Beginilah Perkembangan Gamis Di Indonesia yang Perlu Diketahui.

Beginilah Perkembangan Gamis Di Indonesia yang Perlu Diketahui. Dewasa ini, gamis sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih, Indonesia sendiri merupakan negara dengan mayoritas rakyatnya adalah penganut agama islam, jadi tidak heran jika baju ini sangat mudah ditemukan.

Perkembangan gamis

Perkembangan gamis

Gamis sendiri merupakan baju tradisional khas timur tengah yang biasa dipakai untuk perempuan Arab untuk menutupi pakaian mereka. Baju ini menutupi seluruh badan, kecuali wajah, kaki dan telapa tangan. Di timur tengah sendiri, pakaian ini biasanya berwarna putih. Namun, di Indonesia lazim dijumpai dengan warna-warna yang cerah, seperti merah muda, ungu, orange dan sebagainya. Anda perlu mengetahui pengetahuan umum untuk informasi terbarunya.

Sebagian orang mungkin mengetahui darimana sejarah gamis ini berasal dan bagaimana perkembangannya di Indonesia, namun tidak semua mengetahuinya. Nah, di sini kita akan membahas sejarah dan perkembangannya di Indonesia serta macamnya.

Sejarah gamis

Sebenarnya asal-usul gamis tidak jelas, namun kebanyakan orang percaya bahwa gamis mulai ada sekitar 4000 tahun yang lalu dan perkembangannya baru nampak ketika islam mulai berjaya, yaitu sekitar abad ke-7. Awalnya, baju ini digunakan untuk membedakan kelas sosial. Namun seiring berjalannya waktu tujuan ini sudah berubah dan lebih kepada syariat agama.

Perkembangan gamis di Indonesia

Perkembangan baju gamis di suatu negara biasanya selalu diikuti dengan budaya atau tradisi lokal. Di Indonesia sendiri yang mayoritas rakyatnya beragama islam tentulah memudahkan perkembangan pakaian ini. Terlebih, seiring dengan perkembangan waktu banyak sekali model-model terbaru dari pakaian ini.

Perkembangan industri dari gamis sendiri mulai dilirik oleh produsen dari luar. Sehingga, keadaan pasar yang meroket ini tentu tidak lepas dari berbagai motif yang sangat inovatif dan para desainer serta konsumen yang selalu saja mencari model-model terbaru dari pakaian ini.

Perkembangan gamis di Indonesia sendiri mengalami kemajuan yang sangat pesat, bahkan banyak pengamat dunia fashion yang memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi pusat produksi dunia beberapa tahun ke depan.

Keadaan ini tentu menaikkan pamor gamis, karena telah berhasil merebut hati semua kalangan. Dari mulai kalangan kelas bawah maupun kelas atas. Hal ini pula yang mendorong para desainer untuk menghasilkan rancangan baju ini yang berbeda dari tahun ke tahun.

Perkembangan gamis

Perkembangan gamis

Macam-macam gamis

Seperti yang dibicarakan di aas, bahwa gamis sendiri awalnya hanya berwarna putih saja. Namun, berbeda di Indonesia, baju ini biasanya lebih berwarna. Sehingga banyak orang yang suka dengan baju ini.

Perkembangan trend gamis di Indonesia sudah melesat jauh, terbukti dari seringnya kita melihat para wanita memakai baju ini. Dari mulai pergi ke pesta sampai ke kantor pun pasti ada. Perkembangan yang cepat ini, berimbas ada perkembangan mode. Beberapa produsen mulai menggabungkan model dasar baju muslim dengan model busana dari luar negeri.

Melihat dari data tersebut, berikut akan dibahas macam-macam gamis yang selalu punya tempat di hati para pencintanya.

Gamis untuk sehari-hari

Bagi Anda yang memang suka memakai baju gamis dalam keseharian, biasanya lebih suka memakai baju yang simple dan tidak banyak aksesoris dengan memakai jilbab yang simple pula. Biasanya, banyak bahan yang sangat nyaman digunakan dalam keseharian. Seperti bahan siffon yang terkenal dengan karakter halus dan tentunya membuat Anda nyaman menjalani keseharian Anda.

Gamis kantor

Model gamis ini biasanya memiliki warna yang lebih monochrome, seperti hitam, biru atau putih. Aksesoris yang biasanya digunakan pada baju ini adalah ikat pinggag dan jang mini agar terlihat lebih formal. Potongan baju ini biasanya lebih simple dan praktis agar mudah beaktivitas.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/macam-macam-busana-muslim-wanita/

Gamis pesta

Biasanya gamis model ini memiliki warna yang cerah dengan perpaduan corak tertentu. Aksesoris yang digunakannya pun lebih fasionable, namun sesuai dengan porsinya. Model baju ini biasanya berbentuk rok lebar atau gaun dari bahan sutra atau kain mengkilat lainnya

Sejarah yang sangat panjang dan perkembangan di Indonesia yang begitu pesat, membuat perkembangan  gamis menjadi pakaian favorit setiap wanita. Terlebih dengan model-model keluaran terbarunya yang sangat cocok digunakan dalam setiap acara apapun.

shares