Burung Alap-alap, Si Burung Tercepat di Dunia

Burung Alap-alap, Si Burung Tercepat di Dunia. Biasanya, burung yang hinggap di sawah memakan biji-bijian. Namun, ada perbedaan dengan burung alap-alap. Burung ini memakan daging tikus, dan sebangsa hewan kecil di sawah. Perlu diketahui juga, hewan ini adalah sahabatnya pak tani.

Burung Alap - Alap

Burung Alap – Alap

Sekilas, alap-alap terlihat mirip dengan elang atau rajawali. Akan tetapi jika diperhatikan benar-benar, burung alap-alap datang dari famili yang berbeda. Alap-alap datang dari famili Falconidae sedangkan elang merupakan anggota Acciptriadae. Namun, kesamaan dari kedua burung ini adalah mereka sama-sama memakan daging dan mereka kerap memangsa tikus yang merusak tanaman pak tani. Oleh karena itu, alap-alap ini sahabat pak tani dalam memberantas tikus. Namun, tahukah kalian bahwa alap-alap ini memiliki empat jenis? Salah satunya memecahkan rekor sebagai makhluk dan burung tercepat di dunia. Untuk mengetahui informasi terlengkapnya Anda perlu mengetahui pengetahuan umum.

Jenis burung alap-alap yang saya maksud adalah alap-alap kawah. Ia memiliki nama latin Falco Paregrinus. Kalau dalam bahasa Inggris disebut Paregrine Falcon. Mangsa utama burung ini adalah aneka burung berukuran sedang, seperti Merpati dan kerabatnya, nuri, jalak, bahkan ayam. Burung-burung ini—merpati, nuri, jalak—biasanya diburu pada saat sedang terbang. Bukan hanya sebangsa unggas, alap-alap juga memangsa hewan-hewan lain, seperti kelinci, kelelawar, serangga, ular, kadal dan ikan.

Burung alap-alap memiliki karakteristik berukuran besar, dengan panjang sekitar lima puluh sentimeter. Bulunya berwarna hitam, kelabu dan biru. Paruhnya besar berwarna kuning dengan ujung hitam dan lancip. Alap-alap memiliki ekor yang pendek. Bulu di dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung alap-alap betina serupa, tetapi biasanya ukuran dan paruhnya lebih besar dari burung jantan.

Burung alap-alap kawah diketahui sebagai salah satu makhluk dan burung tercepat di dunia. Ketika ia mengepakkan sayap terbang mengejar mangsanya, burung ini dapat mencapai kecepatan 390 km per jam. Gaya terbangnya cepat dan akrobatis. Selain itu, alap-alap mempunyai penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2,6 kali lebih jitu dari penglihatan manusia.

Nah, perlu kalian ketahui. Burung alap-alap kawah memiliki sembilan belas subspesies. Yang tersebar di seluruh belahan bumi. Tak terkecuali di Indonesia, hampir di setiap daerah pasti ada burung alap-alap ini. Perkecualian di Antartika, saya yakin di sana tidak ada habitat burung ini karena cuacanya. Burung ini termasuk burung imigran. Hampir semua subspesies alap-alap di belahan bumi utara bermigrasi pada saat musim dingin ke daerah yang bercuaca lebih hangat. Termasuk Falco peregrinus calidus dari Asia utara yang melakukan migrasi ke wilayah-wilayah pesisir dan dataran rendah di kepulauan Sunda Besar.

Salah satu spesies burung alap-alap yang tidak melakukan migrasi atau disebut ras penetap (non-migran) yaitu elang peregrine dan F.p. ernesti. Burung ini dijumpai di pegunungan-pegunungan di Sumatera utara, Sumatera barat, Kalimantan utara, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Ambon, Ternate, Papua dan beberapa pulau di sekitarnya. Ras ini memiliki warna yang lebih gelap di dada dan jarang ditemukan oleh manusia.

Spesies burung alap-alap mempunyai daerah sebaran yang cukup luas. Beberapa dari subspesies terancam hilang habitatnya dikarenakan penggunaan pestisida dan kontaminasi di alam. Alap-alap kawah memiliki status Beresiko Rendah di IUCN Red List dan didaftarkan dalam CITES Appendix I.

Perbedaan burung alap-alap dengan elang alap terletak di ciri fisiknya. Selain itu, burung alap-alap juga dapat dilatih sejak kecil dengan penuh kesabaran. Sehingga, banyak yang memeliharanya untuk dilatih memangsa tikus. Nah, saya tadi menyebutkan bahwa alap-alap memiliki empat jenis. Jenisnya yaitu:

Alap-alap Capung

Burung alap-alap ini memiliki nama latin Microhierax fringillarius. Jika alap-alap kawah memecahkan rekor sebagai hewan tercepat, alap-alap capujg memiliki rekor burung karnivora terkecil di dunia. Alap-alap Capung banyak ditemukan di Asia Tenggara dengan ukuran tubuh sebesar lima belas sentimeter dengan berat hanya 35 gram saja.

Alap-alap Kawah

Alap-alap Macan

Burung alap-alap macan memiliki nama latin Falco severus. Burung ini merupakan burung pemakan serangga, burungnya kecil tetapi lebih besar daripada alap-alap capung. Ia memiliki habitat di hutan dataran rendah atau kebun campuran. Penyebaran burung ini ada di Asia dengan iklim tropis termasuk Indonesia dan Kep. Solomon. Di Indonesia, penyebarannya ada di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Ciri-ciri burung ini bertubuh berukuran kecil sekitar 25 sentimeter.

Alap-alap Sapi (Falco moluccensis)

Burung sapi memiliki nama latin Falco moluccensis. Merupakan burung pemakan mamalia kecil, kelelawar, burung, kadal, serangga yang memiliki habitat di daerah terbuka di semua ketinggian, seperti kebun, tegalan, tepi hutan, atau perkotaan. Ciri-ciri burung ini berukuran sebesar 30 sentimeter.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/jenis-ikan-cupang-hias-imut/

Nah, itulah burung alap-alap, di daerah kalian, adakah burung ini? Burung ini sahabat pak tani, dipelihara dan dilatih untuk memangsa tikus. Kalau kalian pecinta hewan, burung ini juga banyak dikembangbiakkan. Boleh loh memanfaatkan burung ini untuk menangkap tikus di rumah, asal di bawah pengawasan kalian.

shares