15 Wisata Batu Malang yang Wajib untuk Dikunjungi

15 Wisata Batu Malang yang Wajib untuk Dikunjungi! Akhir tahun 2018 ini bertepatan dengan libur panjang sekolah dan kampus. Hal ini menyebabkan banyak tempat wisata yang pengunjungnya membludak. Bahkan reservasi hotel juga terpaksa menolak karena sudah full booking. Buat yang suka travelling bisa mencoba ke  ke wisata Batu Malang yang ada di Jawa Timur. Di Kota Batu Malang ini ada berbagai macam tempat yang bisa dikunjungi, mulai dari taman bunga, tempat agrowisata, situs budaya, spot foto yang instagramable, sampai dengan air terjun dan situs bersejarah.  Berikut tempat wisata di kota Batu Malang yang wajib untuk dikunjungi :

Wisata batu

Wisata batu

Taman Wisata Selecta

Jika dulu Taman Selecta identik dengan wisata Batu Malang yang menyediakan kolam renang dengan taman bunga di beberapa lokasi bebatuan. Kini Taman Selecta menawarkan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik. Wahana yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji ini semakin tampak indah dengan dominasi aneka warna bunga dari berbagai jenis dan bentuk, sangat cocok bagi anda yang suka selfie. Untuk informasi terbaru Anda perlu mengatahui pengetahuan umum lainnya di internet.

Berbagai wahana menarik yang ditawarkan selain taman bunga yang cantik adalah Sky Bike, dimana pengunjung dapat menikmati keindahan taman bunga dari atas sambil duduk di wadah berbentuk bulat untuk 2 penumpang sambil mengayuh pedal seperti naik sepeda. Ada juga flying fox bagi yang suka memacu adrenalin, waterboom anak, kora-kora, berkuda, perahu bebek dan beberapa wahana lainnya yang membuat Taman Selecta menjadi tempat yang asik untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Daya tarik wisata Batu Malang selain dari wahananya yang menarik, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Selecta juga banyak, diantaranya adalah yang area parkir yang luas. Mulai dari sepeda motor, mobil sampai bus bisa parkir dengan aman dan nyaman di sini. Toilet yang bersih juga tersedia dengan jumlah yang cukup jika ada pengunjung yang hendak buang air besar atau buang air kecil. Tidak jarang malah ada pengunjung yang sengaja mandi karena ingin merasakan sensasi dinginnya air pegunungan.

Sambil berpetualang, kita tetap bisa menjalankan ibadah dengan tepat waktu lho. Di bagian selatan Taman Selecta disediakan mushola bagi para muslim yang mau menunaikan ibadah. Tidak usah kuatir kelaparan kalau berada di Taman Selecta, disana tersedia food court dengan berbagai macam menu yang bisa dipilih, mulai dari bakso, soto sampai jagung bakar juga tersedia disana. Ada pula restoran dengan pemandangan taman bunga yang memberikan kesan romantis.

Apa Tempat paling Asyik Untuk mengetahui Pemandangan?

Paralayang Batu Malang

Bagi penikmat wisata ekstrim, Paralayang Wisata Batu Malang ini wajib untuk dikunjungi. Merupakan salah satu wisata yang menawarkan keindahan kota Batu dari ketinggian dengan didampingi oleh instruktur yang disediakan oleh pihak pengelola. Berhubung kegiatan yang cukup memacu adrenalin ini bergantung pada cuaca dan angin yang menyebabkan wahana ini tidak setiap saat bisa terbang. Namun jangan kuatir, Paralayang yang berlokasi di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur ini juga menawarkan spot foto yang keren. Dari sini kita bisa menikmati keindahan saat malam tiba dengan kerlap-kerlip lampu yang menerangi kota. Atau ingin menikmati indahnya sunrise dari balik gunung bisa juga didapatkan disini.

Dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung, pihak pengelola Paralayang wisata Batu Malang juga semakin membenahi fasilitas yang ada agar pengunjung semakin merasa nyaman saat berada di sini. Di antaranya adalah tersedia mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah, toilet, tempat singgah dan warung-warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Wisata Batu

Wisata Batu

Omah Kayu

Wisata Batu Omah kayu yang berasal dari bahasa Jawa yang artinya rumah pohon ini berada di wilayah Paralayang dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl, tepatnya di kawasan take off paralayang di Gunungsari, Bumiaji, Batu Malang, Jawa Timur. Omah kayu ini menyediakan 5 unit hunian dengan konsep tree house, dengan pepohonan pinus sekeliling rumah dan teras yang menghadap ke arah kota. Jika hanya sekedar mengambil foto atau ingin melihat bentuk omah kayu, cukup dengan membayar Rp.5.000 saja kita sudah bisa menikmati keindahan omah kayu, Namun jika ingin merasakan sensasi menginap di omah kayu, budget yang harus dikeluarkan sekitar Rp.250.000 – 350.000 per malam.

Beralih ke tempat wisata Anda juga perlu mengetahui  informasi lainnya tentang peningkatan blog. Apalagi untuk Anda para blogger, simaklah cara meningkatkan traffic blog sesuai yang Anda harapkan.

Coban Rondo dan Taman Labirin

Bagi penyukai game maze runner tentu tidak asing lagi dengan istilah labirin. Salah satu wisata Batu Malang yang lagi ngehits adalah taman labirin ini. Taman yang merupakan sederetan tanaman hijau setinggi dua meter yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai dinding tinggi dengan jalan setapak di tengah-tengahnya. Para pengunjung bisa menikmati sensasi menyusuri jalan di taman labirin sambil mencari spot yang bagus untuk bisa selfie. Taman labirin ini berada di dalam tempat wisata coban rondo, yaitu lokasi wisata yang menyediakan pemandangan air terjun yang indah. Selain itu, di coban rondo ini juga tersedia  wahana bermain anak-anak yang banyak macamnya dan kolam renang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Coban Talun

Salah satu wisata Batu Malang yang harus dikunjungi, terutama bagi para instagrammer adalah wisata Coban Talun. Terletak di Desa Tulungrejo, Bumiaji, masih dalam satu kawasan dengan Taman Selecta yang menawarkan keindahan pemandangan air terjun dan pepohonan hijau di sekitarnya. Banyak spot foto yang menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Wahana yang ada di Coban Talun diantaranya adalah air terjun yang indah. Namun untuk bisa sampai di sini membutuhkan sedikit usaha keras, karena harus melewati jalan yang berdebu saat musim kemarau dan jalan yang licin serta berlumpur saat musim hujan datang. Selain air terjun, ada juga bendungan Coban yang tak kalah indahnya. Buat yang ingin merasakan tinggal di camp Indian, ada Apache Camp yang mampu menarik minat wisatawan untuk hunting foto disini.

Wahana lain yang ditawarkan oleh wisata Batu Coban Talun di kota Batu Malang adalah Pagupon Camp, yaitu rumah yang bentuknya menyerupai rumah burung dara dalam ukuran besar. Ada pula hutan pohon pinus yang hijau, spot untuk selfie yang cantik, taman bunga dengan mengambil konsep payung warna-warni serta rumah pohon di tengah hutan.

Pantai Tiga Warna

Bosan dengan pemandangan pegunungan? Bisa mencoba ke  pantai Tiga Warna yang berlokasi di Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing Malang. Pantai dengan perpaduan 3 warna yang eksotis, yaitu hamparan pasir putih di pinggir pantai dengan perpaduan air laut yang biru dan hijau membuat para wisatawan tertarik untuk menghabiskan liburan di sini. Untuk bisa menikmati Wisata Batu Malang yang satu ini, para wisatawan harus booking tempat terlebih dahulu. Karena pantai ini merupakan tempat konservasi yang membatasi jumlah pengunjung hanya 100 orang setiap harinya dan mewajibkan pengunjung untuk menyewa jasa guide selama berada disana.

Batu Flower Garden Coban Rais

Wisata Batu Malang yang terletak di Oro-oro Ombo, menawarkan wahana selfie seperti taman bunga, sky bike, ayunan, sampai dengan gardu pandang. Sesuai dengan namanya, taman ini dipenuhi dengan aneka bunga beraneka warna yang ditanam di atas bukit hingga membentuk wahana yang instagenik. Terkenal juga dengan sebutan Bukit Bulu Batu Flower Garden, spot foto yang ada di wisata kota Batu Malang ini tidak kalah menariknya dengan  salah satu wisata yang ada di Bandung. Adanya wahana rumah hobbit yang berada di lereng bukit bulu dengan aneka warna cat rumah yang cerah menambah keeksotisan rumah hobbit ini. Bagi sebagian orang, Kota Malang identik dengan buah apel dan hewan kelinci. Hal inilah yang menginspirasi pihak pengelola untuk membangun taman kelinci dan rumah hobbit.

Baca juga : https://www.panjangbanget.com/pilihan-hotel-di-batu-liburan/

Bagi yang terbiasa dengan ketinggian, bisa mencoba wahana gardu pandang yang ada di Wisata Batu Malang ini. Walaupun ada beberapa gardu pandang yang tersedia di sana. Namun yang paling terkenal adalah gardu pandang yang berbentuk huruf I LOVE YOU. Jika tidak suka mengantri, bisa memilih gardu pandang lain yang tak kalah memukaunya. Atau ingin merasakan wahana outbound seperti sensasi bersepeda di udara? hammocking yang berada di tepi jurang Bukit Bulu dengan kedalaman 50 hingga 100 meter, atau mencoba selfie di wahana ayunan di tepi tebing yang curam.

Coban Putri  

Wisata Batu Malang yang terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo ini mempunyai fasilitas yang memadai bagi para wisatawan. Mulai dari mushola, toilet dan kafetaria yang ada di lokasi air terjun yang menyediakan makanan ringan. Ada juga camping ground bagi yang suka berkemah. Coban Putri ini memiliki dua air terjun yang tak kalah eksotiknya dibandingkan dengan wisata yang lain. Konon kabarnya menjadi tempat pemandian favorit putri Ken Dedes. Dua air terjun ini berada di satu lokasi dengan ketinggian sekitar 20 meter dan ada jembatan bambu yang menghubungkan keduanya.

Wisata batu

Wisata batu

Sama dengan Coban Rais yang menawarkan gardu pandang. Di Coban Putri juga ada gardu pandang berbentuk tangan raksasa yang terbuat dari bahan kayu serta akar-akaran. Ada pula gardu pandang berbentuk bintang  di ketinggian yang bisa membuat jantung berdebar. Tempat wisata Batu Malang ini merupakan salah satu tempat yang recommended untuk bersantai bersama keluarga dan teman.

Goa Coban Perawan

Wisata Batu Malang ini letaknya cukup tersembunyi, menyuguhkan pemandangan stalakmit stalaktit berbentuk unik yang didalamnya terdapat aliran sungai. Untuk bisa memasuki wahana ini harus merogoh kocek yang tidak sedikit, sekitar Rp.100.000 dengan fasilitas helm pengaman, pelampung, pemandu, lampu kepala dan kelapa muda. Wisata yang berlokasi di kecamatan Gedangan. Hal ini mengharuskan para wisatawan ekstra hati-hati karena akses jalannya yang cukup terjal dan penuh batu saat menyusuri sepanjang jalan di goa Coban Perawan ini. Tertarik untuk mencobanya?

Eco Green Park

Ingin ke tempat wisata Batu Malang yang bernuansa edukasi? Bisa datang ke Eco Green Park yang menawarkan 25 wahana menarik. Diantaranya adalah Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Jungle Adventure, Insectarium, Miniatur candi, Parrot Dunia, Eco Journey, Dome Multimedia, Plaza Music dan Water Track. Pada Jungle Adventure, wisatawan di manjakan dengan pengalaman berpetualang di hutan dengan menggunakan kereta tanpa atap. Ingin merasakan sensasi isi rumah yang serba terbalik? bisa masuk ke rumah terbalik dan berfoto selfie disana.

Capek setelah menyusuri wahana di Eco Green Park kota Batu Malang, bisa langsung menuju ke lokasi terapi ikan Garra Rufa yang disediakan secara gratis oleh pihak pengelola wisata Batu Eco Green Park. Selain itu ada food court yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk menemani istirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

Batu Night Spectacular (BNS)

Wisata Batu Malang yang satu ini buka mulai jam 15.00 sampai jam 23.00. Sesuai dengan namanya, wisata ini merupakan wahana yang menawarkan berbagai macam arena permainan yang sangat digemari oleh hampir semua  kalangan mulai anak-anak, remaja bahkan orang dewasa seperti Drag Race, Kids Zone, Sepeda Udara, Trampolin, Slalom Test dan lain-lain.  Bagi yang suka selfie juga menyediakan air mancur menari dan  lampion dengan berbagai macam bentuk dan warna yang menarik.

Rafting Pujon

Ingin liburan yang menantang yang memicu adrenalin? Cobalah wisata Batu Malang Rafting Pujon yang berlokasi di Dusun Lebaksari, Pujon. Arus sungai yang deras dan menantang serta pemandangan sawah dan perkebunan yang asri selama mengarungi sungai cukup memuaskan bagi wisatawan. Di Lokasi ini selain menawarkan rafting juga tersedia wahana outbound dan paintball. Ada juga kolam renang yang bisa dinikmati setelah lelah rafting. Bagi para ibu-ibu bisa dilanjutkan dengan berbelanja yang ada di pasar wisata.

Taman Langit Gunung Banyak

Satu lagi wisata Batu Malang bagi para instagramable yang terletak di Songgokerto. Batu yang menawarkan spot foto yang menarik seperti tempat tidur beralaskan rumput, singa terbang, sangkar burung, angsa raksasa, hingga gerbang kayu yang berbentuk manusia. Hanya dengan membayar karcis Rp.10.000 para wisatawan sudah bisa mendapatkan spot menarik layaknya berada di negeri dongeng.

Pantai Kondang Merak

Wisata Batu Malang ini dinamakan pantai Kondang Merak karena penduduk setempat sering melihat burung merak yang singgah ke pantai ini. Panorama yang menyejukkan dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai yang bersih dan ombaknya. Dan yang relatif tenang membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Apalagi saat pantai surut, akan terlihat banyak koral. Dan ganggang laut serta karang besar yang ada di sekitar pantai.

Museum Angkut

Museum Angkut ini adalah salah satu wisata Batu Malang yang banyak dikunjungi wisatawan. Merupakan museum alat transportasi yang terletak di lereng Gunung Panderman  dengan luas 3.8 hektar. Dan hal  ini menyajikan 300 jenis angkutan mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Mengambil konsep atraksi hiburan dan merupakan satu-satunya wisata yang menyajikan sejarah dari alat transportasi di seluruh dunia.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/marketing-online-banyak-istilahnya/

Dari 15 wisata Batu Malang yang wajib untuk dikunjungi ini bisa dijadikan sebagai patokan bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan masa liburan panjang bersama teman ataupun keluarga. Tinggal memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan hati. Hendak memilih daerah pegunungan, pantai, taman edukasi ataukah ke wisata yang menyajikan berbagai permainan yang menarik seperti BNS. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan stamina dengan minum air putih yang cukup. Dan konsumsi vitamin bila perlu agar kondisi badan tidak drop saat melakukan perjalanan selama musim liburan.

shares