Cara Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot! Saat ini pemakaian smartphone android sudah menjadi kebutuhan primer bagi pemiliknya. Mempunyai smartphone android seperti memiliki asisten tidak bernyawa yang bisa menampung dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Mulai dari menyimpan data kontak, membuka email, mencari informasi penting dengan koneksi internet, transaksi perbankan, mendengarkan musik, menonton video streaming sampai dengan menggunakan smartphone dengan tujuan fotografi. Banyaknya kemampuan yang dimiliki oleh sebuah smartphone android ini mengakibatkan kinerjanya menjadi lemot. Itu sebabnya beberapa vendor sudah mulai mengembangkan smartphone dengan kapasitas RAM yang besar.

Android Lemot

Android Lemot

Namun, berapapun besarnya RAM pada smartphone android, jika tidak dibersihkan secara berkala tetap akan menyebabkan lemot. Misalnya saat membuka salah satu aplikasi atau saat hendak berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain proses loadingnya lama, tentu hal ini membuat pemilik smartphone menjadi jengkel. Salah satu cara mengatasi android lemot adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai. jika ingin mengetahui informasi terbaru dan terlengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Kebanyakan pengguna smartphone android sering mendownload aplikasi yang banyak ditawarkan di playstore walaupun aplikasi tersebut jarang dipakai. Data aplikasi tersebut  otomatis memakan ruang memori pada smartphone yang menyebabkan kinerjanya menjadi lambat. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang memang sudah tidak dipakai. Pengguna smartphone tinggal mendownloadnya kembali jika suatu saat hendak menggunakan aplikasi itu kembali.

Hobi pemilik smartphone android yang tanpa sadar bisa menyebabkan android lemot adalah sering mendownload lagu atau film yang otomatis akan tersimpan di folder download. Jika file tersebut tidak dihapus atau dipindahkan ke SD card atau penyimpanan eksternal, hal ini bisa membuat kinerja android semakin berat. Cara menghapus file adalah masuk ke file manager, klik penyimpanan internal/telepon, klik folder download, pilih file yang akan di hapus, klik delete. Jika hendak memindahkan file ke penyimpanan eksternal hampir sama caranya dengan menghapus file, yaitu masuk ke file manager, klik penyimpanan internal/telepon, klik folder download, pilih file yang akan di pindah, klik memotong, klik penyimpanan eksternal, pilih folder yang akan digunakan untuk menyimpan file, klik “sisipkan”.

Cara lain agar smartphone android tidak lemot adalah dengan memastikan SD card yang ada pada smartphone dalam kondisi baik. Jika diperlukan SD Card bisa di format ulang, namun sebelumnya  data yang ada pada SD card harus di back up dengan cara dipindahkan ke laptop atau komputer. Mengatasi android lemot juga bisa dengan cara mengupdate software setiap ada pemberitahuan update software. Update ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki masalah yang timbul dari sistem yang sebelumnya. Walaupun terkadang setelah dilakukan update software justru menimbulkan masalah, namun yang pasti pihak pengembang tidak akan membiarkan sistem itu akan rusak selamanya. Jadi sering-seringlah melakukan cek pada smartphone apakah ada pemberitahuan untuk update software atau tidak.

Smartphone android lemot bisa membuat pengguna jadi emosi. Cara lain untuk mengatasinya bisa dengan menghapus cache. Walaupun cache ini mempermudah pengguna. Namun jika dibiarkan menumpuk tetap saja akan membuat kinerja android menjadi lambat. Cara menghapusnya adalah masuk ke pengaturan, klik aplikasi, pilih aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, lalu klik clear cache.

Cara paling terakhir mengatasi android lemot adalah dengan mengembalikan setelan smartphone ke pengaturan pabrik atau factory reset. Yang artinya, semua kontak, file, maupun akun yang pernah ada akan hilang tanpa bekas dan kondisi smartphone akan sama seperti saat pertama kali keluar dari pabrik. Ini adalah langkah terakhir jika semua cara sudah dilakukan agar smartphone tidak lemot. Yang perlu diingat adalah, back up dulu semua data baik itu email. Dan passwordnya serta data kontak agar bisa dimasukkan lagi ke smartphone android. Yang sudah di kembalikan setelannya ke pengaturan pabrik. Serta pastikan bahwa Sim card dan SD card dalam kondisi dicabut agar data yang ada tidak ikut hilang terkena reset.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/menghapus-aplikasi-bawaan-pada-smartphone/

Dengan mengetahui cara mengatasi android lemot. Diharapkan pengguna dapat memperbaiki sendiri smartphone android yang dimilikinya tanpa harus diserahkan ke jasa service. Jika kondisi smartphone sudah parah, jalan terbaik adalah di set ke pengaturan pabrik.

shares