosesnya hingga produk sampai ke tangan pembeli.

Harga. Harga di sini juga mempengaruhi persaingan dalam dunia bisnis pemasaran elektronik. Anda bisa menggunakan leader pricing, sistem menentukan harga lebih rendah dari umumnya atau pasaran dengan keuntungan minim agar konsumen berpindah produk ke tempat Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menaikkan omzet penjualan dan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari sedikit tadi.

Baca Juga :

Pemasaran

Langkah terakhir adalah marketing. Dalam periklanan daring  ada banyak strategi yang bisa Anda pilih dan terapkan untuk menunjang keberhasilan dari pemasaran Anda.

Strategi apa sajakah itu? Bagaimana pengaplikasiannya dalam online advertising?

Marketing with Facebook dan Instagram

Facebook memiliki pengguna aktif terbanyak di dunia.  Oleh karena itu, tidak heran jika Facebook merupakan tempat pemasaran internet yang menjanjikan. Dari sana, Anda bisa membuat fans page dan mengisinya dengan konten-konten yang menarik. Ini bertujuan untuk meningkatkan branding dan awareness, sehingga mampu melonjakkan omset penjualan. Cara lain Anda bisa menggunakan Facebook Ads. Dari Facebook Ads, Anda juga bisa menemukan produk Anda di marketplace. Tidak jauh berbeda dengan Facebook, Anda pun bisa menggunakan Instagram untuk variasi pemasaran.

Brand Logo

Nama dan brand bisa dikatakan akan menjadi identitas produk serta menggambarkan visi sebuah merek. Buatlah desain nama atau logo untuk produk yang Anda pasarkan secara e-marketing dengan nama dan logo yang mudah diingat untuk target marketing Anda.

Channel YouTube

Kini, YouTube memegang peranan tinggi dalam berbagi video. Ditunjang dengan maraknya internet murah, ini menyebabkan pengunjung dan penikmat video makin banyak menengok satu aplikasi ini. Untuk memulai periklanan daring dengan YouTube, Anda harus membuat channels terlebih dahulu di sana. Tentunya isi channels Anda akan berisi video-video ulasan mengenai produk Anda. Untuk menaikkan subscriber, Anda bisa share hal tersebut ke sosial media lain.

Website

Dengan adanya website, pengunjung dapat melihat segala produk Anda dan melihat kualitas dari brand yang Anda pasarkan apakah dibuat secara asal-asalan atau profesional. Buatlah website khusus untuk marketing online.

SEO

Search Engine Optimation adalah optimasi mesin pencari. Di mana website e-marketing Anda berada di posisi teratas halaman pencarian. Caranya dengan melakukan berbagai teknik optimasi untuk diterapkan dalam artikel atau postingan website Anda. Ada tiga hal penting mengenai SEO, yaitu: riset keyword, on page, dan off page optimization.

SEM

Search Engine Marketing. Merupakan salah satu cara mempromosikan website dengan meningkatkan trafik website secara massive pada hasil pencarian SERP. Terutama berkaitan dengan penggunaan iklan atau iklan berbayar (paid ads)  seperti Google AdWords.

Surel Marketing

Menggunakan surat elektronik sebagai media periklanan daring cukup efektif dikarenakan sebagaimana pengguna android pasti akan memiliki email. Mengirimkan pembaharuan terbaru tentang produk Anda melalui email atau melakukan promosi dengan mengirimkan langsung ke calon konsumen. Tentunya di sini, Anda harus pintar untuk menarik perhatian dengan content, jangan sampai email Anda ini dikategorikan spam dan dilaporkan.

Isi Pemasaran

Content marketing. Saat Anda melihat televisi dan menonton tayangan iklan, tidak sedikit pasti kurang suka dengan keberadaannya lantas menggantinya dengan saluran lain. Begitu juga dalam dunia internet merketing, isi adalah raja. Pengunjung akan segera pindah ke website lain jika promosi ada begitu mencolok. Solusinya gunakan content marketing, Anda bukan hanya menjual produk tapi menjual nilai manfaat dan kegunaan produk tersebut. Kelebihan dan kekurangan, ada baiknya kekurangan ini disamarkan. Anda bisa menyajikannya berupa artikel, audio video, presentasi, review, dan lain sebagainya.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/internet-marketing-cara-meningkatkan-profit/

Demikianlah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk seorang internet marketer pemula dalam menjajaki pemasaran internet. Dengan strategi yang tepat, profit yang  Anda capat dapat meningkat sesuai harapan. Setelah pemasaran berjalan, kelola keuangan dengan baik. Dengan strategi yang tepat dan pengelolaan keuangan yang baik, marketing Anda akan berkembang. Jangan lupa, kuncinya, tekun dan tidak mudah putus asa.

shares