Cara Meningkatkan Kapasitas RAM pada Komputer agar Lebih Lancar Digunakan

Cara Meningkatkan Kapasitas RAM pada Komputer agar Lebih Lancar Digunakan- Berkembangnya teknologi menuntut pekerjaan dan tugas dikerjakan dengan cepat. Tanpa disadari saat ini masyarakat telah banyak melakukan berbagai kegiatan/pekerjaan menggunakan komputer. Mengerjakan tugas, mendengar musik maupun browsing bisa dilakukan secara bersamaan sehingga lebih menghemat waktu. Dengan semakin banyaknya program dan aplikasi yang dijalankan tersebut terlebih semakin canggihnya berbagai aplikasi yang ada saat ini tentu akan memakan jumlah memori yang tidak sedikit. Hal ini akan sangat berpengaruh pada performa RAM yang mungkin akan membuat penuh memory PC atau komputer yang  digunakan tersebut.

 kapasitas RAM

kapasitas RAM

Apa Itu RAM?

RAM (Random Access Memory) digunakan oleh komputer untuk proses komputasi yang berguna menjalankan program perangkat lunak. RAM menyimpan informasi yang menampilkan data pada layar komputer. Meningkatkan kapasitas RAM membuat daya komputasi komputer menjadi lebih kuat serta dapat menjalankan program yang kompleks dan bekerja dengan berkas berukuran besar. Mungkin kamu pernah mengalami situasi dimana windows memunculkan sebuah peringatan kapasitas memori tinggal sedikit atau mungkin komputer sampai mengalami hang maupun screen freeze.

Berdasarkan definisi RAM di atas, maka dapat disimpulkan bahwa semakin besar kapasitas RAM sebuah komputer maka akan semakin baik pula kinerja komputer tersebut. Bagaimana cara mudah meningkatkan kapasitas suatu RAM? Kamu tidak perlu membeli RAM baru ataupun menggunakan bantuan software. Cara lain seperti membeli flashdisc untuk menambah RAM pun kurang begitu efektif mengingat keterbatasan jumlah memori pada flashdisc itu sendiri dan harganya yang cukup mahal. Yang kamu perlukan adalah ruang bebas atau spasi yang ada pada harddisc tersebut. Istilah ini sering disebut dengan ‘menambah page file‘, ‘menambah virtual memory‘ atau ‘menambah RAM dari harddisc‘.

Mengenal Virtual Memory

Virtual memory merupakan salah satu cara dimana  sistem operasi memberikan sebagian isi dari hard disk komputer untuk dijadikan sebagai memori pembantu yang mendukung performa komputer. Intinya virtual memori menggabungkan RAM komputer dengan ruang sementara pada hard disk. Ketika kapasitas RAM rendah, virtual memory memindahkan data dari RAM ke sebuah ruang yang disebut dengan paging file. Data kemudian bergerak ke dan dari paging file membebaskan RAM untuk menyelesaikan pekerjaannya. Simak informasi terbaru dan telengkapnya di situs pengetahuan umum.

Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat komponen yang mengatur memori virtual yaitu Virtual Memory Manager (VMM) yang memiliki fungsi untuk memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara ini maka setiap proses dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan dan tidak mengganggu kapasitas RAM yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file agar setiap aplikasi 32-bit dapat mengakses memori hingga 4 Gigabyte, meskipun Windows hanya membatasi sekitar 2 Gigabyte.

Jadi, untuk komputer yang memiliki kapasitas RAM kecil ada baiknya memperbesar virtual memori agar tetap dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan memori yang besar terutama untuk game. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbesar virtual memory di Windows XP (Experience) :

  • Klik kanan my Computer, lalu pilih properties
  • Klik tab advanced, Pilih menu settings pada performance,
  • Ada 3 pilihan tab visual effects, advanced dan data execution prevention, lalu pilih advanced
  • Pilih change pada virtual memory, pilih custom size, besarnya virtual memory terserah user
  • Ubah nilai yang di lingkari menjadi lebih besar dari nilai default/ nilai standar.

Setelah selesai menulis angka-nya, jangan lupa untuk pilih SET, kemudian OK. Restart komputer, jika terdapat peringatan bahwa virtual memory rendah, tingkatkan ukuran minimal paging file Windows. Serta menentukan ukuran minimum awal paging file pada jumlah memori akses acak (RAM). Di instal pada komputer ditambah 300 megabyte (MB) dan ukuran maksimum sebesar 3 kali kapasitas RAM pada komputer. Jika terdapat peringatan pada tingkat yang direkomendasikan, maka perlu meningkatkan ukuran minimum dan maksimum.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tutorial-makeup-minimalis-mudah-dipraktikkan/

Sekarang kapasitas RAM sudah berhasil ditingkatkan. Saat RAM habis digunakan untuk membuka berbagai aplikasi, RAM secara otomatis akan menggunakan hard disk yang telah diatur. Komputer akan lebih optimal bekerja tanpa masalah hang, freez atau lainnya.

shares