Internet Marketing,  4 Cara Efektif Meningkatkan Profit Bagi Ukm

Internet Marketing,  4 Cara Efektif Meningkatkan Profit Bagi Ukm Internet marketing adalah jenis pemasaran yang dilakukan secara online melalui internet baik dalam hal penjualan, branding, promosi, packing maupun dalam hal membina hubungan baik dengan pelanggan secara online. Bagi yang berposisi sebagai owner suatu bisnis, baik itu pemilik bisnis online maupun pemilik bisnis offline. Pastilah ingin agar hasil penjualan mereka bisa terus meningkat dan juga ingin agar merek produk yang dijual menjadi lebih terkenal. Untuk itulah diperlukan media internet sebagai salah satu media. Yang hingga saat ini berfungsi sangat baik untuk memberikan informasi mengenai bisnis yang mereka jalani kepada para pengguna internet.

internet marketing

internet marketing

Selain itu, media internet ini juga digunakan sebagai wadah untuk menjual produk yang mereka miliki. Persaingan untuk meningkatkan profit Inilah yang membuat para pemilik usaha kecil menengah atau yang disingkat UKM. Dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu produk dan juga memasarkannya baik secara offline maupun secara online. Untuk mengetahui informasi pengetahuan umum lainnya Anda bisa simak di internet.

Berikut 4 cara efektif meningkatkan profit bagi UKM:

  1. Memiliki Website Bisnis Online

Hal utama yang perlu dilakukan untuk menerapkan internet marketing adalah dengan membuat website bisnis online. Yang bisa dibuat oleh pemilik UKM sendiri ataupun dengan menyewa jasa pembuatan website. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan dalam membuat website itu sendiri. Peranan website ini sangat berpengaruh pada tingkat kenaikan  profit yang akan dicapai oleh UKM. Karena dengan semakin canggih dan dengan teknologi yang serba modern. Membuat para pengguna internet dengan mudah dapat memenuhi kebutuhannya hanya dengan cara berselancar di dunia maya.

Inilah yang menyebabkan para pengusaha berlomba-lomba mempercantik tampilan website mereka. Agar bisa menjaring lebih banyak para pengguna internet supaya mau masuk ke dalam situs websitenya serta melakukan transaksi disana. Website yang bisa banyak mendatangkan target market memiliki ciri-ciri diantaranya logo yang bisa mewakili isi dari website.

Tampilan website yang cantik, menarik dan dengan warna-warna yang menonjol namun tetap sesuai dengan tema website itu sendiri. Jika para target market sudah masuk ke website. Berikan info yang menarik seputar isi website dan dengan memberikan diskon harga dengan minimal pembelian tertentu. Dengan begitu, para target market tidak akan mencari situs yang lain jika isi dan tampilan website kita sudah dapat memenuhi kriteria para pengguna internet.

2. Media Sosial untuk Promosi

Hal kedua yang perlu dilakukan agar efektif meningkatkan profit bagi UKM adalah dengan melakukan promosi di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube. Sebelum melakukan promosi ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu. Media sosial mana yang cocok untuk mempromosikan produk UKM kita.  Media sosial Instagram lebih banyak diminati oleh para generasi muda. Lebih banyak menonjolkan foto dan video singkat yang menarik dan dengan capture yang menarik pula.

Instagram ini cocok bagi UKM dibidang kuliner dan fashion. Jika ingin bisa mendapatkan target market yang banyak dari pengguna Instagram. Buatlah foto/video yang bisa membuat mereka mau follow akun UKM tersebut. Di Instagram ini para pengusaha UKM masih bisa menawarkan produknya secara langsung. Yaitu dengan mengupload foto/video dan diberi spesifikasi produk serta harga. Berbeda dengan instagram,  Media sosial Facebook lebih disukai hampir di semua kalangan, lebih menonjolkan pada cerita. Sharing ataupun informasi seputar kejadian yang ada disekitar.

Internet marketing

Internet marketing

Untuk bisa melakukan promosi di Facebook tidak diperbolehkan secara hard selling atau secara frontal dengan menuliskan harga dan spesifikasi barang, karena Facebook di tujukan bagi mereka yang hendak menjalin komunikasi dengan orang lain tanpa ada unsur menawarkan barang. Oleh sebab itu jika ingin berpromosi di Facebook, seseorang dituntut untuk bisa menawarkan secara soft selling, baik secara copywriting ataupun storytelling.

Bagi yang mempunyai keahlian dalam pembuatan video, bisa melakukan promosi melalui Youtube yang notabene disukai oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja sampai dengan orang tua. Untuk sebab itu, sebelum melakukan promosi ada baiknya untuk mengenali produk  dan target marketnya terlebih dahulu sehingga promosi yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/marketing-online-banyak-istilahnya/

3. Beriklan Melalui Situs Media Iklan

Ingin menjaring lebih banyak menjaring pengguna internet  sesuai dengan target market  yang efektif meningkatkan profit bagi UKM?. Bisa melakukan promosi melalui situs media iklan yang banyak terdapat di internet, seperti Facebook Ads, SEO, Instagram Ads dan situs-situs yang lain. Hal ini dilakukan agar produk yang ditawarkan bisa semakin optimal. Dan dengan beriklan di situs media iklan bisa meningkatkan traffic pengunjung ke website UKM. SEO (Search Engine Optimization) termasuk promosi yang bisa dilakukan baik secara gratis maupun berbayar.

Namun dikarenakan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi dan membutuhkan keahlian khusus,  membuat para pengusaha lebih memilih untuk menyewa jasa SEO agar website tersebut bisa masuk dalam halaman utama google dari hasil pencarian search engine. Di media sosial seperti Facebook dan Instagram, selain bisa beriklan secara gratis, juga menyediakan jasa untuk meningkatkan traffic dan penjualan, media tersebut dikenal sebagai Facebook Ads dan Instagram Ads. Biaya iklannya akan disesuaikan dengan budget dari para pengusaha itu sendiri, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal sekalipun. Namun tetap ada baiknya untuk melakukan riset lagi, promosi mana yang bisa lebih banyak dalam mendapatkan target market dan bisa menghasilkan penjualan yang tinggi.

  1. Email Marketing

Yang dimaksud dengan email marketing adalah suatu penawaran yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu email. Jenis email marketing ini ada bermacam-macam seperti direct email, retention email atau beriklan di email orang lain. Namun yang perlu diingat adalah, jika hendak melakukan penawaran melalui email, kita tidak boleh menyebarkan spam sehingga membuat pemilik email merasa terganggu. Jika hal tersebut kita lakukan, ada kemungkinan email kita akan di unscribe atau bahkan email kita akan dimasukkan ke dalam daftar spammer.

Dengan melakukan pemasaran melalui online, maka daya jangkau promosi yang Anda lakukan akan menjadi luas dan tidak terbatas, bahkan para konsumen dapat menemukan produk Anda dengan mudah selama mereka mendapatkan akses internet yang cukup baik. Selain itu, melakukan pemasaran melalui online juga akan memberikan kemudahan yang cukup banyak bagi para konsumen.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/sim-card-tak-terdeteksi/

Mulai dari memilih barang, pembayaran serta tidak perlu repot harus datang jauh-jauh ke toko yang Anda inginkan, sebab hanya dengan mengakses toko virtual yang ada, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan yang mereka inginkan. Dengan internet marketing, 4 cara efektif meningkatkan profit bagi UKM ini diharapkan benar-benar bisa menjadi kenyataan asal diterapkan dengan benar.

shares