10 Destinasi Wisata Indonesia Paling Populer di 2018

10 Destinasi Wisata Indonesia Paling Populer di 2018! Indonesia memang merupakan negara kepualuan terbesar di dunia. Ribuan pulaunya menawarkan keindahan yang memanjakan mata. Pemandangannya mulai dari daerah pegunungan hingga alam bawah lautnya dikagumi oleh banyak wisatawan. Tak heran, Indonesia menjadi salah satu pilihan tujuan wisata favorit oleh turis asing.

Destinasi Wisata

Destinasi Wisata

Dari pulau ujung barat Indonesia hingga pulau paling ujung timur menawarkan banyak destinasi wisata yang siap dikunjungi. Yang terkenal adalah keindahan Pulau Bali yang sudah mendunia dengan keindahan alamnya. Namun, seiring berjalannya waktu ada banyak pilihan tujuan wisata lain yang kalah indah dari Pulau Bali dan menjadi tujuan populer di kalangan pecinta wisata. Coba simak informasi pengetahuan umum lainnya disini di situs kami.

Selain itu dengan mengetahui banyak pengetahuan umum Anda juga bisa mengetahui cara meningkatkan traffic blog bagi Anda para blogger, yang ingin meningkatkan traffic blognya sesuai dengan keinginan Anda.

Gampong Nusa, Aceh Besar

Gampong Nusa terletak di Nusa, Lhoknga, Aceh Besar. Gampong merupakan sebutan orang Aceh untuk sebuah kampong. Jadi Gampong Nusa sama dengan artinya Kampung Nusa. Memang sekilas, tempat ini akan sama seperti kampong-kampung lainnya yang masih asri. Namun, Anda akan berdecak kagum dengan keindahan alamnya yang sangat memukau. Inilah yang membuat Gampong Nusa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Aceh.

Alam di Gampong Nusa belum terjamah, masih sangat asri. Di sana Anda akan melihat pematang sawah yang menghampar luas, sungai yang aliran airnya masih jernih serta gunung dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Belum lagi penduduk Gampong Nusa yang terkenal sangat ramah dan hangat terhadap pengunjung. Pastinya akan membuat Anda enggan untuk kembali ke rumah.

Di Gampong Nusa Anda bisa menikmati kuliner khas pedesaan dengan menu asam udang dan gulai ikan sawah. Untuk wisata budayanya, Anda bisa menikmati permainan tradisional seperti sandal batok bersama anak-anak di sana. Yang paling mengesankan dari destinasi wisata ini adalah saat adzan tiba, Anda tidak akan mendengar kegaduhan dan hanya terdengar bacaan kitab Al-Qur’an sambil menunggu waktu sembahyang tiba.

Kampung Terih, Batam

Kampung Terih berada di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam. Kampung ini sering disebut kampung melayu pesisir. Sebutan itu ada karena kampung ini didiami oleh banyak suku melayu dan letak kampung ini memang berada di pesisir laut. Sebagai kampung pesisir, Anda tentu akan menjumpai pemandangan khas daerah pantai dan kesibukan warganya sebagai nelayan.

Suasana di Kampung Terih ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai ketenangan. Pemandangan lautnya akan semakin indah dinikmati saat sore menjelang matahari terbenam. Di pantainya, terdapat sebuah dermaga kecil yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk menikmati cahaya matahari terbenam sambil duduk santai. Tak heran, Kampung Terih menjadi salah satu destinasi wisata paling populer.

Kini Kampung Terih semakin berbenah untuk menarik lebih banyak wisatawan. Dimulai dari pengembangan ekowisata yaitu budidaya mangrove di sekitar pantai. Kemudian pengembangan ini juga berdampak pada perekonomian masyarakat setempat. Hutan bakau ikut dikembangkan untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Ke depannya, hutan bakau ini akan menawarkan fasilitas perkembahan.

Terlihat juga sudah tersedia tempat duduk, pondok-pondok kecil, rumah pohon hingga rumah bertingkat di kawasan pantai. Semua itu dimanfaatkan untuk memberi kenyamanan pada pengunjung dan tentunya spot terbaik untuk mengabadikan momen. Selain fasilitas itu, ada juga upaya penyelamatan penyu. Jenis penyu yang dilindungi adalah penyu bersisik yang merupakan salah satu satwa langka.

Nama Kampung Terih diambil dari kata terih yang menurut warga setempat artinya batu. Batu-batu tersebut kemudian ditambang untuk pembangunan. Sekarang berwisata ke Kampung Terih juga bisa menikmatik kebudayaannya. Salah satunya adalah Mandi Syafar yang merupakan agenda tahunan. Agenda yang sudah diadakan selama tujug generasi ini selalu dihadiri oleh ribuan orang setiap tahunnya. Inilah yang menjadi daya tarik lain dari destinasi wisata di Batam ini.

Destinasi Wisata

Destinasi Wisata

Geopark Ciletuh, Sukabumi

Dari Pulau Jawa, ada destinasi wisata Geopark Ciletuh yang terletak di Kabupaten Sukabumi. Geopark Ciletuh sudah diakui secara internasional oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Geopark Ciletuh merupakan satu-satunya Geopark di Pulau Jawa yang memiliki lanskap yang sangat lengkap. Di sini Anda akan menemui pantai, bukit, air terjun, sawah dan juga sungai. Karakter pantai selatan yang beragam mulai dari yang berkarang sampai dengan yang berpasir lembut menjadi sajian indah yang dapat dinikmati di Geo Park Ciletuh.

Disebut Geopark, sudah tentu tempat ini merupakan destinasi wisata yang memiliki keindahan alam berupa pemandangan alam dan batuan-batuan tua. Yang menjadi daya tarik adalah banyaknya batu tua yang sudah mengalami pelapukan, atau yang muncul lagi ke permukaan. Pemandangan batu-batuan besar dan tebing-tebing yang menjulang tinggi di Geopark Ciletuh ini mengingatkan dengan masa Dinosaurus.

Lava Bantal, Sleman

Bergeser ke Provinsi Yogyakarta, ada satu destinasi wisata alam populer yaitu Lava Bantal. Tepat berada di Watuadeg, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, tempat ini merupakan kawasan Geo Heritage yang sudah ada semenjak jutaan tahun silam. Lava Bantal menjadi sebuah tanda akan petualangan dari masa 60 juta tahun lalu dan bisa menjadi peninggalan sejarah tentang terjadinya pulau Jawa. Disebut Lava Bantal karena batuan lava di aliran Sungai Opak terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang membeku. Kemudian berkontak langsung dengan air dan menyebabkan mineralnya membentuk geometri mirip tumpukan bantal.

Lava Bantal dengan keunggulannya memiliki debit air sungai maksimal menjadi buruan para penjelajah tubing. Paling ramai, pengunjung mencoba tubing pada Sabtu hingga Minggu dengan rata – rata kunjungan 15 orang. Saat hari besar dan libur nasional, pengunjung bisa naik dua kali lipat dari hari libur biasanya. Para pengunjung bisa mencoba tubing yang saat ini memang masih disediakan sebanyak 15 tubing untuk dewasa dan 5 untuk anak – anak. Jadi, Lava Bantal juga merupakan destinasi wisata yang ramah anak.

Umbul Ponggok, Klaten

Umbul Ponggok merupakan wisata air berbentuk kolam besar yang terletak di Ponggok, Klaten. Kolam Umbul Ponggok memiliki ukuran panjang 70 meter dan lebar 40 meter. Mata airnya terletak di dasar kolam sehingga air di kolam ini selalu jernih. Karena airnya yang jernih, ada fasilitas menyelam yang ditawarkan di tempat wisata ini. Ditambah dengan terdapat ikan dan batu-batuan unik di dasar kolam yang menarik untuk menjadi objek foto.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/sejarah-komputer-perkembangannya-generasi/

Jika Anda datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Untuk masuk ke destinasi wisata Klaten yang satu ini, Anda perlu membayar tiket seharga 5000 per orang. Akan lebih baik jika Anda membawa peralatan menyelam sendiri. Namun jika tidak ingin repot, Anda bisa menyewanya disini dengan tarif mulai 5000 untuk sewa ban dan 20.000 untuk sewa alat selam yang lebih lengkap.

Destinasi wisata

Destinasi wisata

Bukit Jamur, Gresik

Gresik kini tak hanya dikenal sebagai kawasan industri, namun juga sebagai kota yang memiliki berbagai destinasi wisata yang indah. Sebut saja dua bukit yang terkenal yaitu Bukit Kapur Jaddih dan  Bukit Kapur Sekapuk. Satu lagi bukit yang namanya mulai dikenal oleh pecinta wisata adalah Bukit Jamur. Saat Anda berkunjung ke sana dan melihat penampakan Bukit Jamur, Anda pasti akan berdecak kagum dan keheranan karena keunikannya. Bukit-bukit yang berjejer di sana persis meyerupai bentuk jamur, bentuk yang tidak lazim dari sebuah bukit.

Rupanya, keunikan bentuk dari Bukit Jamur terjadi karena fenomena alam yang disebut mushroom rock. Fenomena alam ini terjadi saat batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut. Bagian atas batu menjadi cepat cepat terkikis sehingga membentuk sebuah batu yang mirip dengan bentuk jamur. Bukit Kapur yang menyerupai jamur ini hanya ada di Indonesia dan hanya ada dua di dunia, yaitu di Gresik dan di Kalimantan. Untuk menikmati keindahan Bukit Jamur sekaligus mengabadikan momen, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja Anda diwajibkan membayar parkir kendaraan Anda.

Pulau Cinta, Gorontalo

Pulau Cinta kini disebut sebagai salah satu destinasi wisata utama di Gorontalo. Salah satu fasilitasnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Eco Resort. Tempat ini merupakan resort pertama dan satu-satunya di Pulau Cinta. Sebuah cottage yang dibangun dari kayu beratapkan sirap dan jerami ini akan membuat Anda merasa seperti tinggal di pedesaan yang masih asri. Terdapat 3 jenis cottage yang bisa Anda pilih. Cottage jenis pertama dengan luas 92 m2 yang terdiri dari 1 kamar tidur. Tipe kedua dengan luas 156m2 terdiri dari 2 kamar tidur. Cottage tipe ketiga dengan luas 212m2 terdiri dari 3 kamar tidur. Setiap jenis cottage juga sudah dilengkapi dengan, ruang keluarga, teras dan kolam renang pribadi.

Aktivitas snorkeling dan diving wajib Anda coba untuk melihat keindahan bawah laut yang ada di sekitar Pulau Cinta. Untuk melakukan kedua aktivitas menyelam tersebut, Anda bisa datang ke Teluk Tomini. Bagi Anda yang takut untuk menyelam, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini hanya dengan menyelam 2-3 meter saja sudah cukup untuk menikmati pemandangan biota laut yang tersaji indah.

Desa Ubud, Bali

Bali tidak perlu diragukan lagi keindahannya sebagai salah satu destinasi wisata paling populer sejak dulu. Pengakuan wisatawan asing terhadap keindahan Bali membuat pulau ini menjadi tujuan paling diminati oleh para wisatawan dari mana saja. Selama ini Bali terkenal dengan beberapa pantainya. Namun, rupanya ada surga tersimpan di Bali yang tak kalah menawan yaitu desa Ubud.

Saat memasuki wilayah desa Ubud, Anda akan melihat area persawahan yang terbentang luas, kawasan hutan dan diapit oleh jurang dengan sungai. Anda akan dimanjakan dengan berbagai objek wisata alam khas pedesaan. Salah satunya adalah Monkey Forest yang merupakan tempat pelestarian Kera. Ada lagi Sungai Ayung Ubud yang akan mendukung hobi Anda dalam berpetualang. Ya, di sungai ini Anda dapat menikmati fasilitas arung jeram dengan medan sungai yang memacu adrenalin.

Selain wisata alamnya yang menawan, di Ubud Anda bisa menikmati wisata kesenian dan kebudayaan. Ada pertunjukan tari Kecak di Pura Uluwatu yang selalu dinantikan oleh banyak wisatawan. Selain itu ada juga pementasan tari Barong. Jika Anda ingin mengenal lebih jauh seniman Bali dan hasil karyanya, ada Musemum Puri Lukisan yang menampilkan banyak karya seni hasil cipta para seniman Bali.

Destinasi Wisata

Destinasi Wisata

Savana Puru Kambera, Sumba

Savana Puru Kambera merupakan sebuah padang savana dengan vegetasi khas Sumba serta memiliki ciri khas berupa sekumpulan kuda di alam liarnya. Destinasi wisata ini cocok bagi Anda yang menginginkan suasana berbeda selain pantai dan pegunungan. Di savanna ini, Anda akan merasakan pengalaman berbeda dengan menikmati keindahan padang savanna seperti sedang berada di luar negeri. Anda juga bisa banyak belajar berinteraksi dengan kuda liar yang mungkin sama sekali belum pernah Anda rasakan.

Sesampainya di sana mungkin Anda kaget karena tidak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar savana. Namun jika Anda hendak mencari makan dan penginapan, Anda dapat menemukannya di lokasi Pantai Puru Kambera. Di sana ada sebuah tempat penginapan yang bisa Anda sewa sekaligus tempat makan bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Dan jika Anda ingin lebih menikmati keindahan Savana Puru Kambera, akan lebih baik jika Anda membawa bekal berupa makanan dan minuman yang cukup, mengingat cuaca Sumba memiliki cuaca panas yang cukup ekstreme.

Raja Ampat, Papua

Dari ujung timur Indonesia, ada Raja Ampat yang menjadi destinasi wisata paling favorit. Secara umum, Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayahnya. Dari kesemua pulau itu, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, serta Pulau Misool. Empat pulau besar itulah yang menjadi titik awal penyebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Wilayah perairan adalah daya tarik utama Raja Ampat dan merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia.

Banyak pantai indah tersebar di seluruh kepulauan Raja Ampat. Pantai-pantai tersebut berpasir putih dan memiliki tekstur halus seperti tepung. Beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag bahkan telah terkenal hingga ke seluruh dunia lebih dulu sebelum dikenal di dalam negeri. Hutan-hutan tropis pun tidak kalah memikat. Bahkan ada beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman tak terlupakan melihat burung Cenderawasih, burung cantik khas Papua dari dekat.

Raja Ampat juga memiliki kebudayaan dan kesenian yang sangat unik dan menarik. Salah satunya adalah Desa Arborek. Desa di satu pulau kecil ini memiliki banyak kesenian, mulai tarian-tarian tradisional, makanan Sinole yang dibuat dari sagu, hingga kerajinan anyaman daun pandan khas Arborek yang sudah diwariskan secara turun-temurun antar generasi. Berbagai peninggalan sejarah pun banyak terdapat di Kepulauan Raja Ampat yang rupanya masih memiliki ikatan dengan kesultanan Tidore, Maluku. Mulai dari sebagian penduduknya yang mewarisi darah kerajaan Tidore, peninggalan-peninggalan perang dunia ke-2, hingga gua-gua dengan lukisan tangan khas manusia purba pun tersebar luas di Raja Ampat.

Baca Juga : https://www.panjangbanget.com/rekomendasi-hotel-murah-di-bandung/

Indonesia merupakan negara dengan begitu banyak keindahan alam, keberagaman seni dan budaya yang selalu menarik untuk dinikmati. Kesepuluh destinasi wisata paling populer di tahun 2018 itu merupakan tempat-tempat terbaik di Indonesia. Tidak terlepas kemungkinan, tahun berikutnya akan bermunculan tempat-tempat tujuan wisata lainnya yang tak kalah indah dan populer di kalangan pecinta wisata.

shares