Baju Muslim Terpopuler Saat Ini

Baju Muslim Terpopuler Saat Ini! Cara berbusana seseorang biasanya mencerminkan kepribadian orang tersebut. Kaum wanita saat ini banyak yang memakai busana muslim. Dulu model baju muslim masih sedikit dan kebanyakan digunakan oleh kaum ibu rumah tangga. Namun kini sudah banyak model dan variasinya. Dengan banyaknya model dan variasi yang menarik mempengaruhi keinginan kaum wanita untuk tampil cantik namun tetap menutup aurat.

Busana Muslim

Busana Muslim

Baju muslim sekarang ini tidak hanya dikenakan pada saat pengajian atau hari besar keagamaan saja. Baju muslim juga sudah banyak dikenakan sehari-hari. Terdapat banyak model baju muslim yang khusus dibuat untuk bekerja, sekolah, ataupun yang khusus dibuat untuk acara resmi seperti pernikahan atau pesta lainnya. Untuk mengetahui informasi terbaru Anda harus mengetahui pengetahuan umum terlebih dahulu.

Sekarang ini banyak baju muslim yang mengumbar aurat, misalnya perpaduan blouse muslim dengan celana jeans yang ketat. Jika baju yang dikenakan seperti ini, maka baju tersebut kehilangan fungsi yang optimal untuk menutup aurat.

Berikut ini merupakan kesalahan yang dilakukan oleh muslimah di Indonesia dalam mengenakan baju muslim. Yaitu:

Tidak menutup aurat secara sempurna

Banyak baju muslim yang ada saat ini tidak menutup aurat secara sempurna, namun terdapat celah yang masih memperlihatkan aurat walaupun hanya sedikit. Yang dimaksud aurat wanita yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Aurat wanita yang sering ditampakkan dalam mengenakan baju muslim yang salah antara lain:

Rambut

Baik rambut yang terurai ke depan atau belakang, maupun sekitar daerah telinga tidak boleh sampai terlihat.

Leher

Baik karena jilbab yang diterpa angin ataupun jilbab yang terlalu pendek.

Lengan

Sebagian muslimah menggunakan baju muslim berlengan panjang tanpa mengenakan decker. Hal itu menyebabkan ada bagian lengan yang terlihat saat tangan digerakkan. Padahal dari ujung bahu hingga pergelangan tangan termasuk aurat yang tidak boleh terlihat.

Kaki

Wanita diperintahkan untuk menjulurkan pakaiannya sampai melebihi mata kaki, namun banyak wanita yang berpakaian lebih tinggi dari mata kaki, sehingga nampak bagian kakinya mulai dari sebagian betis hingga punggung kaki. Padahal semua bagian kaki termasuk aurat yang tidak boleh terlihat. Maka dari itu, dianjurkan untuk memakai baju yang panjangnya melebihi mata kaki, atau mengenakan kaus kaki yang tebal.

Jilbab terlalu pendek

Sungguh sangat mengherankan melihat sebagian muslimah yang sudah menyadari tentang kewajibannya menutup aurat, tapi di dalam hati masih memiliki keinginan untuk menampakkan bagian tubuhnya agar terlihat indah di mata lelaki. Sehingga mereka memakai jilbab terlalu pendek, sekadarnya saja. Bahkan kadang mereka hanya memakai jilbab sepanjang leher sehingga bagian dada tidak tertutupi jilbab. Ini merupakan sebuah kesalahan fatal dalam mengenakan baju muslim.

Busana Muslim

Busana Muslim

Panjang jilbab yaitu sampai seluruh tubuh sedangkan panjang khimar yaitu sampai menutupi bagian dada. Perlu diketahui bahwa makna jilbab dalam pengertian syariat merupakan kain yang dikenakan oleh kaum wanita di atas pakaian yang ia kenakan. Dengan kata lain, jilbab merupakan pakaian luar yang dipakai oleh seorang muslimah. Misalnya ada seorang muslimah yang memakai gamis kecil dan rok terusan dilapisi gamis panjang sampai kaki plus kerudung syar’i yang panjang di atasnya. Maka, yang disebut jilbab yaitu gamis panjang dan kerudung panjang. Sedangkan yang dimaksud khimar yaitu kerudung kecil yang dikenakan di dalam jilbab.

Ketat

Baju muslim dikatakan ketat apabila dapat menggambarkan bentuk anggota tubuhnya. Banyak muslimah yang belum memahaminya. Baju ketat bukanlah kain yang menempel dengan erat dikulit, namun termasuk juga baju yang agak longgar tapi masih bisa menggambarkan bentuk tubuh. Seperti pada beberapa baju gamis muslimah yang terdapat belahan pada bagian pinggulnya sehingga apabila dikenakan masih dapat memperlihatkan lekuk pinggang, pinggul ataupun siluet dari si pemakai. Termasuk ketat juga jilbab yang terdapat karet ataupun ikatan di bagian leher, karena pada saat digunakan bisa menggambarkan bentuk kepala, leher dan bahu.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/tempat-wisata-di-lombok/

Memakai jaket di luar jilbab juga merupakan suatu kesalahan yang banyak dilakukan oleh para muslimah yang sudah mengenakan jilbab lebar. Hal demikian menyebabkan hilangnya fungsi jilbab yang menutupi bentuk tubuh bagian atas kita. Dengan memakai jaket di bagian luar jilbab, maka bisa memperlihatkan bentuk tubuh, yaitu bentuk siluet, bahu, lengan, dan lekuk pinggang. Solusinya yaitu dengan memakai jaket di dalam jilbab.

Demikian pembahasan mengenai kesalahan yang dilakukan oleh muslimah di Indonesia dalam mengenakan baju muslim. Semoga bermanfaat.

shares