8 Hal yang Harus Dihindari Saat Belajar Internet Marketing

8 Hal yang Harus Dihindari Saat Belajar Internet Marketing  – Saat Anda memulai mencoba internet marketing, maka akan ada banyak hal yang ditemui. Biasanya para pemula belum mengetahui kalau beberapa hal harus dihindari sehingga membuatnya gagal dalam bisnisnya. Berikut 8 hal yang harus Anda hindari saat mulai berkutat internet marketing.

belajar internet marketing

belajar internet marketing

  1. Tidak Memasarkan Situs yang Anda Miliki

Saat bisnis Anda tidak mempromosikan atau tidak memasarkan website maka secara otomatis akan berdampak kurangnya traffic atau bahkan sama sekali tidak ada. Jika traffic tidak bagus, maka Anda akan cepat lenyap dari dunia digital. Pengunjung website akan berkurang dan lama-lama menghilang. Saat belajar internet marketing sebaiknya Anda lebih gencar dalam promosi dan menggunakan website dengan sebaik mungkin. Pemasaran situs web sangat penting bagi keberhasilan bisnis yang sedang Anda jalani.

  1. Memiliki Harapan yang Tidak Realistis

Masalah umum lainnya yang harus Anda hindari yaitu harapan dan tujuan yang tidak realistis. Pemilik bisnis biasanya menetapkan tujuan yang tidak realistis mengenai target pemasaran online atau produk yang dimiliki melalui internet. Ketika belajar internet marketing, seorang pebisnis sebaiknya tidak mengharapkan kesuksesan dengan instan bahkan dalam semalam. Target pemasaran bisa diperoleh dengan banyak usaha dan ketekunan.

Seorang pebisnis seharusnya tidak mengharapkan kesuksesan dalam waktu semalam untuk sebuah situs start-up. Pemasaran membutuhkan investasi uang, waktu dan kerja keras. Tidak ada jalan pintas atau trik untuk memperoleh traffic tinggi dalam semalam. Apalagi Anda baru belajar internet marketing.

  1. Melakukan Pemasaran pada Semua Orang

Kesalahan sebuah perusahaan biasanya berada pada jumlah pengunjung saat menganalisis traffic yang masuk ke situs web. Jika Anda memiliki traffic yang meningkat, pikirkan juga tujuan pemasaran Anda menyasar siapa saja.  Anda butuh pengunjung yang bisa dikonversi menjadi pelanggan. Jika sudah merujuk ke pengunjung yang ‘benar’ maka Anda harus memasarkan niche bukan demografis. Hal ini sangat penting saat belajar internet marketing. Fokuslah pada pemasaran yang mampu mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

  1. Tidak Memiliki Mitra yang Tepat

Jika Anda belajar internet marketing dengan benar dan mengaplikasikan ilmu Anda, maka semakin hari akan semakin kompleks. Ada banyak faktor dan komponen yang berbeda. Pada intinya, Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Oleh karenanya dibutuhkan adanya ahli di berbagai bidang. Hal ini juga dikarenakan banyak data yang harus Anda olah dan proses. Tenaga tidak bisa dikuras di bagian tersebut saja. Sehingga sebaiknya perbanyak mitra sesuai dengan tugas masing-masing.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/sejarah-lengkap-android-beserta-perkembangannya/

Bisnis yang efisien dan memiliki progress pemasaran yang baik Anda harus melibatkan beberapa mitra pemasaran yang tepat di situs web. Pilih mitra yang sudah tidak belajar internet marketing. Mitra yang Anda butuhkan yaitu orang-orang yang ahli mengolah web. Mitra yang profesional dan memiliki riwayat pemasaran dapat mendapatkan hasil yang bagus. Orang yang kompeten dan memiliki alat adalah yang Anda butuhkan.

  1. Meremehkan Biaya Pemasaran

Jangan sampai meremehkan biaya pemasaran. Mungkin saat pertama belajar internet marketing biaya akan menjadi hal yang sepele. Namun jika bisnis yang Anda geluti sudah besar maka mulai lakukan rencana dan fokus dengan usaha Anda. Jenis pemasaran yang tidak butuh biaya itu sangat mustahil. Paling tidak Anda butuh biaya iklan, seperti mesin optimasi pencari dan membeli domain, hosting, dan lain sebagainya.

Dalam membangun situs diperlukan anggaran yang cukup agar bisnis yang Anda jalankan memiliki arah dan target. Misalnya Anda ingin target berapa pelanggan dalam satu bulan, bahkan setahun. Hal ini harus dirancang, misal Anda menabung maupun meminjam di koperasi dan lainnya. Intinya, biaya harus ada dalam belajar internet marketing dan membangun sebuah web.

  1. Bergantung pada Iklan Berbayar

Memang iklan berbayar memiliki manfaat yang cukup, tapi Anda tidak bisa bergantung hanya pada iklan ini. Semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama dengan iklan berbayar, pertama harganya mahal dan Anda akan menemukan bahwa ada alternative yang lebih murah untuk mendapat return on investment. Iklan berbayar tidak memiliki manfaat residual dalam jangka panjang. Jika Anda belajar internet marketing dengan detail, maka Anda akan paham

Anda bisa melakukan investasi dalam berbagai strategi seperti pemasaran inbound yang mencakup SEO, media sosial maupun email. Beberapa metode pemasaran memerlukan waktu untuk bisa mencapai hasil yang Anda inginkan. Namun, hasil traffic berlawanan secara singkat dan sporadis yang ditawarkan. Sebaiknya belajar internet marketing jangan setengah-setengah agar tahu banyak hal yang berpengaruh pada web.

Iklan berbayar memang tetap Anda butuhkan. Hal ini karena Anda juga butuh waktu untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda. Iklan ini bisa menjadi alternative sementara yang cukup cepat. Selain itu, jika Anda memiliki anggaran untuk membeli iklan ini maka tidak ada salahnya. Selama menunjukkan ROI, iklan bernayar masih bisa Anda pakai. Biasanya iklan berbayar pasti dipakai oleh para pemula yang belajar internet marketing.

  1. Tidak Mengukur Hasil dari Pemasaran

Bisnis apa pun harus tidak boleh mengabaikan perhitungan. Hal ini juga merupakan salah satu cara mengetahui teknik internet marketing Anda berbuah baik atau tidak. Banyak bisnis yang melakukan kesalahan ini dan secara bersamaan menuangkan ke berbagai pemasaran. Strategi pemasaran secara ekstrem dan tanpa mengukur tingkat pengembalian investasi merupakan bisnis yang mengerikan karena akan membuat uang belanja perusahaan terkuras tanpa menghasilkan.  Belajar internet marketing yang baik yaitu dengan menerapkan kendali dalam perhitungan yang akurat.

Kesalahan umum lainnya yang disepelekan yaitu hanya melihat traffic atau keseluruhan prospek atau penjualan tanpa pemahaman yang dalam tentang cara kampanye pemasaran. Anda harus belajar internet marketing terutama dalam perhitungan yang dilakukan terhadap web Anda.

  1. Tidak Memiliki Rencana Pemasaran

Hal yang harus dihindari selanjutnya yaitu rencana pemasaran yang belum siap. Poin ini salah satu kesalahan yang cukup fatal. Anda jangan sampai melakukannya sehingga perlu adanya belajar internet marketing. Rencana pemasaran dibutuhkan untuk mengukur tujuan yang akan dicapai. Sehingga web yang Anda miliki bisa memiliki traffic yang meningkat.

Tanpa adanya rencana pemasaran, bisnis Anda sama saja tidak memiliki daya dorong, bahkan tidak berputar. Strategi yang tidak direncanakan sama halnya membunuh bisnis Anda sendiri. Efek yang akan ditimbulkan yaitu terasa nanti saat tengah perjalanan pembangunan web Anda. Hal ini sama buruknya belajar internet marketing tanpa ada progres yang terlihat. Semuanya hanya akan sia-sia.

Sebaliknya, rencana pemasaran harus komprehensif sehingga membantu mengarahkan Anda pada aktivitas pemasaran yang tertata, membantu mengukur keberhasilan dan kegagalan dan akan memastikan bahwa Anda memperoleh hasil maksimal dari sumber daya yang ada. Rencana pemasaran yang menggabungkan perencanaan jangka panjang dengan eksekusi jangka pendek akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang baik. Sehingga belajar internet marketing Anda bisa berguna dan memiliki impact pada bisnis Anda sendiri.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/manfaat-internet-marketing-kesuksesan-bisnis/

Itulah delapan hal yang harus Anda hindari sebagai pemula yang belajar internet marketing. Anda bisa mengeksplor dengan bertanya kepada orang yang sudah memiliki pengalaman melebihi Anda. Selebihnya, semua akan berimbas dengan web yang Anda bangun dan tentu saja bisnis yang Anda pasarkan.

shares