Cara Mengatasi agar PC Tidak Lemot

Cara Mengatasi agar PC Tidak Lemot! Perangkat elektronik yang masih sering digunakan baik di perkantoran, di kalangan kampus, sekolah bahkan di rumah, salah satunya adalah komputer PC. Banyaknya data yang disimpan pada PC bisa mengakibatkan sistemnya lemot karena memori yang habis terpakai. Sedangkan untuk bisa mempercepat kinerja pada suatu komputer dibutuhkan ruang kosong yang cukup pada hardisk, itu sebabnya diperlukan cara untuk mengatasinya.

PC tidak lemot

PC tidak lemot

Hal pertama yang perlu dilakukan agar PC tidak lemot adalah dengan membersihkan desktop dari berbagai shortcut aplikasi maupun file dan folder. Terkadang kita mencari cara praktis tanpa ribet dalam menyimpan suatu data. Salah satunya adalah dengan cara meletakkan file tersebut pada desktop. Hal ini yang bisa membuat kinerja komputer PC menjadi semakin lemot. Tidak perlu bantuan teknisi kalau hanya sekedar membersihkan desktop karena caranya cukup mudah, tinggal pilih file atau shortcut yang tidak penting, klik kanan lalu pilih delete. Pilih yang benar-benar penting saja untuk diletakkan di desktop. Anda perlu mengetahui pengetahuan umum untuk Anda mengetahui informasi terkini dan terlengkap.

Langkah selanjutnya setelah membersihkan desktop agar PC tidak lemot adalah dengan membuang semua file yang telah masuk di recycle bin. Data yang kita hapus tidak sepenuhnya langsung hilang dari komputer, melainkan tetap tersimpan dengan aman di recycle bin. Hal ini dimaksudkan jika sewaktu-waktu data tersebut dibutuhkan kembali, kita bisa mencarinya di folder recycle bin ini. Atau saat kita salah memilih file yang hendak dihapus, tinggal masuk ke folder recycle bin, pilih file yang akan dikembalikan, lalu pilih restore.

Namun jangan menjadikan hal ini sebagai suatu kebiasaan. Karena seharusnya recycle bin ini adalah folder tempat menampung sampah-sampah digital yang harus kita singkirkan dari komputer. Caranya sama dengan cara membersihkan desktop, tinggal pilih yang akan dibuang secara permanen, klik kanan lalu pilih delete. Nanti akan muncul pertanyaan apakah sudah yakin akan membuang file tersebut secara permanen, lalu pilih “ya”. Lakukan hal ini secara berkala agar tidak memenuhi ruang memori yang bisa mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat.

Dengan semakin canggihnya teknologi, semakin banyak pula software atau aplikasi yang ditawarkan baik yang berbayar maupun yang gratis. Dan sudah menjadi kebiasaan pula bagi kita untuk mendownload semua aplikasi yang pernah kita lihat di internet. Misalnya aplikasi cara mengedit foto, cara membuat video, mp3 cutter dan lain-lain. Kebiasaan yang seperti inilah yang seharusnya dikurangi agar komputer PC tidak lemot. Karena aplikasi atau software yang kita download belum tentu berguna bagi kita. Bahkan tak jarang kita juga tidak paham bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Jadi, tunggu apalagi, buanglah aplikasi yang tidak terpakai dan hanya membuat penuh memori. Cara menghapus atau uninstall aplikasi adalah, buka control panel, pilih menu “uninstal program”, kemudian pilih aplikasi yang akan kita hapus, klik menu uninstall, tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara berikutnya agar PC tidak lemot adalah dengan menghapus temporary files, yaitu file yang bersifat sementara yang tersimpan secara otomatis saat file tersebut sedang dibuat. Temporary files ini berguna untuk back up saat komputer terhenti secara tiba-tiba. Sebenarnya, file temporary ini akan terhapus secara otomatis jika file tersebut sudah berhasil di save oleh si pembuatnya. Namun terkadang, ada saatnya file temporary ini tetap ada walaupun file tersebut sudah selesai dikerjakan dan di save pada folder tertentu. Agar keberadaan temporary file ini tidak menjadi sebab lemotnya komputer. Ada baiknya untuk dilakukan pembersihan secara berkala juga. Caranya adalah dengan klik windows explorer, ketik C:\Users\\AppData\Local\Temp, lalu pilih semua file atau tekan ctrl “A” kemudian klik kanan dan pilih “delete”.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/tutorial-makeup-minimalis-mudah-dipraktikkan/

Bagi para pengguna komputer PC, ada baiknya untuk mempelajari tutorial mengatasi agar PC tidak lemot sehingga jika sewaktu-waktu PC yang digunakan menjadi lemot. Tidak perlu repot untuk memanggil teknisi lagi. Tinggal ikuti langkah-langkah yang ada pada tutorial tersebut sudah bisa mengembalikan kinerja komputer seperti semula. Untuk data-data yang tidak terlalu penting, sebaiknya disimpan di flashdisk atau hardisk external agar tidak memenuhi ruang memori pada komputer.

shares